Pelatihan Perahu Bandung Angkatan I!



Sempet kelupaan mau bikin post ini dari senin kemarin rasanya, duh. Jadi tanggal 16 Desember, hari minggu lalu, saya mengikuti Pelatihan 'Perahu Bandung', Pelatihan Pengusaha Baru Kota Bandung Batch I. Dengan slogan 'Bandung City of Young Entrepreneur' acara yang diadakan di Hotel Banana Inn Setiabudhi ini diisi oleh banyak narasumber terkemuka seantero Indonesia. Pesertanya sendiri mayoritas adalah 200 mahasiswa-mahasiswi Kota Bandung yang sedang atau bahkan baru ingin menjadi seorang pengusaha, entrepreneur.

Dengan yel-yel 'Mari Berlayar' acara pada pagi hari itupun siap dimulai...

Pagi itu, sekitar pukul 07.30, panitia sudah membuka open registration untuk mengikuti acara yang akan berlangsung seharian penuh. Lalu sekitar pukul 8 lewat barulah acara dimulai.. MC membuka acara dan meminta perwakilan Bapak Edi Siswandi selaku Sekda Kota Bandung untuk memberikan sambutannya, berhubung beliau belum bisa hadir pagi itu dan dialihkan menjadi siang hari. Kemudian acara diisi oleh Kang Rendy, Grand Master Muda Mulia. Kang Rendy ini merupakan seorang pebisnis dalam bidang konsultan pendidikan. Bagi saya sendiri ini kali kedua pertemuan saya dengan Kang Rendy, sebelumnya saya dan teman-teman kampus pernah membuat sebuah seminar entrepreneur yang mendatangkan beliau sebagai pembicara.

Setelah berbicara sekitar lebih dari 1 jam dan melakukan sesi tanya jawab dengan para peserta, Kang Rendy pamit dan menutup sesi-nya dipagi hari itu. Selanjutnya mungkin karena keterbatasan waktu sedangkan para pembicara jumlahnya cukup banyak, para pembicara diatur dalam 1 sesi menjadi 2 orang. Ada Bapak Deden Y. Hidayat., SE., MM selaku Ketua Kadin Kota Bandung, Bapak Dindin Sulaeman., Dipl. Ing., MBA yang merupakan Kepala Unit Inkubator Bisnis Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, lalu ada juga Bapak Deicky N. Manalif yang merupakan seorang Analisis Investasi Emas dan Trading Global, Bapak Darto AP., MM dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Bandung. Mereka semua memberikan banyak ilmu dan manfaat dari materi dan talkshow yang mereka lakukan, baik itu mengenai apa itu entrepreneur, bagaimana membangun rencana usaha, analisa pasar mekanisme perijinan usaha, bagaimana mengenai investasi emas dan lain sebagainya.

Oya, ada Bapak maryadi Suwondo., SE., MM juga yang merupakan Dosen Unpar sekaligus juga sebagai Account Executive Danareksa yang memberikan penjelasan singkat mengenai investasi saham dan pasar modal. Secara keseluruhan, semua ilmu yang diberikan oleh semua pemateri sungguh-sungguh sangat bermanfaat, terutama bagi saya yang awam dan tertarik dengan perekonomian global.




Pukul 11.30 acara diberhentikan untuk istirahat, solat dan makan siang. Bertempat di Resto Banana Inn, kami semua, para peserta, dipersilakan untuk makan siang yang telah disediakan. Sampai pada pukul 13.00, kami diminta untuk kembali memasuki ruangan untuk melanjutkan acara..

Nah, ini yang menarik! Pembicara selanjutnya adalah Kang Kiki Gumelar, ituloh si pembuat coklat dodol yang penomenal dari Garut, Chocodot! Chocolate with Dodol Garut. Serunya disini Kang Kiki menceritakan kisal awal mulanya dia mendirikan perusahaan coklat lokal asli Indonesia ini, bagaimana Ia memulai inovasi, pemasaran, bahkan sampai cerita dia jatuh-bangun di bisnis ini. Kerennya, ternyata Chocodot ini sudah mendapatkan begitu banyak penghargaan baik di dalam maupun dari luar negeri. Pelajaran yang saya ambil dari Kang Kiki adalah bahwa kalau kita mau jadi wirausaha, mau bisnis yang kita rintis sukses ...kita harus bisa terus berinovasi, menyajikan sesuatu yang baru dan terbarukan.

 

Lalu setelah itu, barulah Bapak Edi Siswandi, Sekda Kota Bandung, datang. Ternyata beliau merupakan seorang Sekda Termuda loh, di umur 42 tahun 6 bulan beliau pertama kali diangkat. Beliau membagikan banyak ilmu, cerita, pengalaman bagi kami para peserta.. Nah, diakhir acara beliau memberikan kuis via twitter yang mengharuskan para peserta menjawab 4 pertanyaan.. Seru sih, siapa juga yang nggak tergiur sama blackberry sebagai hadiahnya.


Setelah diselingi oleh beberapa narasumber, di akhir acara Hendy Setiono yang merupakan Founder dari Kebab Turki Baba Rafi memberikan banyak pengetahuan baru mengenai dunia bisnis. Secara keseluruhan acara ini sungguh sangat banyak manfaatnya. Acara yang bertujuan untuk membangkitkan semangat dan melatih para pengusaha muda Kota Bandung, terutama mahasiswa, untuk berwirausaha.

Nah, selanjutnya.. Apakah kamu mahasiswa? Wirausaha juga? Atau baru tertarik dan ingin belajar membuat usaha? Ayo ikuti Pelatihan Perahu Bandung Batch II yang rencananya akan diselenggarakan di bulan Februari nanti. Untuk info, silakan follow @mwBDG

Semangat Pagi!


Salam,
agistianggi


Note: Foto diambil dari twitpic @mwBDG berhubung saat itu saya gak bawa kamera digital.