Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan pos dari Januari, 2013

Berburu Durian Jatohan Punya Haji Arif!

DURIAN! Siapa coba yang nggak tau buah berbau tajam satu ini? Diluar orang yang suka ataupun malah sebaliknya, tidak menyukai durian, ternyata bau dan aroma yang menyengat juga rasa luar biasa enak yang dimilikinya banyak membuat orang tergila-gila dan memburu buah yang satu ini.

Nah, sekitar 2 minggu lalu, saya beserta 14 orang teman mencoba berburu Durian Jatohan punya Pak Haji Arif! Duh, berburu disini memang bukan dalam arti sebenarnya, hehe. Pondok Durian Jatohan Haji Arief ini terletak di antara kota Serang dan Pandeglang, atau katanya sih daerah Baros, entahlah saya pun nggak begitu hapal. Oya, tempatnya sendiri tampak seperti sebuah rumah makan sunda yang menyajikan makanan secara prasmanan loh menurut saya dengan gubuk bambu beratapkan daun rumbia.


Dari kota Serang, perjalanan itu ditempuh kurang lebih selama kurang dari 1 jam dan sampai lah kami di tempat tujuan. Setelah sampai, kami memilih untuk mencari tempat duduk dan membiarkan para lelaki memilih durian bersama abang-…

Ini Soal Hari dan Hati..

Hai Hari, Hai Hati!

Selamat pagi, semangat pagi.. Selamat pagi hari, semangat lagi hati!

Pertama, aku ingin meminta maaf sempat mengabaikanmu belakangan ini..

Hari ini aku ingin berkisah tentang hari dan hati saja boleh? Ah, iya tentu saja.

Hari ini, seperti biasanya, aku mencintai pagi hari. Aku mencintai mentari yang tak pernah ingkar janji untuk menerangi bumi.  Hari ini, seperti biasanya, aku juga menyukai siang hari. Aku menyukai mentari siang hari, tak perduli walau terkadang teriknya membakar hingga ke kulit ari.. Hari ini, seperti biasanya, aku bercengkrama dengan sore hari. Aku berbincang mengapa langit jingga selalu setia mengiringi.. Hari ini, seperti biasanya, aku memuja malam sebagai akhir dari sebuah hari. Aku memuja malam, walaupun terkadang suara jangkrik membuat sepi.

Hey!
Ingin rasanya kobarkan semangat agar ia terus membara mengejar hari dan hati dengan lebih berarti.
Hey Hari, kamu yang membuat Senin ataupun Selasa tak ada beda.. Hey Hati, kamu yang membuat yang kedua ataupu…

Mendaki Gunung, Lewati Lembah di Gunung Batu Lawang!

'Mendaki gunung lewati lembah.. Sungai mengalir indah ke Samudera.. Bersama teman bertualang' -Ost. Ninja Hatori
Wo hoooooo!
Jadi ceritanya kemarin, saya dan 8 orang teman lainnya menjelajahi Gunung Batu Lawang. Wah, selama hampir 1 tahun berada di Provinsi Banten, saya baru tau kalau selain pantai, Banten juga punya salah satu objek wisata yang nggak kalah cantik; pemandangan dari atas gunung. Yap! Gunung yang berada di wilayah Gerem Merak ini menawarkan lingkungan alam yang masih alami, sejuk dan pemandangan yang tentunya indah.





Gunung ini dapat dibilang masih mempunyai udara yang segar tanpa polusi. Maklum saja, Provinsi Banten kan memang terkenal dengan kawasan Industri yang notabene nggak bisa dijauhkan dengan image debu dan polusi udara. Nah, perjalanan menuju Batu Lawang-nya sendiri membutuhkan perjuangan yang sedikit menantang selama kurang lebih 1-2 jam. Bayangkan saja, diawal perjalanan kami harus mendaki jalanan yang cukup terjal. Untungnya, jalan menuju puncak yang…

Perubahan Hanya Milik Para Pemberani

Terinspirasi dari sebuah tulisan di sebuah harian Ibu Kota, 'Perubahan Hanya Milik Para Pemberani', begitu katanya. Perubahan-Hanya-Milik-Para-Pemberani. Sengaja saya ulang untuk mencari filosofi makna pemilihan kata-kata ini..

Di umur saya yang ke 21 sekarang ini, nyatanya banyak sekali tantangan yang saya rasa sangat sulit untuk ditaklukan. Beberapa diantaranya soal kebiasaan buruk dan menghilangkan rasa malas. Mereka bilang semua tantangan itu harus dihadapi, atau tinggal menunggu waktu yang tepat saja. Menurut saya, beberapa tantangan bisa ditempuh dengan sebuah tekad dan keberanian, tapi beberapa sisanya tidak cukup hanya bermodalkan tekad saja ternyata.
Seringkali saya berpikir dan merenung sampai akhirnya berani memberikan suatu kesimpulan bahwa untuk perubahan, sebuah keberanian itu harga mati. Keberanian merupakan modal awal, yang tidak bisa ditawar menawar, hal ini berlaku jiga kita ingin berubah, ingin menaklukan suatu tantangan atau bahkan ingin menjadikan suatu h…

