RANDOM PART KESEKIAN

Udah jarang banget nongkrong-nongkrong di cafe ala ala rasanya. Ngasih waktu me time buat diri sendiri itu perlu sih emang ternyata dan sepenting itu. Ya gimana, kan rutinitasnya hampir tiap hari begitu-begitu aja.. Pergi kerja, kerja, pulang ke rumah, main sebentar sama anak, rebahan, main hp, nggak lama nemenin mereka tidur. Repeat almost everyday. Dan ujung-ujungnya pasti bilang ih perasaan udah hari anu lagi ya, atau eh udah bulan september aja ya nggak terasa.

Hari ini setelah kelilingan nyari bahan laporan ke daerah Selatan, saya mampir ke salah satu kopisyop. Sendirian. Seru sih. Cuma ya beda tetep rasanya, sekarang mah udah emak-emak anak dua pula, haha!

Hari ini udah diniatin lagi nggak pengen ngapa-ngapain, kerja bentar terus bener-bener pengen bengong aja gitu, nggak pengen mikirin kerjaan, nggak pengen ngobrol serius, pengen diem aja. Minum kopi dingin sama spaghetti aglio olio, scrolling instagram, nonton tutorial youtube, and do anything that I like and makes me happy. 

Terus jadi mikir banyak bangettt, dari awal lulus kuliah, bahkan saat masih kuliah, saya ngerasa betapa saya tuh dulu kerja kerja kerja, belajar jual ini itu dan banyak hal lainya berhubung kondisi keuangan orang tua saat itu nggak baik-baik aja. Pernah coba ngelamar part time ke kfc, cafe-cafe bahkan terakhir nyoba jadi agen asuransi. Lucu sih kalau inget itu, hehe! Udah di titik mikir harus punya cukup uang buat bahagiain semua orang. Sungguh sangat nggak sehat, ya..

Sampai pernah di satu titik terpikirkan kenapa ya orang bisa gini gitu dengan embel-embel privilege. Tapi pointnya adalah, there are things that out of  our control. Jadi ngapain fokus disitu. Fokus di hal-hal yang bisa kita kontrol aja. Salah satunya: memperbaiki apa yang bisa kita perbaiki dari diri kita sendiri.

Jadi saat saya merasa hidup lagi penuh dengan begitu banyak tanda tanya seperti itu, saya tanpa sadar belajar dari kehidupan itu sendiri. Sekarang sih lagi terus coba gali apa yang bisa dilakuin, belajar banyaak hal baru, sering ikut workshop self development even via zoom doang (kadang sambil kerja, he! jangan ditiru), terus belajar jurnaling, belajar mendengarkan diri sendiri, mulai rajin olahraga dengan ikutan gym, belajar financial plan, sempet ketemu psikolog & ikut berbagai komunitas parenting. Ya apapun yang bisa bikin seneng dan bikin diri sendiri tertarik buat ngelakuin sesuatu.

Nah saat ikut sesi konseling bulan-bulan lalu, saya selalu diingatkan untuk kembali melihat; what's within my circle of influence & what's outside of my circle of influence. Dan itu memang mencerahkan pandangan saya sih yang terkadang kayak kaca mobil lagi hujan, semacam wiper buat memperjelas lagi akar masalahnya tuh apa, kebanyakan memang dibuat sama diri sendiri aja. Semacam kok ya bisa ya, ternyata ya bisa aja sih, karena itu tadi terkadang masalah yang hadir itu memang dari diri kita sendiri aja yang terlalu khawatir.

Kayanya memang harus sering-sering me time gini. Ngopi sendiri sekali-kali, mulai menerapkan work from anywhere (sesuai aturan baru, he!), ikutan workshop-workshop offline juga boleh sih dicoba karena udah mulai ramai juga. Yuk yuk bikin hidup lebih berwarna lagi yuk!  

Oiya, selamat tiga satu, aku! Maaf lupa ngucapin bulan lalu :)