Indonesia.Travel, ‘Buku’ Panduan Pariwisata Wonderful Indonesia



Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya luar biasa melimpah juga beraneka ragam. Keindahan alam, keanekaragaman budaya, serta kekayaan peninggalan sejarah yang menarik untuk ditelusuri merupakan sebuah modal besar untuk pembangunan dan pengembangan perekonomian negara, khususnya melalui sektor pariwisata. Dan dalam beberapa tahun terakhir, seiring perkembangan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terasa begitu pesat mulai dirasakan manfaatnya dalam beberapa sektor industri, termasuk salah satunya industri pariwisata. Perkembangan ini telah membawa perubahan terhadap strategi pemasaran pariwisata di berbagai negara juga Indonesia. Penggunaan e-commerce pada industri pariwisata kerap disebut dengan sebutan e-tourism. Bila dilihat dari jumlah pengguna internet, baik di Indonesia maupun di dunia dalam lingkup lebih besar, e-tourism memang memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. 

Jika melihat kebelakang, kita ingat pada tahun 2008 lalu, pemerintah meluncurkan program ‘Visit Indonesia Year’, yakni sebuah program yang digagas untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, untuk berlibur di kawasan wisata Indonesia. Sejalan dengan program tersebut, peluncuran situs resmi informasi pariwisata Indoensia dengan nama www.indonesia.travel diluncurkan sebagai salah satu sarana pendukung dalam hal mempublikasikan berbagai informasi mengenai pariwisata Indonesia. Website www.indonesia.travel ini menerapkan electronic-based marketing melalui promosi di media internet yang didalamnya tersaji ratusan destinasi wisata, atraksi, news, serta event pariwisata dan MICE di Indonesia.




Situs atau website saat ini sudah dianggap menjadi 'buku panduan' untuk para wisatawan dalam mencari informasi terkait daerah wisata yang hendak dikunjunginya. Situs pariwisata disadari merupakan media promosi yang efektif untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke sebuah tujuan wisata dengan Informasi konten didalamnya. Nah, untuk itu sebagai website resmi promosi pariwisata Indonesia, Indonesia.Travel terus berupaya melakukan perbaikan dalam segala aspek dalam website hingga pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 tepat pada pukul 12.00 lalu, www.indonesia.travel hadir dengan tampilan baru serta konten lengkap yang informatif untuk kebutuhan wisatawan mancanegara maupun nusantara. 

Sebagai pencitraan pariwisata Indonesia, www.indonesia.travel juga secara terus menerus diperbaharui beraneka ragam informasi konten dari ratusan destinasi wisata yang ada di seluruh Nusantara. Didalam website terdapat informasi wisata dari 33 provinsi dan terus dilengkapi mengakomodir Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Kelebihan lainnya adalah isi website tersedia dalam beberapa bahasa, seperti Bahasa Indonesia, English, Jepang, Korea, Perancis, Jerman dan Belanda. Ini jelas diperuntukan untuk memudahkan para wisatawan asing yang sedang mencari atau ingin berkunjung ke Indonesia.

Jika sedang merencanakan berlibur ke suatu daerah, saya bahkan bisa betah berlama-lama berada di depan layar komputer untuk membaca satu demi satu destinasi wisata dalam satu kota. Didalamnya terdapat beragam informasi yang dibutuhkan banyak wisatawan yang hendak berlibur, mulai dari sejarah kota tersebut, lokasi-lokasi wisata yang ada didalamnya, akomodasi atau akses menuju kesana, aneka kuliner, lokasi berbelanja, dan informasi terkait lainnya. Ya, Kelengkapan Destinasi/Daya Tarik Wisata yang diulas dalam setiap artikel Indonesia.travel memang sangat lengkap dan membuat pembacanya tertarik untuk segera mengunjungi daerah tersebut.

Nah kalau soal Desain Website, tampilan www.indonesia.travel terlihat sangat modern. Paduan warna yang digunakan didalamnya menggunakan gabungan komponen-komponen warna yang terdapat pada logo Wonderful Indonesia. Untuk menyajikan infomasi yang informatif, website ini juga dilengkapi dengan foto dan opsi menu yang dinamis. Dan yang paling saya suka adalah tata letak artikel yang layaknya biasa kita baca di majalah, seperti misalnya jika dalam satu lokasi wisata Danau Toba, didalamnya terdapat opsi untuk expand (baca selengkapnya) artikel yang ingin kita baca sehingga tidak perlu membuka halaman baru atau berpindah halaman.Saat pertama kali membuka, rasanya mouse yang saya pegang tak henti meng-klik kanan untuk membuka satu per satu gambar menarik untuk menuju artikel suatu objek wisata didalamnya. Slide-slide foto dihalaman ini memang terlihat sangat menarik untuk dibuka semua.