Katanya: Resolusi

Mungkin bagi saya, juga sebagian orang, resolusi bisa diartikan sebagai suatu bentuk tekad untuk mencapai suatu harapan yang kelak ingin dicapai. Saya yakin diantara sebegitu banyak orang di dunia ini mempunyai tujuan hidup dan pencapaian yang berbeda-beda. Ada yang bertekad untuk segera menyelesaikan skripsi, ada yang ingin pindah bekerja, ada yang ingin segera mendapatkan pekerjaan baru, ingin berlibur, membangun rumah, membeli mobil, gadget canggih, punya pacar dan bahkan ada juga yang ingin menikah. Untuk hal yang terakhir, saya sempat berdiskusi dengan seorang teman pria, dia bilang memilih untuk menikah sekarang ini lebih pantas dikatakan nekad dibandingkan tekad. Lalu kami tertawa, atau lebih tepatnya dia membuat saya tertawa..
Setiap tahunnya saya tidak biasa menuliskan resolusi-resolusi saya di awal tahun, justru biasanya saya menuliskannya di pertengahan tahun. Kenapa? Karena di awal tahun rasanya terlalu mainstream, halahhh. Nggak, bukan itu sih permasalahannya. Karena sat…

Batik, Si Cantik yang Membuat Dunia Melirik..

Mungkin masih lekat diingatan kita beberapa waktu lalu negara tetangga mencoba mengklaim Tari Tor-Tor yang berasal dari Sumatera Utara sebagai warisan budaya mereka. Belum jelas alasan dari pihak bersangkutan mengapa menyebut bahwa Tari Tor-Tor sebagai bagian dari budaya mereka, namun yang pasti kasus klaim atas kebudayaan Indonesia ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, pun Reog Ponorogo yang merupakan salah satu kesenian budaya dari Jawa Timur turut pula menjadi sasaran.

Pada Januari 2009 lalu masyarakat Indonesia sempat dihebohkan dengan isu bahwa batik diklaim, lagi-lagi oleh negara yang sama sebagai warisan budaya mereka. Lalu berbagai reaksi muncul dari segala penjuru Indonesia mengecam aksi tersebut. Pengakuan tersebut sempat membuat resah para pengrajin batik juga menuai amarah rakyat Indonesia. Tapi kemudian klaim atas batik ini akhirnya dimenangkan oleh Indonesia dengan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Menuru…

Pukul 2 dini hari..

Yang kutahu langit di luar sana sudah terlewat kelam. Bukan lagi ungu merona atau sekedar biru tua. Gelap. Hitam. Entah sudah berapa kali aku mengintip jendela hanya untuk melirik warna diluar sana, harap-harap segera berganti menjadi biru muda. Malam terasa dua kali lebih lama dari biasanya. Hari ini aku dilanda insomnia, lagi. Jarum jam di tanganku sudah mengarah ke angka 2 dini hari, tapi aku sama sekali belum mengantuk. 

Massa kelopak mataku serasa bertambah berat, tapi anehnya ia tak kunjung ingin terpejam. Saat seperti ini, menghitung domba pun tak ada guna rasanya. Apa mungkin ini karena dingin yang masih saja memelukku erat, seolah menembus setiap celah pori-poriku. Bahkan, empat lapisan baju hangat pun tak kunjung membuatku lebih baik. Aku masih menggigil ditengah lamunku. 

Entah ini memang karena cuaca dingin atau apa ini yang dinamakan jatuh cinta? Ah, sungguh tak adil rasanya jika cinta membuatku harus merelakan jam tidur sekian jam lamanya.. Tapi aku tetap gelisah. 

“Belum …

Berjalan..

“Ah, sudahlah! Tangisan sudah kehabisan akal menenangkanku. Tak ada guna pun aku berlarut. Sedih ini harus segera berakhir atau lebih tepatnya harus segera diakhiri, sebelum segalanya menjadi semakin rumit sehingga aku sulit berkelit. Aku harus bangun, berdiri, kembali berjalan, menapaki waktu dan cita yang makin mengabur. Yah, mulai berjalan, karena hanya dengan begitu segalanya bisa dilupakan. Dan kukabulkan maafmu, Masa Lalu, mungkin memang hanya dengan maaf kamu akan menjinak dalam ingatan.”


Nostalgia Permainan Anak Tahun 90an!

Hari ini tiba-tiba saya dapet sebuah broadcast dari teman lama, teman semasa jaman SMP, jaman waktu masih culun-culunnya hihi. Jadi broadcast ini ceritanya soal apa-apa aja yang sempat menjadi trend dikalangan anak yang lahir sekitaran tahun 1980-1990an gitu deh. Lucu juga sih memang kalau diingat. Dan kalau mau dipikir lebih jauh, jamannya dulu saya kecil itu model-model mainan atau hiburannya jauuuuuuuuuuuuh banget sama anak jaman sekarang ini. Duh.

Saat membaca isi broadcast tersebut saya senyam-senyum sendiri membayangkan masa kecil saya. Tapi sayangnya seiring majunya jaman disertai teknologi, perlahan tapi pasti permainan-permainan itu hilang ditelan waktu..

