Langsung ke konten utama

E-commerce, masa depan marketing dalam bisnis!



Seiring berjalannya waktu, teknologi informasi dan komunikasi pun berkembang begitu pesat, hal ini termasuk perkembangan dunia online beserta berbagai perangkat pendukungnya. Perkembangan ini akan terus dan terus berjalan seiring dengan perkembangan peradaban manusia yang dipicu akan kebutuhan informasi secara cepat, tepat dan akurat. Dan tanpa disadari, kini berbagai aspek kehidupan kita, baik secara langsung maupun tidak, seperti cara belajar, cara bermain dan cara bersosialisasi lambat laun telah berubah selaju dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Para pebisnis tentu tidak mau melewatkan kesempatan emas saat melihat perkembangan ini sebagai salah satu sarana yang dapat menciptakan peluang pemasaran yang sangat besar, baik dari sisi peluang membangun ekuitas merek (branding) maupun peluang untuk meningkatkan penjualan. Dengan media ini, para pebisnis dapat mengembangkan bisnisnya dengan lebih efektif dan bahkan dengan biaya yang jauh lebih efisien jika memiliki strategi yang tepat. Media ini lebih dikenal dengan sebutan e-commerce.

Internet marketing sebenarnya sudah mulai populer di berbagai Negara maju sejak tahun 1999, dimulai dengan lahirnya berbagai mesin pencari dan email web based seperti yahoo, google dan beberapa mesin pencari lain. Kenyataannya, saat ini bagi sebagian orang internet sudah menjelma menjadi sebuah kebutuhan pokok karena dengan internet kita dapat memperoleh berbagai macam informasi terkini baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Juga banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan hanya dengan adanya koneksi internet, diantaranya, berbelanja secara online, online banking, kuliah online, sosialisasi online melalui facebook, twitter, serta berbagai jejaring sosial lain yang bahkan kini banyak dijadikan sebagai sarana advertising online.

Maka dari itu, para pelakon bisnis melihat dunia tanpa batas ini sebagai salah satu peluang yang sangat menggiurkan. Berdasarkan survey yang dilakukan, perkembangan bisnis berbasis online ini kian hari kian meningkat dalam berbagai sektor seiring meningkat pula jumlah penggunanya. Adapun jumlah pemakai internet di Indonesia sendiri yang terhitung cukup besar juga menjadikan Indonesia sebagai pasar yang begitu potensial untuk pemasaran bisnis secara online. Transaksi jual beli secara online ini bahkan sering dijumpai pada berbagai forum, mailing list, blog, website, bahkan social media terpopuler saat ini seperti facebook dan twitter.

Hal ini terlihat pada setiap kali membuka internet dan browsing di internet, banyak sekali iklan melalui web yang menawarkan berbagai jenis produk yang diperjual belikan dengan promosi online. Nah, setelah ini tugas seorang marketer-lah yang berperan penting untuk membuat media promosi ini efektif, bagaimana cara berkomunikasi efektif dengan para pelanggan, bagaimana membuat tampilan yang indah dan menarik beserta info lengkap mengenai produk atau jasa yang dijual agar para pelanggan tertarik dan berminat untuk membelinya.

Social media memang merupakan salah satu peluang potensial dalam memasarkan produk. Dengan mempertajam aktivitas marketing serta melakukan analisa secara mendalam mengenai perkembangannya, para pebisnis bisa tahu apa saja yang diinginkan konsumen dan selanjutnya mencari cara bagaimana untuk menyelaraskan dengan bisnisnya tersebut.  Yang penting diingat adalah bahwa social media dan sejenisnya tak lebih sebagai sarana saja, karena yang jauh lebih penting adalah bagaimana para pebisnis tersebut mampu mengoptimalkan pelayanan sehingga mampu melayani pelanggan sebaik mungkin sehingga para pelanggan puas dan bahkan melakukan repeat order. 

Dan saat ini ada satu lagi sarana teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam bisnis yakni pemanfaatan mobile device atau ponsel. Mobile device kini tak hanya sekadar alat komunikasi semata, lebih jauh alat satu ini kini telah menjelma sebagai fashion statement seseorang. Penggunaan smartphone dan gadget-gadget canggih sejenisnya bahkan nyatanya kini sudah menjelma sebagai salah satu kebutuhan primer, karena mobile device juga seiring perkembangan teknologi telah dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur yang dapat menunjang kegiatan bisnis. 

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, sadar atau tidak, mobile marketing adalah masa depan marketing. Dalam hal ini, ponsel adalah salah satu sarana yang sangat potensial untuk melakukan promosi, karena alat satu ini dapat selalu dibawa kemanapun kita pergi dan umumnya selalu dapat on selama 24 jam sehari. Bahkan dalam menjalankan bisnis online, beberapa bisnis menggunakan sistem dalam pengerjaanya, sehingga tugas para pebisnis tersebuth hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem. Dengan hal ini, setiap dering telepon, sms, maupun aplikasi dengan fitur koneksi internet bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan.