Ini juga tak kalah penting; Aktivitas Sosial Media! Sebagai bagian dalam kegiatan promosi, Indonesia travel juga melakukan promosi langsung dengan terjun ke komunitas dan juga promosi melalui social media. Media sosial kini memang menjadi salah satu sarana masyarakat dunia berhubungan, berinteraksi dan berkomunikasi. 



Account sosial media yang dimiliki www.indonesia.travel semuanya dalam keadaan aktif dan sering berinteraksi. Tidak hanya pada website, akun sosial media seperti twitter, Google+, Pinterest, Instagram, Youtube, Flickr dan facebook dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengenalkan pariwisata Indonesia. Namun yang paling aktif dari semuanya itu adalah Twitter dan Facebook dimana hingga kini jumlah fans facebook berkisar 91.867, sedangkan follower Twitter @IndTravel mencapai 95.594 dan sepertinya akan terus bertambah. 



Interaktifitas www.indonesia.travel sudah terlihat dari penyelenggaraan Quiz, sayembara penulisan artikel, foto, atau kuis yang berisi games-games berhadiah wisata gratis ke destinasi tertentu juga kerap dilakukan dalam Indonesia.travel. Seingat saya dulu www.indonesia.travel pernah menyelenggarakan quiz berhadiah ke pulau komodo, lalu ke salah satu daerah kalimantan, ke Tanjung Bira dan terakhir yang sedang berjalan adalah quiz travel hunt berhadiah ke Danau Toba juga! Menurut pengamatan saya, para peserta quiz selain diajak untuk berlomba menjadi pemenang juga diajak untuk mengetahui lebih dalam tentang pariwisata Indonesia. Bagaimana tidak, setiap pertanyaan mengharuskan para pesertanya mencari informasi terkait dengan jawaban yang terdapat dalam artikel-artikel wisata dalam www.indonesia.travel. Keren! Hal ini dilakukan dalam upaya adanya interaksi dengan para penggunanya. Kegiatan tersebut terbukti sangat efektif untuk mengenalkan Indonesia.travel sebagai website pariwisata yang komprehensif, terpercaya dan dapat diandalkan. 

Nah interaktifitas lainnya agar terjadi tidak hanya terjadi komunikasi satu arah, website ini juga mengakomodir para penggiat travelling yang hobi menuangkan ceritanya dalam bentuk foto maupun tulisan untuk menjadi kontributornya pada 'Traveller's Stories'. Dan pada Januari 2013 lalu, tulisan saya berjudul 'Tanjung Lesung, Pesona di Ujung Barat Jawa' masuk kedalamnya.



Untuk menunjang promosi website ini, Indonesia.travel juga dihadirkan dalam 3 versi, untuk para pengguna Android, Blackberry, dan iOS. Wohoooo! Memudahkan akses para pembaca kan dengan begini tanpa harus membuka web yang kalau dibuka dari hp cukup berat.



Dan satu hal lagi yang tak kalah penting informasi yang banyak dicari dalam website ini, Update News! Selain berisi tentang informasi lokasi wisata, website indonesa.travel juga berisi info mengenai akan diselenggarakannya pagelaran, festival maupun yang exhibition besar di berbagai daerah Indonesia. Bahkan informasi ini tidak hanya menarik para wisatawan domestik, akan tetapi tak jarang mencuri perhatian para wisatawan mancanegara. Dan kegiatan besar terakhirn yang menarik, bukan hanya untuk masyarakat Indonesia tapi juga dunia, adalah penyelenggaraan KTT APEC di Bali. Nahh! www.indonesia.travel juga mengulas dengan lengkap dalam kolom 'Berita' atau 'Update News'. Sepanjang penyelenggaran KTT APEC tersebut www.indonesia.travel memberikan pembacanya 'live report' perihal kegiatan dalam acara tersebut. Juga ada banyak ragam info mengenai kegiatan besar pariwisata yang akan dilakukan diberbagai daerah Indonesia. Jadwal kegiatan ini dapat dilihat di event.




Menurut saya Indonesia.Travel sebagai situs resmi informasi pariwisata Indonesia sudah sangat bagus. Mulai dari desain website, aktivitas social media, informasi konten, kelengkapan destinasi atau daya tarik wisata yang diulas, update news, interaktifitas sampai quiz-quiz yang diselenggarakan pun sangat menarik. Semoga dengan adanya situs www.indonesia.travel ini pariwisata Indonesia kedepannya semakin maju. Semoga dengan adanya informasi lengkap mengenai pariwisata Indonesia, masyarakat Indonesia-nya sendiri lebih mencintai dan memilih untuk berlibur di Negeri-nya sendiri. Indonesia, yang disetiap sudutnya menyimpan keindahan dan dianggap sebagai serpihan-serpihan gambaran surga dunia. Ini Indonesia..