Sacred Sanctuary Monkey Forest Ubud; Awas Ada Monyet!


Suasana kehijauan saat memasuki daerah Ubud mulai terasa, hawanya pun sedikit berbeda dengan kawasan Bali lain rasanya lebih sedikit dingin. Masih berbekal teman setia google maps, hari kedua di Bali aku rencanakan untuk menjelajahi daerah Ubud dan sekitarnya dengan estimasi waktu kurang lebih 60 menit dari arah Kuta tempatku menginap.

Nah, di Bali ada satu obyek wisata yang berkaitan dengan hewan dan namanya juga sudah mendunia yaitu Sacred Sanctuary Monkey Forest Ubud. Sesuai namanya, tempat ini lokasinya di daerah Ubud, Bali tepatnya di Jalan Wenara Wana Desa Padangtegal, Ubud – Gianyar. Sepanjang jalan menuju kemari pemandangan berbeda disuguhkan lain dari biasanya, areal pesawahan yang sedang menghijau jadi semacam sajian pembuka menuju Ubud.




Monkey Forest Sanctuary Ubud adalah objek wisata cagar alam yang menjadi tempat berkumpulnya sekitar 340 ekor monyet dengan jenis kera ekor panjang. Nah bagi kalian yang sedang berlibur ke Bali dan ingin mengurangi rasa penat, tempat ini bisa menjadi alternatif karena didalam kawasan suasananya tenang dan sejuk loh.

Dari informasi disana didapat info bahwa hutan ini mempunyai luas sekitar 27 hektar lahan dan memiliki sedikitnya 115 jenis pohon. Di dalam Ubud Monkey Forest sendiri terdapat Pura Dalem Agung Padangtegal serta Pura Madia Mandala, di mana terdapat sebuah kolam suci dan candi lainnya yang digunakan untuk upacara kremasi.



Sedangkan waktu terbaik berkunjung kesini adalah jam 2 sore karena monyet-monyet disini biasanya sudah kenyang jadinya tidak terlalu agresif dan nakal. Aku sendiri datang kemari pagi hari sekitar jam 9 pagi. Ada satu kejadian unik sih saat disana saat seekor kera mengambil sapu tangan yang tergantung di pinggiran tas. Maka bagi para pengunjung memang sudah diingatkan agar berhati-hati dengan barang bawaannya.

Aku sempat kaget juga ketika seorang wisatawan mancanegara tiba-tiba dikejar dan disergap kakinya oleh salah seekor kera, untungnya kera-kera disini memang jinak. Jadi kera itu bergelantungan di kaki bule tersebut dan menarik-narik celananya. Dari informasi penjaga disana itu seperti tanda bahwa kera tersebut minta makanan. Kalau aku pasti langsung panik rusuh bin panik jika tiba-tiba kaki aku yang disergap begitu :|






Untuk harga tiket masuknya dibagi 2 yaitu harga untuk dewasa dan anak. Untuk harga tiket orang dewasa adalah Rp30.000/orang, sedangkan anak-anak Rp20.000/orang.

Nah, selain menikmati wajah lugu para monyet, kita juga bisa jumpai Open stage, Main Temple, Dragon Stair, Center Point, Exhibition Hall, Holly Pool, Tree Adoption, Entrance to Holy Spring, Holy Spring temple, Deer Stable, dan Rumah Kompos loh di Sacred Sanctuary Monkey Forest ini.




Selama disana aku gabung dengan segerombolan pengunjung lain, bukan karena takut, cuma sedikit nggak berani aja sih *yaelah sama aja* haha. Di areal seluas itu pokoknya para pengunjung harus selalu waspada. Kenapa waspada? Soalnya selama disana akan banyak shock theraphy, ada monyet yang tiba-tiba loncat lah, tiba-tiba muncul dari semak-semak, dan ajaibnya tiba-tiba dia duduk disamping kita. 

Satu hal yang aku suka adalah memperhatikan gerak-gerik si para monyet ini kalau udah bergerombol. Saat ada sekelompok orang yang memberikan mereka makanan, entah itu pisang ataupun kacang yang memang dijual tepat didekat pintu masuk, para monyet ini akan saling berebut milik kawannya padahal beberapa diantara mereka sebetulnya sudah mendapatkan makanan sendiri. Antara lucu dan jadi pelajaran tersendiri ya, nggak jauh dari sifat manusia yang kadang suka tamak, nggak puas akan apa yang sudah dia punya. Naudzubillah. Kalau masih punya sikap seperti itu artinya...? Ups!




Mengitari hutan wisata ini juga cukup melelahkan ternyata. Naik turun tangga, menyusuri jalanan sepanjang hutan, daaaaan yang lebih membuat capek adalah kekhawatiran berlebih akan dikejar monyet-monyet itu sendiri, pffft. 

Setelah merasa 'cukup' berkeliling di Sacred Sanctuary Monkey Forest Ubud ini, aku berjalan menuju pintu keluar dan terdiam sejenak merenung dipojokan, oke skip, drama haha. Aku sempat bingung sih mau melanjutkan kemana, karena tujuan utama aku ke Ubud ya kesini dan ke Green Terrace yang lokasinya sendiri aku belum tahu sama sekali. Setelah bertanya ke salah seorang penjual makanan dipinggir jalan, barulah dapat pencerahan kalau daerah situ ada juga beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi. Yeiy!



So, just keep moving and 'Awas ada monyeeeeet!!'



Cerita Bali, Bulan ke Delapan
Dua Ribu Lima Belas *)