Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan pos dari Juli, 2012

Sebuah Pesan Lama; Memahami Filosofi Leluhur Jawa..

Hmmm.. beberapa waktu yang lalu saya mendapat sebuah artikel dari seseorang, katakanlah ia seorang teman, tentang filosofi jawa yang dia kirimkan melalui email. Ha, lucu memang kalau ingat setiap cerita itu.. Dan hari ini dalam rangka membersihkan email dari pesan-pesan yang kiranya tidak lagi diperlukan, saya mendapati beberapa email, foto, dan chat history dengan dia. Betapapun kondisi kami saat ini, saya merasa senang sekali bisa mengenal dia, berdiskusi tentang banyak hal, berdebat dari hal penting sampai hal paling tidak penting sekalipun, tertawa sampai larut malam ..saya belajar banyak hal yang pasti. Sampai suatu malam dia berkata pada saya bahwa saya itu ibarat batu, keras kepala. Dan keesokan harinya dia mengirimkan artikel ini...
Memahami Filosofi Leluhur Jawa Leluhur masyarakat Jawa memiliki beraneka filosofi yang jika dicermati memiliki makna yang begitu dalam. Tetapi, anehnya filosofi yang diberikan oleh para leluhur itu saat ini dinilai sebagai hal yang kuno dan ketingg…

Sukses itu apa?!

Sukses..

Itu kata-kata yang sering hinggap didalam pikiran saya sejak beberapa waktu yang lalu. Kata yang hampir setiap hari meracau didalam kepala saya. Kata yang hampir selalu menjadi mimpi buruk dalam setiap tidur saya. Bukan, bukan berarti saya pesimis untuk sukses.. tidak, tidak sama sekali! Saya yakin saya bisa sukses. Yang menjadi pertanyaan saya selama ini adalah apasih sesungguhnya arti sukses itu sendiri? Kaya? Pintar? Masuk Universitas Negeri Terkemuka? Lalu dapat pekerjaan di perusahaan asing? Apa? Apaaaaaa?

Saya kemudian mencoba untuk googled ‘arti sukses’, dan omgoogle yang super baik hati itu menjawab satu pertanyaan saya dengan ribuan jawaban! Wow! Mulai dari pendapat orang-orang terkemuka di dunia, para motivator super, arti dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendapat-pendapat para blogger pada web pribadi mereka, dan berbagai diskusi dalam berbagai macam forum. Saya juga mencoba mencari di twitter mengenai hal ini. Ada beberapa kata-kata yang saya suka dan diam-dia…

Catatan di Pertengahan Tahun 2012

Di awal tahun 2012 lalu, saya membuat "Catatan Awal Tahun 2012" di buku catatan saya, tidak disini, yang kira-kira isinya sekumpulan harapan dan keinginan saya di sepanjang tahun 2012. Atau lebih dikenal sebagai Resolusi Awal Tahun, ya?!. Lalu nanti di akhir tahun 2012 saya ingin membuat semacam kilas balik apa saja hal yang sudah berlangsung sepanjang tahun.. Hmm apakah keinginan yang saya tulis di catatan itu sudah terwujud ataukah tidak. Ya, semacam reminder atas apa saja akhirnya yang saya lakukan dan saya dapatkan di sepanjang tahun ini kali ya seperti halnya yang saya lakukan di Tahun 2011 lalu. Lalu apa? Berhubung pada resolusi di tahun 2011 lalu masih banyak keinginan saya yang tidak bisa terlaksana, maka resolusi 2012 adalah meneruskan resolusi 2011 tersebut. Hahahahaha.. Sip.
Dulu saat awal tahun 2012, saya dihadapkan pada beberapa pilihan. Tapi kembali lagi, hidup nyatanya bukan hanya soal pilihan, bukan? We don’t know what will happen tomorrow, but surely we’ve g…

Selamat hari anak, anak-anak!

Hore..!!! 27 hari lagi lebaran..

Padahal masih lama, yah buat nyemangatin yang puasa aja sih, hehe. Soalnya seharian di waktu puasa cuma saya abisin di kamar. Baca majalah, online, tidur, kekamar mandi, online lagi dan begitu terus sampe waktunya berbuka kecuali ada kegiatan, itupun kalo saya mau seperti berenang misalnya kayak kemarin.

Oh iya ini hari anak ya? Waaah! Selamat hari anak ya, Anak-anak! Spesial buat anak-anak indonesia deh, biar semakin cerdas untuk generasi kedepannya \o/ Hmm.. inget anak-anak itu jadi inget sama masa kecil sendiri gitu deh rasanya, I miss my childhood days.. No worries, play hard, laugh out loud, no responsibilities, no heartaches, no pain, ha! Ya, begitulah masa kecil kurang lebih. It was so much easier, right? Just plain fun and happy. Sayangnya masa anak-anak sekarang sama jamannya kita nih beda banget yah, duh. Anak SD kelas satu aja mainannya udah geser-geser telunjuk doang main angry bird, pake iPad *sirik* haha. Padahal kan belum ngerti juga di…

Hallo, Tanjung Lesung!

