AKHIRNYA KULIAH LAGIIIII

Sudah terhitung sepuluh tahun yang lalu ternyata saya terakhir mencoba untuk melanjutkan kuliah lagi di salah satu Universitas swasta di Jakarta Barat, tahun 2013 berarti yaa... Dengan posisi masih bekerja di Cilegon dan harus pulang pergi kuliah tiap hari Selasa, kamis jam 4 sore naik Bis di halte lalu turun di Kebun Jeruk dilanjut naik angkot dan ojekan, juga full day hari sabtu yang benar-benar menguras tenaga, pikiran dan perasaan. Ha!

Cukup panjang perjalanan saya untuk mulai kuliah lagi ini. Sebagai seorang ibu dan juga seorang budak korporat, sangat nggak memungkinkan buat saya kalau harus mengorbankan waktu kuliah offline. Beberapa opsi ada yang kuliah weekday setiap hari mulai jam 5 sore sampai dengan jam 9 malam atau mau di hari sabtu tapi fullday. Lalau kapan waktu sama keluarganya?  Akhirnya setelah browsing sana sini, cari info, tanya-tanya, dan aneka upaya lain yang saya coba, akhirnya menjatuhkan pilihan ke Binus.

Banyak sekali pertimbangan yang saya pikirkan matang-matang dalam mengambil langkah ini, mulai dari waktu, biaya, mental dan hal lain sebagainya. Karena sejujurnya mencoba melangkah keluar dari nyaman itu selalu tidak mudah.

Sistem perkuliahan yang full online dan benar-benar fleksibel sesuai kemampuan saya jadi salah satu alasan kuat akhirnya memantapkan hati bilang suami ingin kuliah lagi disaat-saat terakhir periode penerimaan mahasiswa baru. Dan ternyata dikasih ijin hehehe. Makasih suamikkk! 

Untuk saya pribadi, ini akan menjadi sebuah permulaan adaptasi yang mungkin akan memakan waktu cukup panjang. Tapi serius sih, rasanya kalau tau ini dari lama mungkin nggak akan memulai se-terlambat ini. Buat saya yang dari dulu bingung ingin lanjut kuliah tapi selalu bentrok dengan pekerjaan, ditambah dulu saya seorang perantau yang terkendala penempatan lokasi kerja dimana belum ada Universitas yang bisa mengakomodir saya untuk melanjutkan kuliah sesuai dengan jurusan kuliah saya. 

Sampai sekarang saya masih sering merasa bingung.

Kenapa?

Karena ternyata banyak hal-hal baru yang perlu dipelajari.

Bismillah.

Semangat untuk terus menyelesaikan atas apa yang sudah saya pilih untuk saya mulai ini. Terus melangkah menuju titik akhir tujuan yang diharapkan. Semoga dalam perjalanannya nanti Allah iringi kemudahan dan kesabaran, aamiin.

Semangat!