Go Online; Growing Bersama Menuju Sukses via Internet

Bagi saya, 2020 itu luar biasa. Hampir segala aspek kehidupan terdampak semenjak pandemi ini mulai tersohor di awal tahun 2020 lalu. Artinya, sudah hampir setahun kita semua berjuang melalui ini bersama-sama..

Semenjak pandemi, kita dipaksa untuk mengalihkan sebagian besar kegiatan diluar dengan berdiam diri dirumah atau selama ini lebih kita kenal dengan istilah #DirumahAja.

Peliburan Sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan dan pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, para pekerja yang mulai dipekerjakan dari rumah (Work From Home), anak-anak sekolah yang diharuskan melalui pembelajaran jarak jauh (School From Home), serta berbagai aktivitas offline yang kemudian terpaksa dialihkan menjadi online menjadi salah satu upaya pemerintah guna memutus rantai penyebaran Corona Virus Disesase (Covid-19). Semua ini bukan hal yang biasa, butuh perjuangan serta penyesuaian untuk dapat menjalankan proses ini bagi setiap orang saya rasa, terutama dalam menggunakan teknologi informasi.

Disisi lain segala hal yang berhubungan dengan teknologi informasi, dalam hal ini khususnya internet, secara tidak langsung memberikan kesempatan setiap orang untuk dapat belajar dan menyesuaikan diri. Mungkin awalnya terasa cukup berat, ribet, memakan banyak waktu bahkan hingga mempengaruhi mental dan fisik, tapi ternyata kita bisa melewati ini semua ini, sampai sejauh ini.  

Hal terpenting yang harus disiapkan adalah menyiapkan mental dan meningkatkan kemauan dalam menghadapi tantangan kedepannya. Jika mau berpikir kebelakang, di jaman dahulu kala, pendidikan menjadi salah satu hal yang sangat perjuangkan untuk bisa dinikmati pada era penjajahan demi melawan penjajahan.

Saat ini tidak asing rasanya ditelinga saat mendengar anak-anak yang berada di daerah atau desa-desa yang belum memiliki infrastruktur yang dapat dikatakan layak dan memadai, atau yang harus berjuang melewati sungai mengalir juga jembatan penyebrangan yang tidak layak, pun jarak tempun yang jauh rela mereka tempuh hanya demi untuk dapat mendapatkan ilmu pengetahuan dengan mengenyam bangku pendidikan.

Nampaknya saat ini hal yang sama sedang terjadi namun dengan kondisi yang berbeda. Para anak bangsa harus berjuang lebih keras lagi untuk mendapatkan pendidikan ditengah aneka jenis permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk mengejar ketertinggalan. 

Metode pembelajaran Jarak Jauh rasanya memang kurang memihak pada anak-anak bangsa yang khususnya tinggal di wilayah Tiga T –tertinggal, terluar dan terdepan- di wilayah Indonesia. Mahalnya pembelian kuota sampai ketidakmerataan akses internet di Indonesia merupakan satu dua hal diantara sekian banyak hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh ini. Dan semoga pemerintah segera dapat memberikan solusi untuk dapat mengatasi permasalahan-permasalahan ini agar semua anak Bangsa bisa mendapatkan pendidikan yang layak demi Indonesia yang lebih baik dimasa depan.

Seiring perkembangan jaman tentu kita tidak pernah bisa lepas dari perubahan. Manusia memang dituntut untuk selalu dapat berubah, kan? Apapun alasannya, bagaimanapun kondisinya, perubahan akan selalu terjadi dan tidak bisa terelakkan.

Perubahan paling kecil bisa dimulai dari diri kita sendiri, dari pikiran yang lebih inovatif karena tuntutan keadaan, pembelajaran online yang membuat kita harus lebih fokus dan pintar melawan jemu dan jenuh, penyelesaian pekerjaan jarak jauh yang mungkin terkendala koneksi. Covid-19 sungguh banyak membuat perubahan, saat ini banyak perusahaan besar yang berubah haluan dengan menjalankan bisnis-bisnis kecil diluar core bisnisnya, banyak juga muncul para entrepreneur-entrepreneur yang terlahir di era pandemi karena melakukan bisnis yang sebelumnya tidak terpikirkan.

Covid-19 juga banyak membuat orang-orang mempunyai life-skill baru, ada yang jadi hobi berkebun, ada juga yang jadi hobi memasak, ada yang jadi punya keahlian baru menjahit pakaian dan begitu banyak keahlian lain yang didapatkan selama pandemic ini. Sungguh saya senang melihat begitu banyak orang dikeliling saya khususnya, yang sukses memanfaatkan waktu luangnya selama masa Covid-19 ini untuk mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat bagi dirinya sendiri apalagi untuk masyarakat umum.

Pun saat pandemi ini saya juga melahirkan suatu usaha yang sekaligus juga satu hobi yang membuat saya agar merasa lebih ‘hidup’, membuat usaha hantaran atau seserahan pernikahan. Di tengah pandemi, jika saat awal pandemi dulu banyak sekali pesta pernikahan atau lamaran yang terpaksa dibatalkan, saat ini mulai banyak dilaksanakan pesta pernikahan yang bersifat lebih private atau terbatas.

Alhamdulillah ada peluang yang bisa dimanfaatkan agar kegiatan usaha tetap berjalan bahkan berkembang. Pola pikir yang eksploratif saya rasa bisa menjadi kunci agar kegiatan usaha apapun dapat tetap bertahan di tengah krisis.

Metode pemasaran pun dilakukan dengan berbagai cara, melalui instagram, facebook, aneka jenis market place dan yang sedang saya pelajari sekarang adalah untuk dapat segera membuat website untuk usaha saya. Sedang senang membaca-baca aneka artikel tentang Hosting Indonesia dan juga mencari berbagai referensi Hosting Murah yang bisa saya percayai untuk dapat membangun website @abriella.project. Mudah-mudahan dengan cara ini usaha saya ini mejadi salah satu upaya saya menuju definisi sukses versi saya. Mudah-mudahan.

Ada satu hal yang saya rasa menjadi hikmah positif lain dari pandemi ini, Covid-19 telah membuat semua orang fokus pada hal yang sama dan pentingnya koordinasi dan juga kerjasama. Serta bagaimanapun tanpa disadari telah menyatukan seluruh umat manusia melawan ancaman nyata, saling bahu membahu menolong sesama tanpa melihat suku, ras, atau kepercayaan.

Semoga anak-anak Bangka sukses melalui PJJ dengan baik..

Semoga para pekerja sukses melalui aneka rintangan WFH dengan baik..

Semoga para pengusaha sukses menemukan kunci go online dan semakin growing..

Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menghadapi pandemi ini.. 

Semoga setiap kita bisa memaknai 2020 dengan jalan kita sendiri, serta menyongsong 2021 dengan semangat dan optimisme menuju kesuksesan versi kita.


Aamiin.

 


 

Komentar