QUARANTINE DAY-7; SERUNYA BELAJAR DUNIA PARENTING

pic illustration source


Kalau ditanya gimana rasanya jadi orang tua? Kamu bakal jawab apa?

Kalau menurut saya sebagai seorang ibu.. 'Jadi ibu itu gampang gampang susah.. there's no such a perfect mother we all learn, meraba-raba sampai bisa dan lalu terbiasa.'

Sedikit flashback ke beberapa tahun kebelakang, waktu anak pertama lahir di Tahun 2018 dengan posisi masih bekerja di perantauan rasanya waaah asli nggak terbayang. Sampai akhirnya nekat aja bawa anak ke perantauan yang notabene nggak ada keluarga, pun saat harus pergi bekerja mau nggak mau harus berani titip sama pengasuh dirumah. Kok berani banget? Aslinya engga seberani itu, was was tiap saat kok, apalagi pengasuhnya juga terbilang baru kenal kan. Jadi cctv di hp selalu on disamping layar komputer sambil liatin anak lagi ngapain aja dirumah.

Belum lagi pas anak sakit apalagi sampai harus opname, posisi sama suami juga masih LDM pula waktu itu, alhamdulillahnya punya temen-temen yang baik hati dan sering banget bantu direpotin. Thankyou banget am & fenty 💝  Asli kalau ingat-ingat masa naik turun dari saat punya anak sampai di titik sekarang itu luar biasa banget rasanya. Definisi dari this too shall pass bener-bener deh.

Sekarang tiap hari kayanya seru aja belajar hal-hal baru dan nggak pernah berhenti. Serunya sekarang saya juga ikut gabung beberapa komunitas parenting, ada beberapa yang via whatsapp grup, ada juga telegram walau saya terbilang jarang buka. Kaya apa ya, kita bergabung dalam satu grup yang bahkan saya nggak tau wajahnya temen-temen di grup itu kayak apa, tapi ketika ada satu aja orang yang bertanya di grup, satu per satu ibu-ibu pada muncul buat bantu atau sekedar menanggapi. 

Belum lagi sering diadain semacam sharing session dengan tema tertentu via zoom meeting. Asli sih banyak nambah ilmu baru, nggak cuma soal parenting aja malahan. Banyak juga tema-tema diluar parenting yang sering dibahas dan dijadikan webinar.

Walau masih sering ngerasa marah sama anak kalau nggak nurut, masih nggak sabaran, masih banyak ngeluhnya, pokoknya masih banyak sekali kurangnya sebagai ibu, semoga Allah senantiasa menuntun saya untuk jadi ibu yang terbaik untuk anak-anak saya dengan terus belajar, terus bebenah diri, aamiin.

Semangat, bunda bunda semua 💕