Ceking Terrace Bali; The Grass is Always Greener on The Other Side

The grass is always greener on the other side banget, sist? cieeee. Sayangnya ini bukan soal selimut, eh rumput tetangga yang konon lebih hijau, ha! Ceking Terrace berlokasi di Tegallalang, yang katanya dekat Ubud ini udah jadi salah satu di list where-to-go saat liburan di Bali kemarin. Dan memang walaupun pake acara drama bolak-balik dan kesasar nggak nyesel memang kemari. 

Perjalanan dari Kuta untuk list pertama memang untuk mengunjungi Sanctuary Sacred Monkey Forest yang berada di Ubud. Nahhh, setelah puas dari sana barulah saya mulai menyetel arah ke Ceking Terrace di Google Maps. Sayangnya setelah dicoba berkali-kali tidak muncul juga lokasi ini. Akhirnya mencoba bertanya ke masyarakat sekitar soal lokasi Ceking Terrace, dan masalah lain ternyata kebanyakan nggak tau tempat ini karena ada sebutannya desa ceking. Dang! Jadi, untuk akhirnya bisa sampai kemari saya mencoba menjelaskan rinci hingga akhirnya cari foto cekking terrace ini dari internet dan menunjukkannya, baru lah mereka ngeh maksudnya. 


Dari arah Tegallalang juga ternyata masih lumayan cukup jauh hingga akhirnya tiba ditempat ini. Ceking Terrace ini merupakan objek wisata dengan dominan areal pesawahan yang berundak-undak, berbukit sehingga sistem pesawahan terasering yang digunakan. Ya, kalau nemu beginian waktu masih tinggal di Jawa sih rasanya 'ooh, iya bagus ya' atau 'hmm, bagus', tapi di Bali tempat ini justru dimanfaatkan menjadi objek wisata. Unik.


Mayoritas pengunjung saat saya kemari adalah turis mancanegara. Beberapa kali saya tertipu karena melihat orang-orang kulit khas Asia yang dikira Indonesia dan ternyata orang Vietnam ataupun kawasan Asia lainnya.  Lucunya kebanyakan turis ini datang kemari menggunakan dress hahaha kalau lagi sama teman-teman biasanya kami akan saling sindir 'mau kemana atuh gayaaaa', kebiasaan.




Sistem pesawahan terasering di Bali memang dominan katanya. Kontur tanahnya yang landai dan berbukit-bukit membuat penanaman padi harus menggunakan sistem seperti ini. Tapi hal inilah yang justru menambah daya pikat Bali yang terkenal dengan berbagai macam keindahan wisata alamnya. Bali tidak melulu soal Pantai, pura atau hal populer sejenis lainnya ternyata.

Saya merasa betah sih berlama-lama di Ceking Terrace karena keindahan alamnya yang memukau juga udaranya yang sejuk. Jauh dari hiruk-pikuk kota, kemacetan lalu lintas dan polusi udara. Disini juga kita bisa melihat petani Bali membajak serta memelihara sawah mereka di daerah perbukitan yang miring lengkap dengan sistem irigasinya yang terus mengalirkan airnya dari pegunungan. Yippie! 





Dari hasil perbincangan singkat dengan salah seorang Bapak tour guide disana, Ceking Terrace ini memang telah menjadi objek wisata alam yang cukup digemari oleh wisatawan terutama mereka yang datang dari kota-kota besar bahkan turis mancanegara. Dia bilang kebanyakan orang datang kemari untuk sekadar menenangkan diri, mengamati keindahan alam, atau lebih mendekatkan diri dengan alam. Ih, meni romantis ya mau menenangkan diri aja ke sawah, hehe. Ceking Terrace ini sendiri diperkirakan sudah ada sejak abad ke-9 dan tetap dipertahankan dan dijaga keasriannya oleh para petani desa ini sampai sekarang.

Nah berhubung kian ramainya pengunjung yang datang kemari jadilah banyak dimanfaatkan untuk dibangun fasilitas-fasilitas seperti cafe, restoran dan toko cinderamata disepanjang kawasan ini. Dan untuk masuk ke areal pesawahan ini sendiri kita harus masuk salah satu cafe atau toko disitu. Berhubung nggak ada niat untuk makan, awalnya ragu kalau harus masuk tanpa memesan apapun, tapi melihat banyak sekedar lewat jadi sosoan nggak tau aja sih. Uh, dasar.

Setelah dua hari sebelumnya dimanjakan dengan pemandangan pantai, laut dan taman wisata, pemandangan ke daerah Ubud ini memang menawarkan nuansa alam yang berbeda. Green everywhereeee.

Karena hari semakin sore, pun cuaca yang cukup mendung saya nggak sampai menyuri areal pesawahan hingga ke atas sih. Perjalanan panjang harus saya tempuh lagi demi menikmati sunset di Tanah Lot yang jaraknya hmmm lumayan. Setelah Google Maps siap, oleh-oleh dari Ubud sudah dipastikan aman, doa mengawali perjalanan saya lagi untuk pergi ke tempat lainnya. Belum selesai rasa bahagia melihat ke-hijau-an di Ceking Terrace, pemandangan areal pesawahan menemani saya sepanjang jalan menuju Tanah Lot. Dan kali ini senyum saya lebih mengembang saking excitednya. Yeiyy!



#Quotes of The Day: I'm too busy working on my own grass to notice if yours is greener. Hae!

Bang, ojeknya Bang?!(&&^*^&%*&(


Bangka. Sabtu pagi. Cuaca cerah sedikit mendung, eh? *)
Selepas beres-beres rumah, pergi ke Pasar, masak,
dan sedang menunggu mood untuk mandi~