Saya masih ingat dulu ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, saya rajin ke toko kaset untuk membeli album para penyanyi cilik.. Sherina Munaf yang terkenal dengan lagu 'Dia Pikir' featuring Derby Romero di Petualangan Sherina, Joshua yang terkenal dengan lagu 'Diobok-obok', Chikita Meidy, Maisy dan…

Mengarungi Arus Deras di Sungai Ciberang Banten!

Yeiyyyyy! Liburan singkat itu akhirnya terealisasi juga, setelah sempat hampir ditunda karena satu dan lain hal hohoooo. Ciberang, kami dataaaaaaaaang!
Sabtu kemarin, saya beserta 11 teman, eh 1 om-nya teman kantor, mencoba rafting di kawasan Sungai Ciberang. Nah, Sungai Ciberang ini terletak di Kampung Muara, Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Setelah sebelumnya mencoba untuk rafting di Pangalengan, Sungai Ciberang memberikan suatu sensasi yang berbeda dari pengalaman rafting sebelumnya.
Kami memulai perjalanan melalui Kota Serang yang kemudian mulai memasuki kawasan Passanggrahan, Petir. Sepanjang jalan dari Serang menuju kemari, jalanan aspal begitu rapih tanpa ada lobang. Selain itu juga kami disuguhi pemandangan indah perbukitan, pepohonan rindang, dan hijaunya perbukitan. Namun sayangnya, begitu memasuki kawasan dekat pasar petir (bukan dalam arti sebenarnya, ha!) jalanan mulai berlubang disana-sini. 
Tak lama, jalanan seperti itu kami lalui sampai akhirnya mencapai Rangkasbitung…

Pekan Kondom Nasional 2012; Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati!

Berdasarkan hasil penelitian, para ilmuan pada umumnya berpendapat bahwa AIDS berasal dari Afrika Sub-Sahara. Sekarang ini AIDS bahkan telah berubah menjadi sebuah wabah penyakit dan telah menginfeksi hampir 38,6 juta orang di seluruh dunia. Penyakit ini merupakan salah satu wabah yang paling mematikan dalam sejarah karena telah diklaim menyebabkan kematian sebanyak 2,4 hingga 3,3 juta jiwa hanya pada tahun 2005 saja. Dan yang lebih menyedihkannya lagi adalah lebih dari 570.000 jiwa diantaranya merupakan anak-anak.



Di Indonesia sendiri, penderita HIV/AIDS kian hari kian bertambah jumlahnya. Sejak pertama kali ditemukan pada Tahun 1987 sampai dengan September 2012, kasus HIV/AIDS tersebar di 341 dari 497 kabupaten/kota di seluruh provinsi di Indonesia. Berdasarkan hasil laporan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia di website Komisi Penanggulangan AIDS pada Triwulan III Tahun 2012 lalu, jumlah kumulatif kasus HIV yang dilaporkan sebanyak 92.251 kasus dengan Jakarta sebagai jumlah ter…

Habibie & Ainun; Gambaran Cinta Menggapai Cita

Oke, jadi walaupun agak telat gaul baru nonton tadi malam karena beberapa kali ke bioskop dan selalu kehabisan tiket.. Akhirnya kesampean juga buat nonton film ini. Film yang menceritakan kisah perjalanan cinta dan menggapai cita yang diangkat dari buku biografi salah satu mantan Presiden Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie (atau lebih dikenal Bapak BJ. Habibie) dan istrinya Ibu Hasri Ainun Besari (Ibu Ainun).
Walaupun lagi-lagi, ratusan lembar cerita yang termuat dalam satu eksemplar buku pastinya tidak akan dapat digambarkan dalam film yang hanya berdurasi 2-3 jam, film ini cukup mengharukan menurut saya. Habibie yang diperankan oleh Reza Rahadian, sedangkan Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari..
Berlatarkan Jerman dan Indonesia, film ini kemas dengna jalan cerita yang apik dan menarik. Selebihnya, film ini tidak hanya bercerita tentang kisah cinta dua pasangan, tapi juga ada unsur nasionalisme dan patriotisme yang melekat erat didalamnya. Film ini bagus untuk menjadi s…

Happy New Yearrrrrr. Welcome, 2013!

HAPPY NEW YEAR, DUDE!



Well, it's not always about being happy at the end, or being happy all the time. 2012 was soooooamazing! Much of happiness, sadness, tears, smile, laugh and doubt feeling, duh. And what made my life beautiful, is all of those mixed moments. When I look back to the year 2012, along the time, I see an emotional journey that resembles happiness in such a different way. The feelings of sad and happy, up and downs, love and being hurts, light and dark, also good and bad. It means that every single moment can be valuable. I thank God, for everything. 2012 also full of dreams and hope. And in 2013,  I know that the best way to make my dreams come true is wake up.
2012, thank you for inspiring me all the time and for making one of my dreams come true. Enjoy the years and happy!
Hope in this years full of happiness and blessing. 
xoxo, agistianggi