11 Juli 2012

Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Bandung juga bukan hanya terkenal dengan wisata kuliner dan wisata belanjanya aja loh, banyak juga wisata alam yang terdapat di berbagai penjuru daerahnya ternyata! Dan salah satu diantara tempat objek wisata yang seringkali di kunjungi untuk berlibur adalah Gunung Tangkuban Perahu yang berada di Lembang, sekitar 30 km di sebelah utara Kota Bandung. Dan untuk mencapai tempat ini kurang lebih dibutuhkan waktu 40-60 menit dari Bandung.
Perjalanan menuju gunung tangkuban perahu di suguhi dengan hamparan hijaunya perkebunan teh, melewati banyak pohon pinus dengan udara pegunungan yang sejuk dilengkapi pemandangan indah di kaki-kaki gunungnya, deretan kawah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata yang satu ini. Tangkuban Perahu sendiri sebenarnya adalah gunung berapi yang masih aktif. Adapun dinamakan tangkuban perahu karena bentuknya yang menyerupai kapal yang terbalik.

Kawah Ratu
sumber gambar: http://www.disparbud.jabarprov.go.id

Nahhhh! Tempat ini erat sekali hubungannya dengan sebuah legenda tanah Sunda yang sangat terkenal, yaitu Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu yang dari kejauhan tampak seperti perahu terbalik ini konon katanya diakibatkan oleh kesaktian Sangkuriang dan  yang gagal meyelesaikan tugasnya dalam membuat perahu dalam waktu semalam untuk menikahi Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibu kandungnya sendiri. Karena begitu kesalnya tidak dapat menyelesaikan pembuatan perahu tersebut, akhirnya Sangkuriang menendang perahu yang belum jadi tersebut hingga menjadi gunung.

Memasuki lokasi wisata, jalan beraspal yang berkelok-kelok ditemani pemandangan hutan di sisi kanan-kiri terlihat sepanjang perjalanan kendaraan saat melewatinya. Di kawasan gunung Tangkuban Perahu terdapat tiga kawah yang menarik untuk dikunjungi. Kawah tersebut adalah Kawah Domas, Kawah Ratu dan Kawah Upas. Kawah yang paling besar diantara ketiganya dan paling banyak dikunjungi adalah Kawah Ratu. Dengan beberapa jam berjalan kaki, kita bahkan dapat mengitari Kawah Ratu yang begitu luas sambil menikmati keindahan panorama Gunung Tangkuban Perahu.




Kawah Ratu
Nah jika kita datang kesini menggunakan bis, bis akan diparkirkan pada tempat parkir khusus bus yang letaknya kurang lebih 2-3 Km sebelum mencapai Kawah Ratu. Dari situ barulah perjalanan dilanjutkan dengan mobil ELF yang akan mengantarkan kita ke Kawah Ratu. Tapi kalau kita pergi kesini menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan dapat masuk ke dalam kawasan Kawah Ratu loh karena sudah tersedia tempat parkir kendaraan di dalamnya.

Kawah Ratu terlihat dari jalanan dengan dibatasi pagar kayu. Melihat dalamnya kawah, dinding-dinding kawah dan kepulan asap yang keluar dari dalam kawah ini menciptakan pemandangan yang benar-benar menggetarkan hati loh. Takjub, sungguh ya Tuhan itu Maha Besar. Hmm.. Pada umumnya tanah di sekitar Kawah Ratu itu berwarna putih, tapi ada juga batu belerang berwarna kuning. Batu-batuan besar, tanah yang kering dan gersang, padang pasir dan pepohonan kering menambah lengkap pemandangan yang menakjubkan ini. Dan jika kita ingin melihat kawasan Kawah Ratu ini dengan lebih jelas dan menyeluruh, kita bisa mendaki ke daerah yang lebih tinggi loh.




Foto ini sendiri saya ambil saat saya berusaha untuk menaiki daerah yang lebih tinggi di Kawasan Kawah Ratu lohh! Jadi tempat ini semacam padang pasir, menyusuri jalanan menuju Kawah lainnya yang ternyata mempunyai track yang lumayan panjang. Wow! Sayangnya, di tempat ini banyak tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab dengan menuliskan nama atau apalah disekitaran kawasan.


Selain itu di sekitaran tempat ini juga terdapat banyak toko-toko yang menjual berbagai souvenir seperti syal, topi kupluk, tas dan topi bulu, berbagai pajangan dari kayubatu alam, tanaman bonsai, alat musik (angklung) hingga senjata tajam khas daerah Jawa Barat turut dijual di lokasi ini dan berbagai aksesories lainnya loh. Lumayan juga untuk oleh-oleh untuk keluarga, keponakan atau pacar Anda barang kali, hehe. Oh iya ada juga penjual makanan dan minuman hangat seperti mie rebus, bandrek dan lainnya walaupun harganya yang agak sedikit 'tinggi'. Dan biasanya disekitar Kawasan Kawah Ratu juga terdapat penyewaan menunggang kuda untuk mengitari kawah yang mayoritas digemari oleh anak-anak.

Kawah Upas

sumber gambar: iqbalputra.wordpress.com


Kawah Upas terletak di sebelah Kawah Ratu. Saya sendiri pun setiap kali kemari belum pernah pergi untuk dapat melihat kawah ini karena harus melalui perjalanan panjang medan yang berbahaya katanya. Untuk mencapainya kita harus melewati jalan yang berpasir. Maka, sangat jarang pengunjung yang datang melihat kawah ini. Adapun bentuk Kawah Upas itu sendiri berbeda dengan Kawah Ratu. Kawah Upas lebih dangkal dan mendatar.



sumber gambar: http://ayowisata.wordpress.com


Kawah Domas

Lokasi Kawah Domas berada di lereng utara Gunung Tangkuban Parahu. Jaraknya hanya sekitar 1 km ke arah utara Kawah Ratu. Dari tempat parkir kendaraan, kita hanya perlu berjalan sedikit ke bawah kemudian akan terlihat gerbang menuju Kawah Domas. Nah, dari gerbang ini untuk menuju Kawah Domas pengunjung harus menyusuri jalan setapak di tengah hutan yang teduh oleh rimbunan pepohonan. 
sumber: travel
Serunya pada Kawah Domas, kita dapat lebih dekat dengan kawah. Bahkan, kita dapat mencoba merebus telur dengan memasukkannya ke dalam kawah. Oya tapi jika kita ingin melihat Kawah Domas melewati jam 16.00 WIB, kita diharuskan menggunakan jasa pemandu wisata.

Pengujung Kawah Domas juga nggak terlalu banyak loh. Jalan yang curam menuju Kawah Domas membuat orang berfikir ulang mengunjunginya karena harus melewati jalan mendaki yang menguras tenaga sepulangnya dari Kawah Domas. Padahal ada jalan pintas untuk mengunjungi Kawah Domas lohhh, jadi dari Gerbang Utama Tangkuban Parahu menuju Kawah Ratu di sebelah kanan jalan kita akan menemukan gerbang kecil menuju Kawah Domas. Jika melewati jalur ini jalan yang dilewati relatif datar dan tidak menguras tenaga. 

Sebenarnya sih katanya masih banyak kawah-kawah lain disekitaran Kawasan Gunung Tangkuban Perahu ini. Wisata akhir pekan disini juga bisa menjadi salah satu alternatif liburan kamu bareng keluarga atau dengan pacar misalnya.. ;)


Happy Holiday!

1 komentar:


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...