27 Mei 2016

ANAK KECIL, RANSEL DAN YOGYAKARTA

"Ma, Kakak mau ke Jogja ya besok liburan", ucap saya sore itu hendak meminta ijin yang sejurus kemudian diiringi dengan pertanyaan 5W 1H, ngapain? kemana? dengan siapa? mau berbuat apa? dan bla bla blaa. Rencana solo traveling kali ini gagal karena rayuan Mama yang setiap kali ditelpon selalu membuat pernyataan 'Duh, Mama udah lama banget nggak naik kereta' atau 'Kapan ya Mama bisa jalan-jalan ke Jogja'. Zzz, di-modus-in Ibu sendiri.

Akhirnya saat harus 'lembur' di kantor hari Minggu sebelum pulang saya iseng ajak liburan ke Jogja, bertiga dengan Uwen. Cuma bertiga sih, pertama karena kondisi anak santri-nya Abah yang nggak bisa ditinggal, kedua karena Iyang memang harus sekolah. Dan alasan terakhir adalah mumpung si anak kecil belum sekolah, berhubung dari kecil anaknya udah keliatan rule-freak banget sama aturan, beda sama Kakaknya.

Sampai akhirnya hari H keberangkatan, sore hari saat hendak packing berhubung saya sengaja pesan kereta malam tiba-tiba dengan wajah ragu nan bimbang Mama bilang dapat pesanan katering 50 orang untuk sepuluh hari ke depan untuk anak-anak yang hendak magang ke Jepang. Kan dia dilema, dan akhirnya nanya pendapat gimana kalau Mama nggak usah ikut. Giliran saya yang galau. Tiket sudah ditangan, hotel sudah di booking, kendaraan untuk di Jogja sudah disewa..


11 Mei 2016

MAGELANG; DARI BOROBUDUR SAMPAI KETEP PASS

Magelang merupakan nama sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke sini, akan mampir terlebih dahulu ke Yogyakarta, karena memang jaraknya tidak jauh atau memang hanya bisa ditempuh melalui kota ini via transportasi udara. Seingat saya, dulu, terakhir kali mengunjungi Magelang di tahun 2013 bersama beberapa orang teman kantor dengan ditemani seorang 'guide' lokal yang merupakan sahabat komunitas salah seorang teman saya.

Dan bagi kamu yang menyempatkan untuk berkunjung ke Magelang, ada beberapa tempat yang sangat dan harus kamu kunjungi. Kalau kamu mau menginap di sini, tersedia juga banyak hotel tempat kamu menginap selama berwisata di sini, seperti terlihat di link ini.

1. BANGUNAN BERSEJARAH CANDI BOROBUDUR
Candi ini merupakan candi yang sangat terkenal. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang, relief pada dinding candi ini sangat banyak mencapai 2.672 buah relief. Candi Borobudur juga merupakan candi dengan jumlah relief terbanyak di dunia. Konon, candi ini merupakan candi termegah di Asia tenggara yang mulai di bangun pada tahun 1824 M.



Candi Borobudur (dok. pribadi)
Kalau kamu ingin datang kesini tapi tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa mencari trasnportasi umum dan juga murah. Misalnya jika pergi dari Bandara Adisucipto, kita bisa meneruskan perjalan dengan naik Bus Damri atau Trans Jogja ke Terminal Jombor Sleman DI Yogyakarta. Tarifnya sangat murah hanya Rp. 3.000 saja. Setelah dari terminal Jombor kamu bisa naik bus dengan jurusan Jombor- Borobudur dengan warna- warna yang mencolok. Untuk tarif Jombor- Borobudur akan dikenakan biaya Rp. 10.000 untuk turis lokal dan Rp. 20.000 untuk turis mancanegara. Tapi, jika kamu pergi dari Stasiun kereta Api Lempuyang atau Stasiun Tugu, kamu bisa naik bis Borobudur dari terminal Giwangan. 

