Bandung, Taman Pasupati dan Teman yang Menyebalkan

Cerita yang bersamaan ditulis oleh Yudith Tri Susetio...


Selama diberi kesempatan 12 hari berlibur kemarin di Bandung, ada begitu banyak tempat yang saya datangi rasanya. Beberapa ada yang saya lalui dengan hanya sekedar berjalan-jalan sendirian berkeliling dan sejenisnya, beberapa ada pula yang saya lewati dengan bertemu teman-teman dan sahabat terdekat.

Berawal dari pembicaraan panjang via whatsapp ketika saya masih menjalani pendidikan di Pandaan. Entah kenapa saya selalu merasa bersalah ketika chatting dengan orang satu ini, seorang sahabat kecil luar biasa yang selalu mengaku dirinya masih berusia 17 tahun, karena saya masih berhutang sebuah kado di ulang tahunnya tahun lalu juga sebuah oleh-oleh dari Jogja yang saya beli saat event Blogger Nusantara dan sekarang entah berada dimana. Kami berjanji untuk meluangkan satu hari ketika saya berlibur, dia akan datang ke kota Kembang, disamping 'jadwal padatnya' menyelesaikan banyak tugas kuliah dan pekerjaan. Tentu, tidak lupa dengan sepeda yang selalu setia ia bawa kemana-mana.


Sabtu malam dia berangkat dari Ibu Kota, meninggalkan pesan di whatsapp dan menentukan waktu serta tempat kami akan bertemu keesokan harinya. Pukul 06.00 di Car Free Day Dago. Tapi sayangnya pas hari H saya terlambat bangun dan akhirnya baru sampai di lokasi sekitar jam 9 hehe, maklum malam sebelumnya habis bertemu teman-teman kuliah sekaligus teman SMA dan terus lupa waktu menghabiskan segelas kopi hingga lewat tengah malam. Kebiasaan.

Tidak banyak hal yang berubah dari Bandung sebetulnya, diluar aneka terobosan baru yang diluncurkan Ridwan Kamil ya, Bandung tetap Bandung.. yang dijadikan selingkuhan orang kota-kota tetangga untuk menghabiskan akhir pekan terutama libur panjang. Tetap Bandung yang macet dan dipenuhi 'penghuni-penghuni' asing yang menurut saya tidak seramah penduduk aslinya. Tetap Bandung dengan udara asrinya dan akan selalu saya rindukan untuk bisa menjalani hari-hari didalamnya.


Setelah menghabiskan waktu hampir satu jam perjalanan dari rumah, akhirnya saya sampai di Dukomsel, tempat dimana akhirnya kami memutuskan untuk bertemu. Dari sana kami berjalan menyusuri jalan Juanda yang riuh ramai untuk mencari makan sekitar jalan Ganesha hingga akhirnya tetap saja makan di Gelap Nyawang ITB.

Seporsi nasi goreng keju kornet dan nasi ayam menjadi makanan pembuka kami sekaligus pembuka pembicaraan panjang tentang cerita kami masing-masing seharian di hari itu. Saya bercerita banyak soal pendidikan yang dari Desember tahun lalu sedang saya jalani. Dan dia, bercerita banyak soal seorang wanita-yang-tidak-boleh-saya-sebut-namanya. Dia sedang jatuh cinta..


Sosok ayam kecil yang sedari dulu kerap jadi teman saya berkeluh kesah sekarang sudah berani bicara soal cinta, soal aneka macam kesedihan yang ditimbulkan karenanya. Aih, lucu rasanya. Selama berteman hampir 6 tahun, kami jarang atau bahkan tidak pernah rasanya berbicara soal hal-hal ini. Dan dia galau sejadi-jadinya. Pembicaraan panjang itu saya potong dengan memberikan sebuah buku yang menurut saya bagus berjudul 'Pulang' karya Leila S Chudori sebagai kado ulang tahun yang tertunda.

Taman Pasupati atau Taman Jomblo, taman yang heboh beberapa waktu lalu ini di Bandung karena sebutannya, menjadi tempat kami berdua untuk nostalgia. Dia bercerita banyak juga soal kuliahnya di FE UI yang sepertinya akan terlambat, tentang nilainya yang harus diulang, tentang ibu, tentang piwi adiknya dan tentang banyak hal.





Ditengah kemacetan Jembatan Pasupati yang disesaki mobil ber-plat B juga hujan besar yang datang, taman Pasupati siang itu kian ramai oleh para pengguna sepeda motor yang berteduh. Ada beberapa komunitas juga yang berkumpul, para pecinta reptil salah satunya.

Banyak yang saya ingat tentang teman yang satu ini. Saat kuliah dulu, kami berdua kerap dijuluki penjaga perpustakaan karena saking seringnya berdiam di perpustakaan untuk mengerjakan Tugas Akhir. Teman yang baik juga sekaligus yang paling menyebalkan karena sifatnya kerap kekanak-kanakan. Teman yang setiap tersenyum selalu terlihat dipaksakan, entah apa dan kenapa tapi sepertinya ada banyak hal yang dia simpan sendirian. Teman yang selalu memperlihatkan semangat dan perjuangan untuk setiap apa yang dia ingin dan dia cita-citakan. 


Semangat selalu ayam kecil! Banyak hal indah yang terbentang, ada dua orang wanita cantik yang harus kamu jaga dan bahagiakan. Tetap menjadi yudith dulu ya, yudith yang umurnya setiap tahun terus bertambah tapi selalu merasa tujuh belasan haha! Sampai ketemu dilain kesempatan. Janji ya, nanti ketika ada waktu untuk bertemu lagi, kita bertukar kisah yang menyenangkan saja ya.. Cheer up!




Taman Pasupati, Bandung
..bersama ayam kecil yang sedang menyebalkan.


thank you bukunya, btw ^^