Tips Bagi Wanita yang Sering Bepergian Sendirian

Berangkat dari pengalaman beberapa hari yang lalu dimana handphone saya hampir saja berpindah tangan saat menaiki bis malam dari Bandung menuju Merak. Dari awal pulang dari Bandung entah kenapa memang bawaannya nggak enak hati. Di bis pun penumpang nggak seperti weekend biasa saya pulang selalu ramai. Sebelum bis berangkat, seperti biasa, saya membaca doa agar sampai tujuan dengan selamat. Disamping saya pun duduk seorang bapak, ini juga karena saat awal datang saya memilih duduk dekat jendela jadi sebelah saya kosong. Setelah membayar ongkos bis, saya pun tertidur.

Saat ditengah perjalanan, sekitar tol cikupa, saya sempat terbangun dan menyadari kalau orang sebelah saya sudah berganti. Deg. Rasa was-was itu mulai muncul lagi, deg-degan sepanjang jalan. Gerak-gerik orang ini mencurigakan, dia duduk bergeser-geser ke arah saya padahal tempat duduknya cukup luas kan untuk sendiri. Saya takut orang ini hendak berbuat 'senonoh' atau sejenisnya. Karena merasa nggak aman, akhirnya ditengah perjalanan saya berpindah ke depan, persis dibelakang supir. Salahnya, saya sempat mengecek handphone yang saya simpan di celana, lalu menyimpannya di tas.

Entah bagaimana ceritanya, pokoknya saya tertidur lagi. Sampai suatu daerah dekat Grogol, ada penumpang turun lalu seorang bapak di kursi sebrang membangunkan saya untuk mengecek dompet atau handphone dalam tas. Setengah sadar saya panik menyadari kalau hp nggak ada di tas. Untungnya, si bapak itu sudah curiga dari awal karena penumpang yang dibelakang ikut pindah ke belakang saya dan memperhatikan terus. Si kernet bis juga cekatan dan mengejar si pencuri tadi. Lagi lagi entah gimana ceritanya, saya masih pingak-pinguk dalam bis, setengah sadar sampai baru ngeh si hp dicuri, saya turun dari bis. Si kernet balik ke arah saya sambil bawa handphone saya sambil teriak-teriak ke arah si pencuri mengeluarkan bahasa 'kebun binatang' dan menyuruh saya naik lagi ke dalam bis. Alhamdulillah, handphone saya kembali. Alhamdulillah masih rezeki. Alhamdulillah masih dilindungi sama yang diatas. Alhamdulillah.

Nih, coba deh simak bagi para wanita yang kerap bepergian sendiri menggunakan berbagai jenis transportasi umum, angkutan kota, metromini, khususnya bis agar kejadian seperti yang saya alami tidak terjadi dan lebih berhati-hati kelak. 

  1. Jika menaiki bis, usahakan duduk tidak jauh dari supir. Kalaupun tidak dapat dan harus duduk dibelakang, carilah tempat duduk bersama wanita/ ibu-ibu yang juga sendirian. Jika masih tidak dapat juga dan memungkinkan, tunggulah hingga ada bis selanjutnya yang akan berangkat. Hal ini untuk memastikan kita aman kelak diperjalanan hingga sampai tempat tujuan.
  2. Jika ditengah perjalanan merasa ada gerak-gerik aneh dari pengunjung lain yang dirasa memperhatikan, segera waspada untuk berpindah tempat duduk atau turun bila perlu. Atau jika kita duduk sendiri lalu tiba-tiba ada yang berpindah duduk disamping kita, usahakan untuk mencari bangku lain atau duduk disebelah bangku supir saja.
  3. Walaupun mengantuk, usahakan untuk terus terjaga selama perjalanan. Hal ini bisa kita siasati dengan memasang alarm 10-15 menit sekali sekedar untuk memastikan barang-barang kita aman.
  4. Selalu menyimpan 'uang jaga-jaga' di saku celana, jaket ataupun tas, disamping menyimpannya dalam dompet. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika ternyata kita lalai dan tiba-tiba menyadari dompet sudah berpindah tangan.
  5. Jangan mencolok atau menampilkan barang-barang berharga didepan umum, seperti misalnya perhiasan, terutama barang-baraang elektronik, handphone, tab, laptop yang jelas akan menarik perhatian tangan-tangan tidak bertanggung jawab.
  6. Gunakan tas yang tertutup. Biasanya perempuan menggunakan jenis tas yang terbuka, dimana ada lubang kecil yang terbuka. Nah, sebagian ada yang mempunyai kebiasaan buruk menyimpan dompet atau handphone pada celah tersebut. Ini jelas sangat memudahkan para pencuri untuk mengambil barang milik kita. Usahakan untuk menyimpan handphone di saku celana atau saku jaket yang bersleting.


Terakhir dan yang paling penting, sebelum berangkat berdoalah dan minta restu orang tua agar selamat sampai tempat tujuan. Nah, buat kalian yang suka bepergian sendiri, harus selalu berhati-hati ya!