7 Mei 2016

BACKPACKER-AN KE YOGYAKARTA DENGAN 'TEMAN' BERBEDA

Memutuskan untuk berwisata dengan ala ala backpacker tentunya banyak hal yang harus dipikirkan matang-matang, terutama ide untuk berwisata kali ini sedikit berbeda karena membawa travelmate anak kecil. Rencana awal untuk bisa pergi bertiga dengan Ibu tiba-tiba batal karena satu dan lain hal yang tidak bisa ditinggalkan, jadilah dengan tekad kuat dan semangat dari Abah serta meyakinkan diri akan 'aman' jalan-jalan berdua dengan si kecil. Bukan apa, berhubung mood anak kecil yang kelewat manis banget kalau lagi lapar dan ngantuk, belum lagi bayangan kalau tiba-tiba dia ngompol di kasur hotel tengah malam, glek, makanya sempat ragu awalnya.



Selain memikirkan akomodasi transportasi umum, tentu harus juga memperhatikan barang bawaan apa saja yang penting untuk dibawa. Berhubung anaknya 'simple' banget jadi diusahakan bawa barang sedikit tapi semaksimal mungkin *lah piye haha. Ya pokoknya bawa tas yang cukup aman, nyaman dan tidak terlalu membebani, cukup beban hidup aja yang berat tas mah jangan, eh eh gimanaaa~ 

26 April 2016

REMAHAN CERITA DARI BUMI LASKAR PELANGI


Bumi Laskar Pelangi masih menyisakan begitu banyak remahan cerita. Entah kenapa liburan singkat kali ini justru sangat berkesan. Bisa jadi karena tempatnya, bisa jadi karena timing-nya, bisa jadi pula karena travelmate-nya. Berhubung jarang punya teman wanita yang 'sejalur' arah pikirannya, bisa jadi alasan terakhir inilah yang membuat Belitung lebih dari sekedar liburan yang menyenangkan.

Saya ingat ketika saya dan Noval berdebat soal tempat mana yang akan kami kunjungi selepas snorkeling di Pulau Lengkuas, antara dia yang kekeuh ingin ke Manggar dan saya yang terus memperhitungkan jarak tempuh serta putaran jam yang saat itu dirasa kurang memungkinkan untuk bisa kesana. Alasannya simpel, pertama karena kami naik motor; kedua, karena saya khawatir kami akhirnya mencari penginapan disana saking lelahnya walaupun (wacananya) membawa motor secara bergantian, haha!

Untungnya, setibanya di Pantai Tanjung Kelayang dapat kabar kalau teman-teman Belitung sore itu mengajak kami untuk wisata ke Replika SD Muhammadiyah di Gantong. Naik mobil *Sujud syukur*.

23 April 2016

EMANSIPASI ALA KARTINI MASA GINI...

pic from here
Terlintas pikiran dari sebuah pesan salah se-kian-orang teman yang menasehati saya agar tidak terlampau sering pulang malam. Sampai hari kemarin saat ceritanya orang-orang dengan semangatnya berbusana kebaya dalam rangka memperingati Hari Kartini, saya dan Tina malah terdampar di kantor sampai jam 8 malam, pakai kebaya. Haha, lucu sih jadinya. Sebuah perayaan emansipasi wanita ala Kartini masa gini.. Saya bukan tipikal orang yang workaholic, engga sama sekali, tapi ya kadang harus ada momen -apa-boleh-buat- atau -ya-mau-gimana-lagi-, gitu.

Bicara soal emansipasi, bicara soal kesetaraan gender. Kadang saya rasa emansipasi wanita kini kesannya kok justru hiperbolis. Distorsi maknanya mulai merebak dan justru menciptakan kerancuan yang tak berujung. Di satu sisi wanita ingin diakui hak dan kemampuannya seperti laki-laki, disisi lain memang ada hal-hal yang tidak bisa wanita lakukan sendiri. Emansipasi kerap digunakan sebagai payung perlindungan agar bisa terlepas dari jerat belenggu yang menghambat ruang gerak dan kreatifitas para wanita. Dan, emansipasi ini pula yang kerap dijadikan boomerang para pria untuk tetap duduk ketika melihat wanita berdiri dikendaraan umum didepannya. Tidak salah memang, menurut saya. Emansipasi, kan?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...