[DIY] RESEP BOLU 'GOODLUCK' KUKUS RASA MOCCA!

Selingan aah~ sedang mencari ide untuk beberapa bahan tulisan, minggu lalu saya saking mentoknya jadi bingung mau ngapain. Sudah gulang-guling di kasur, bosan, nonton TV, bosan, lihat sosmed, bosan, nelpon orangtua dan adik sejam, terus balik lagi ke laptop, mentok, lanjut nyiram-nyiram bunga depan kosan, kelar, tiduran diruang tengah lagi, dengerin musik, buka sosmed lagi, gitu aja terus sampai ladang gandum dihujani meteor coklat dan jadilah koko krunch :( Akhirnya saat buka kulkas baru kepikiran bikin kue saat lihat masih ada sisa tepung terigu dan aneka bahan kue lainnya. 

Berhubung belum sanggup beli oven apalagi microwave haha jadi cari alternatif hemat ala ala sempat beli kukusan beberapa minggu lalu dan belum sempat dipakai. Pokoknya punya oven harus jadi resolusi tahun 2016! Kemarin sih sempat cari-cari oven di MatahariMall.com udah ngincer satu oven yang harganya cukup terjangkau, semoga kesampaian :D Jadi sebelumnya sempat bikin bolu kukus ala ala tapi gagal dan bantet walaupun rasanya masih layak untuk dimakan. 


Oya, selain belum punya oven saya juga belum punya mixer haha emang nggak modal banget yak. Adapun blender buat masak tapi masa iya bikin kue pake blender, akhirnya berbesar hati dulu beli kocokan manual karena lagi lagi lihat harga mixer yang cukup mahal. Ya kali temen-temen, mbak-mbak, atau bunda-bunda sekalian punya usaha cicilan tanpa bunga boleh lah japri #ehgimana. Pokoknya ritual saya sebelum melakukan sesuatu ada tiga: 1). Menguatkan tekad, 2). Setel lagu dari laptop, 3). Jauhkan bantal dan Instagram. Done!

Sayangnya saat cari kertas untuk bolu kukus dibeberapa toko kue, nggak ada ukuran yang kecil jadilah ukuran besar dipaksa-paksa jadi kecil. Ya gapapa namanya juga belajar. Berbekal menu resep dari cookpad taraaaa dimulailah pembuatan Bolu 'Goodluck' Kukus rasa Mocca hari itu. Kenapa Goodluck? Soalnya ini perdana saya bikin sendiri. Yeiy.


Barangkali ada temen-temen senasib sepenanggungan, sesama anak rantau ataupun cuma iseng kayak saya coba-coba sambil belajar nih ada resep bikin bolu kukus tanpa harus ada mixer :D
  • 200 gr Tepung Terigu
  • 100 gr Gula Pasir
  • 2 butir Telur Ayam
  • 1 sdt Vanili
  • 1 sdt Baking Powder
  • 1/2 sdt soda kue / bisa diganti Sprite
  • 100 ml Minyak Sayur
  • 20 gr Susu Bubuk
  • Essence Rasa Mocca secukupnya



Porsi : untuk 8 kue



Cara membuat :

  1. Pertama masukkan telur dulu ke dalam mangkok yang ukurannya agak besar lalu kocok sampai mengembang,
  2. Masukkan gula pasir, kocok sampai dengan tercampur dan tidak terlalu kasar,
  3. Campur semua bahan kue lainnya ke dalam adonan,
  4. Setelah dirasa 'lentur' adonannya barulah masukkan tepung terigu dan aduk perlahan, terakhir campur sprite secukupnya,
  5. Bagi 2 adonan, kemudian beri pasta mocca di salah satu adonan, yang lainnya biarkan putih saja,
  6. Siapkan cetakan dan taruh kertas cupcake bolu kukusnya. Oya sebelumnya siapkan dulu kukusan, pada tutupnya diberi lap supaya uapnya nggak netes kena kue saat dikukus.
  7. Isi setengah adonan putih pada cetakan lalu tambahkan sedikit adonan coklat, atau sebaliknya sesuai selera aja.
  8. Kukus selama kurang lebih 10-15 menit.



......dan TARAAAAAAA~ BOLU KUKUSNYA JADIIIIII!!! Hahaha, saya excited sendiri saat tahu bolu kukusnya berhasil mengembang dan nggak bantet. *terharu*


Nggak ada mixer, nggak ada soda kue, dengan bahan sarana dan prasara yang seadanya akhirnya jadi juga. Walaupun penampilannya nggak secantik yang diharapkan, ya gitu emang... kadang yang diharapkan nggak sesuai dengan kenyataan #ehgimana *kemudian curhat* *kemudian baper* hahaha sudah sudah mari pulang dulu~ Lain waktu kita coba yang lebih menantang, blackforest atau cheesse cake, maybe?! Ciao!


Kantor. 18.04. Meja Pojok. Menjelang weekend! 
Yeeaaaaaay!