Bandung, Liburan, Teman, dan Segala Perkara Menyenangkan Lainnya

Teman lama. Reuni. Berkumpul. Tertawa.

Apa yang biasa dilakukan ketika bertemu teman-teman semasa sekolah? Apa yang biasa kalian perbincangkan ketika semua teman lama sudah terlihat jauh berbeda? Teman SD, teman SMP, teman SMA, teman les? Atau bahkan teman saat kuliah? Semuanya, mungkin.

Kalau saya, juga teman-teman, lebih sering menertawakan kenangan. Iya, kenangan. Cerita-cerita masa sekolah, kisah-kisah cinta ala anak muda, cerita soal guru killer semasa SMA, kekonyolan kata atau tingkah yang membuat kami tertawa, membicarakan apapun sesukanya. Anehnya, setiap kali bertemu seringkali hal-hal itu saja yang kami tertawakan. Hal yang sama dan selalu diulang-ulang.

Reuni itu bagai sebuah cerminan masa-masa bahagia yang menjelma jadi ‘kenangan’ yang dibukukan dalam hati karena walau bagaimanapun, dengan cara apaun, kita nggak akan bisa lagi kembali ke masa-masa itu, kan? Masa-masa dunia serasa hanya milik kita. Masa-masa ketika muda segala yang salah mendapat pengecualian. Masa-masa yang nggak akan pernah tergantikan dengan apapun.