Hmmm.. kalau bicara soal obyek wisata pantai di Provinsi Banten, pasti tidak akan jauh jauh dari Pantai Anyer dan Pantai Carita. Setidaknya bagi saya yang merupakan warga Bandung seringkali mendengarnya begitu, hehe. Saya sendiripun saat itu belum pernah berwisata ke pantai-pantai tersebut, karena keluarga dan teman-teman saya cenderung lebih menyukai wisata alam ke daerah selatan. Tapi ternyata lain ceritanya ketika saya harus tinggal di kota ini dan akhirnya bisa berwisata ke tempat tempat yang orang lain ceritakan itu. Yap, Pantai Anyer dan Carita memang yang paling sering saya dengar dijadikan tujuan wisata. Namun, ternyata terdapat satu pantai lagi yang jauh lebih indah dan eksotis jika dibandingkan dengan kedua pantai tersebut, yaitu Pantai Tanjung Lesung. Saya mengetahui pantai ini setelah mempunyai hobi baru, jalan-jalan! Sebenarnya sih bukan hobi baru juga, sebelumnya saya juga sering travelling kesana kemari ..tapi bedanya sekarang saya lebih suka mengabadikan setiap momen …

Wisata Kuda a La Cowboy ..De'Ranch!

Pernah dengar tempat De'Ranch?! Hmm.. Saya sendiri sih sering denger dan beberapa kali merencanakan untuk pergi kesana bersama teman-teman tapi selalu gagal. Nah, kemarin sepulang dari liburan singkat di Subang, saya menyempatkan diri untuk mampir sejenak ke tempat ini. Pernah juga sih saya lihat foto pre-wed teman saya disini, dan memang bagus. Maka jadilah saya semakin penasaran ada apa sih di De'Ranch?!
Yap, Bandung memang sudah menjadi salah satu tempat favorit untuk berliburnya warga perkotaan. Dan setelah saya menanyakan kepada beberapa teman-teman se-pekerjaan dan se-perkotaan saya, halahhh, salah satu tempat yang menarik untuk menghabiskan akhir pekan Anda di Bandung adalah adalah De'Ranch. Lokasi De Ranch adalah di daerah Lembang arah menuju Maribaya sekitar 200m dari pertigaan pasar Lembang, sangat dekat dengan Tahu Tauhid II, cukup mudah ditemukan, tempat parkir pun cukup luas. Dijamin sih gak bakalan nyasar, soalnya sepanjang perjalanan menuju tempat ini ter…

Eksotika lain dibalik hamparan kebun teh!

Kalau denger kata-kata kota Subang pasti yang identik di kepala kita biasanya cuma Pemandian Air Panas Ciater atau Sari Ater. Betul nggak?! Hmmm.. atau paling populer sih mungkin Gunung Tangkuban Perahu dan perkemahan Cikole. Tapi tunggu duluuuuu! Ternyata ada banyak wisata alam yang tersembunyi di balik bukit dan gunungan kebun teh loh, salah satunya wisata Air Terjun atau disana lebih dikenal dengan istilah 'Curug'! Wohooooooooooo~
Jadi dalam rangka berlibur minggu lalu itu, kami memutuskan untuk menghabiskan waktu 'liburan singkat' itu dengan mengunjungi Pemandian Air Panas, Sari Ater. Sebenarnya itupun tidak melalui persiapan yang matang, sangat mendadak kalau boleh saya katakan. Saya sendiri sehari sebelumnya mencari penginapan melalui internet, walaupun pada akhirnya keesokan paginya setelah sampai di Bandung kami mendatangi lokasi sekalian memberi downpayment sebagai tanda jadi. Well, not too bad! Seriously!
Penginapannya cukup nyaman, ya walaupun jalan akses me…

Eduwisata di Timur Kota Bandung, Observatorium Bosscha!

Pernah nonton film 'Petualangan Sherina'?! Hmmm.. ituloh film musikal yang dibintangi oleh artis Sherina Munaf sewaktu kecil. Petulangan Sherina adalah film yang banyak berisi pesan moral kepada anak-anak menurut saya. Dan film ini juga menjadi suatu awal kebangkitan film nasional ditengah buruknya perfilman Indonesia waktu itu, ck! 


Nah, kalau pernah kamu pasti tau banget nih tempat satu ini. Yap!Observatorium Bosscha! Dan kalau belum pernah nonton, untuk kalian yang kelahiran antara 1990-1999, kasian banget deh, hii...
Observatorium Bosscha adalah lembaga penelitian astronomi moderen yang pertama di Indonesia. Observatorium ini dikelola oleh Institut Teknologi Bandung dan mengemban tugas sebagai fasilitator dari penelitian dan pengembangan astronomi di Indonesia, mendukung pendidikan sarjana dan pascasarjana astronomi di ITB, serta memiliki kegiatan pengabdian pada masyarakat. Observaitorium ini juga merupakan sebuah Lembaga Penelitian dengan program-program spesifik yang d…