Perihal 'Untung'



Untung..

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), untung artinya suatu keadaan yang telah digariskan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa bagi perjalanan hidup seseorang; singkatnya nasib. Sedangkan dalam bahasa Inggris, untung itu disebutnya 'lucky' .

Kata dasar dari ber-untung yang artinya kita mendapatkan suatu hal yang baik. Mendapatkan suatu kesempatan baik.

Entah kenapa setiap kali mendengar seseorang berkata ‘untung’ rasanya seringkali ada yang janggal, sedikit menggelitik dan tak jarang membuat bibir saya langsung tersenyum tak terkendali.


Untung.. 






‘Aku kemarin jadwal sidang pagi terus jalanan macet hampir-hampir telat, untung Pak Dosen ban mobilnya bocor dijalan’

‘Aku kemarin kecopetan, untung cuma hp jelek yang ke ambil, coba kalau dompetnya.. wah berabe harus urus surat ini-itu ke Kepolisian’

‘Aku kemarin jatuh dari motor, untung cuma spion yang patah’

Atau..

‘Kemarin sodaraku tabrakan sama mobil, untung cuma patah tulang sama jahit beberapa luka’


Untung.. 

Iya, tanpa sadar mungkin kita sering dengar kata-kata sejenis itu meluncur dari mulut seseorang, atau bahkan mulut kita sendiri. Kalau saya bilang sih, ‘Untung’ itu Indonesia banget. Entah apapun hal buruk yang terjadi pada diri kita, akan selalu ada hal-hal yang ‘di-untung-kan’. Iya, masih untung, kan?

Untung, sebuah kata yang baru belakangan ini saya sadari sebagai salah satu bentuk ungkapan rasa syukur. Semacam Alhamdulillah, kalau dalam agama Islam.

Bersyukur. Dari sebuah kata ‘untung’ ada sebuah makna tersirat untuk bersyukur atas setiap hal baik yang terjadi diatas hal-hal buruk.

Jadi, sekali lagi bersyukurlah..
 

#NoteForMySelf