Pilihan? Atau?

Hallo, Hai!

Tiba-tiba kepikiran nulis soal ini, soalnya kemarin malam chat di Yahoo Messenger dengan seorang teman lama dan akhirnya ingat lagi kejadian yang saya alami beberapa waktu lalu.

Teman saya yang satu ini non-islam, dia menganut agama Hindu. Kenalan dari suatu event menulis yang sama-sama kami ikuti beberapa tahun lalu. Sebetulnya udah lama juga sih saya nggak buka Y!M berhubung aneka macam free aplikasi kian menjamur, saya sendiri lebih prefer pakai whatsapp, bbm, gtalk sama line, makanya pas liat dia online langsung saya sapa. Dulu saat pertama kali kenalan saya belum pakai jilbab, nah kemarin dia liat saya udah pake jilbab, terus terjadilah suatu perbincangan panjang.. 

Teman: Cieeee jadi anak Hijabers?
Saya: Hah? Kagak. 
Teman: Kok pakai jilbab? Kan lebih cantik kalau nggak pake (*terbang*). Di Islam emang lagi musim ya pakai jilbab? Kan lagi rame tuh Hijabers-Hijabers. 
Saya: Bukan, ini bukan musiman, tapi ini perintah. Dalam agama saya, bagi setiap wanita yang sudah baligh wajib hukumnya menutup aurat. 
Teman: Lah terus yang lain gimana? Kan banyak banget di Indonesia yang bilangnya Islam tapi nggak pakai jilbab, dan fine-fine aja toh.
Saya: Iya memang banyak, tapi belum pakai aja kali. 
Teman: Kenapa? 
Saya: mmm.. ya itu kan pilihan masing-masing individu za. 
Teman: oh.. jadi bebas ya kita mau pakai atau enggak? kenapa kamu memilih untuk pake? 
Saya: eh, itu bukan pilihan sih, eh tapi gimana ya.. *mulai bingung sendiri*


Saya bingung jawabnya, temen saya juga bingung, akhirnya kita sama-sama bingung haha. Akhirnya ganti topik deh, di akhir saya bilang aja sama dia kalau ini pilihan saya. Titik, nggak boleh pake tanda tanya lagi.

Pilihan. Terlepas dari apapun alasan saya beberapa waktu lalu untuk pada akhirnya mengenakan jilbab, tapi memang inilah yang terbaik. Saya memang belum menjadi seorang muslimah yang baik, hijab yang saya gunakan juga masih sangat jauh dari syar’i. Tingkah laku masih banyak yang kurang terpuji walau secara sedikit demi sedikit berusaha untuk terus membenahi diri.

Jadi sebenernya, gimana sih seharusnya menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti tadi?


Pilihan? Atau?