Kemampuan mobile device dipadu dengan teknologi informasi, dalam hal ini infrastruktur jaringan mobile broadband yang dapat mentransmisi pesan-pesan komunikasi, menciptakan kapabilitas konsumen dan model marketing yang baru. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu media promosi yang sangat kuat dengan penyampaian konstekstual dan real-time. Tentu saja hal ini dapat menjadi sinyal positif bagi para pebisnis. Meskipun demikian, para pelakon bisnis harus tetap berhati-hati dalam melakukan promosi melalui media ini, karena bagaimanapun tanggung jawab pemakai teknologi informasi dalam pemanfaatan dunia bisnis online sangat penting untuk diperhatikan. Peranannya disini adalah dengan tahu cara menggunakan teknologi informasi dan keterbatasannya dalam berbagai situasi, juga menggunakannya dengan benar dan sesuai dengan standar etika bisnis yang ada sehingga tidak melanggar hak, privasi dan keberadaan orang lain atau pesaing bisnisnya.

Cara promosi dengan mobile device ini haruslah kreatif dan sesuai standar etika bisnis. Karena apabila tidak, promosi yang dilakukan akan dianggap sebagai spam atau sampah semata. Namun, jika dilakukan sesuai standar etika yang benar, besar kemungkinan para pelakon bisnis bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Seiring berkembangnya penggunaan mobile device sebagai sarana promosi (mobile advertising), hal ini dengan sendirinya akan mengubah pola perilaku konsumen karena kemudahannya melakukan transaksi hanya dengan sekali klik. 

Selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah strategi apalagi yang harus disiapkan untuk dapat memenangkan pangsa pasar online yang begitu besar ini?





Artikel ini diikutsertakan dalam blog competition 'Padjajaran Blogpreneur Competition' dengan tema Pemanfaatan Teknologi dalam Bisnis.



Anggi Agistia

Komentar

Pos populer dari blog ini

Berendam Semalaman di Gracia Spa Resort Lembang

Bukan dalam rangka liburan, hanya sekedar main mendadak, sabtu kemarin saya dan teman-teman akhirnya memutuskan untuk pergi ke tempat pemandian air panas atau sejenisnya. Selain setelah udah lama nggak kumpul-kumpul, juga ingin refreshing menghilangkan penat rasanya. Jadi berawal dari pesan singkat pagi itu, saya sih mengusulkan hanya sekedar makan-makan, atau beli bahan-bahan dapur untuk seperti biasa saya masak dirumah wishu, atau membeli aneka makanan dan kemudian mengobrol sepanjang malam dirumahnya. Tapi salah satu teman justru malah mengajak pergi ke pemandian air panas setelah sorenya ia tiba di Bandung.

Dari rumah saya tidak terburu-buru, sengaja tidak datang on-time, sengaja pergi justru setengah jam setelah waktu kami janjian di rumah Rhais. Kenapa? Karena pasti tetap saya yang datang pertama, baiklah, dan feeling saya benar. Setelah maghrib masih belum kumpul juga, baru saya, Wishnu dan tentunya Rhais yang punya rumah.

Ba'da Isya barulah bermunculan, duh memang kebiasa…

[DIY] Membuat Gelang dari Pita

Dalam rangka ngga-ada-kerjaan-entah-harus-ngapain, jadilah saya iseng-iseng membuat aksesoris dari bahan yang sudah ada. Memang bukan kali pertama sih buat gelang dari bahan pita, tapi ini jahitnya pake benang kain bukan senar jadi agak kurang gimanaaa gitu, terus masih agak mencong-mencong. Haha tapi yasudahlah..
Iseng-iseng ini juga soalnya saya punya segulungan pita yang gak pernah dipakai, nah daripada dia bengong aja nganggur gitu mending saya pakai. Biar deh gelangnya gak bagus-bagus amat apalagi keren, yang penting buatan sendiri. Yeiyyy!
Bahan yang diperlukan untuk buat gelang ini hanya pita, jarum, benang (atau kalau ada senar supaya lebih kuat), manik mutiara, gunting dan lem tembak.

LANGKAH 1: Siapkan alat-alat. Siapkan jarum, benang dan pita. Sebaiknya ukuran ujung jarum disesuaikan dengan ukuran pita yang hendak digunakan, supaya gak susah saat menjahitnya.

Jalan-Jajan ke Jatim Park; Kota Wisata Batu, Malang!

Hari Sabtu kemarin saya berkesempatan berkunjung ke kota Malang, Jawa Timur dalam rangka suatu urusan tulis-menulis (uhuk!). Ya, suatu pengalaman pertama yang cukup mendebarkan dan menegangkan buat saya sebenarnya. Karena kesempatan mungkin tidak akan pernah datang dua kali. Bahasa kerennya sih, because second chances are rare, so waste your first chance wisely. Cieeeee..
Ya, awalnya sih sempat ragu dan berencana membatalkan kunjungan ke Malang karena satu dan lain hal yang nggak bisa ditinggalkan, urusan keluarga dan kantor. But, i just want to wasted my first chance wisely and here I go...
Pagi itu saya berangkat menggunakan pesawat AirAsia yang dijadwalkan terbang pukul 08.15 dari Kota Bandung. Setelah berperang dengan kemacetan pagi hari itu, pukul 07.30 saya tiba di bandara dan langsung check-in serta membayar airport tax lain sebagainya. Tapi ternyata sampai waktunya gate close dan terbang masih belum ada tanda-tanda akan keberangkatan.. delay. Sampai akhirnya pukul 08.45 kami …