12 Juli 2012

Helarfest 2012


Helar Fest merupakan sebuah festival yang digagas oleh komunitas kreatif Bandung, yaitu Bandung Creative City Forum (BCCF). Helar Fest ini sendiri adalah sebuah kegiatan yang menjadi wadah bagi puluhan kelompok atau komunitas kreatif yang ada di Bandung dan daerah sekitarnya loh! Adapun kegiatan ini bertema 'LIGHTCHESTRA', Sebuah acara konser musik dan permainan laser di dalam hutan kota Babakan Siliwangi, dimana acara ini diisi oleh para musisi dan seniman kota Bandung serta komunitas kreatif kota Bandung yang dibuka mulai tanggal 5 hingga 7 Juli 2012.

Predikat Kota Kreatif Bertaraf Dunia
Oya, berdasarkan informasi yang saya baca dari beberapa media, dikatakan bahwa ternyata melalui Helar Fest yang diselenggarakan pada 2008 dan 2009, Kota Bandung, oleh The British Council, dinobatkan sebagai salah satu kota kreatif bertaraf dunia lohhhh. Dengan Helar Fest 2012, kegiatan kreatif di Bandung akan semakin dikenal di dunia. WOWWW!


Saya sendiri datang pada Acara ini di Sabtu malam tanggal 7 Juli lalu. Sebagai orang Bandung saya sangat bangga tentunya, Bandung sudah berhasil mengembangkan berbagai industri kreatif misalnya saja dengan maraknya Factory Outlet dan berbagai tempat wisata kuliner yang sangat beragam. Dan kegiatan Helarfest ini lagi lagi membuktikan bahwa warga Bandung memang mempunyai kreatifitas yang tinggi.



Kegiatan Helar Fest diawali dengan aktivitas komunitas kreatif di Hutan Kota Babakan Siliwangi yang lokasinya tepat di tengah kota dikelilingi Jalan Taman Sari dan Babakan Siliwangi, tidak jauh dari pusat belanja Cihampelas dan Jalan Dago ..hmm atau lebih tepatnya di Lapangan Sabuga (Sasanana Budaya Ganesha) belakang kampus ITB. Helarfest 2012 ini diselenggarakan dengan memanfaatkan 4 ruang publik di Kota Bandung untuk melaksanakan kegiatan kreatif, yaitu hutan kota, taman kota, kampung kota dan sungai kota.


Beragam kegiatan kreatif diadakan ditempat ini, mulai dari konser musik, kampanye-kampanye pelestarian alam, dan masih banyak lagi. Sebagai hutan yang berada di tengah kota, tempat ini memiliki udara yang sangat segar, sehingga selain menyaksikan beragam kegiatan Helar Fest, kita juga dapat menikmati suasana hijau hutan di Kota Bandung kalau datang di siang hari. Daaaaaaan, yang paling menarik perhatian saya adalah adanya sebuah konser musik dan permainan laser di dalam hutan saat malam harinya. Lucunya, jadi ditengah kegelapan hutan kota, kita diarahkan untuk berjalan mengikuti cahaya lampu. Lokasi ini juga banyak dijadikan objek foto bagi para pecinta photografi. Oh ya, ada juga lomba photografi yang diadakan oleh panitia bagi para pengunjung.

sumber dari sini
Festival ini diharapkan akan semakin meningkatkan minat kreatif warga Bandung sebab Helar Fest layaknya seperti Luminato Festival, salah satu festival seni dan kreatif terbesar di Kanada.

Nah, kita juga dapat ikut berperan serta dalam kegiatan Helar Fest yang diselenggarakan satu tahun sekali ini loh. Kita dapat ikut berpartisipasi di dalamnya, bukan hanya bagi warga anggota komunitas saja, tetapi warga luar Bandung pun dipersilakan ikut ambil bagian menghangatkan Helar Fest 2012. (tgh/R-2)

Jadwal Kegiatan Selama Festival 
 Kegiatan Helar Fest ini berlangsung cukup lama, yakni sekitar empat bulan dan memiliki empat agenda utama.

I. LIGHTCHESTRA
Sebuah acara konser musik dan permainan laser di dalam hutan kota Babakan Siliwangi, dimana acara ini akan diisi oleh para musisi dan seniman kota Bandung serta komunitas kreatif kota Bandung yang akan diadakan pada:
Hari/Tanggal : Kamis 5 Juli – Sabtu 7 Juli 2012
Tempat           : Hutan Kota Dunia Babakan Siliwangi
Contact Person: Panca Dwinandhika (0818-09688298)


II. PRUUNG OUT!
Sebuah acara festival kuliner bulan Ramadhan yang diadakan di ruang umum (public space) di kota Bandung, dimana acara ini akan diisi oleh para penggiat kuliner asli kota Bandung yang akan diadakan pada:
Hari/ Tanggal : Kamis 9 Agustus 2012 s/d Minggu 12 Agustus 2012
Tempat            : Lapangan Gasibu Bandung
CP                   : Kunyid (0813-22909056)



III. KAMPOONG FESTIVAL
Sebuah acara yang menjadi bagian program BCCF yakni “Akupuntur Kota” dengan mengedepankan potensi-potensi kreatif di Kampung Urban yang selama ini luput dari perhatian sebagian besar masyarakat serta merupakan unjuk kabisa dari 5 (lima) Kampung Urban di kota Bandung yang puncaknya pada festival kampung yang akan diadakan pada:
Hari/Tanggal : Kamis 20 September 2012 s/d Minggu 23 September 2012
Tempat           : Kampung Tamansari Bandung
CP                   : Arya (0856-2253742)


IV. CIKAPUNDUNG RIVER FRONT FESTIVAL
Sebuah acara yang ide dasarnya adalah pengaktifasian bantaran sungai Cikapundung yang membelah Kota Bandung dimana akan diadakan berbagai macam kegiatan berupa olimpiade air, teater terapung dan mural yang akan diadakan pada:
Hari/Tanggal : Jumat 26 Oktober 2012 s/d Minggu 28 oktober 2012
Tempat          : Bantaran Sungai Cikapundung Babakan Siliwangi
CP                  : Meizan (0812-14002634)

Keempat kegiatan besar tersebut akan direspon oleh berbagai macam komunitas kreatif di kota Bandung yang akan terlibat dalam Helarfest 2012. Hmmm, dan akhir kata saya harap acara-acara semacam ini dapat menjadi salah satu kegiatan atau agenda tetap kota Bandung yang dapat dilaksanakan setiap tahunnya.


sumber informasi kegiatan : suave magazine



 





INFO LANJUT
Bandung Creative City Forum (BCCF)


Simpul Space #2
Jalan Purnawarman 70 Bandung
Telp/fax: (62-22) 253 4746
Email : bccf.bdg@gmail.com
Twitter @BCCF_bdg
Blog : bandungcreativecityforum.wordpress.com

Website : www.bccf-bdg.com


salam kreasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...