29 Oktober 2012

My Handmade!

Akhirnya setelah sekian lama, saya bikin lagi kerajinan tangan lagi nih. Berhubung pas hari raya Idul Adha kemarin nggak pulang ke Bandung, jadilah saya membuat bros-bros kecil dari barang yang menurut saya sudah nggak terpakai lagi. Ceritanya sih mau reuse, reduce dan recycle gitu, ciee..


Jadi, setelah bongkar-bongkar isi lemari sama tempat harga karun alias tempat nyimpen segala macem aksesoris dirumah minggu lalu, saya mendapati ada banyak item yang sebenernya udah lama nggak saya pakai dan beberapa sudah tidak layak pakai. Dan memang mungkin udah dasarnya nggak mau diem, jadilah benda-benda ini ingin saya sulap jadi benda yang bisa dipakai lagi. Simsalabim! Lumayan, sambil ngisi waktu luang selagi nggak ada inspirasi buat nulis ceritanya sih.

Belum banyak sih yang saya buat, minggu lalu saya cuma sempet bikin 3 item bros aja ..dari tali sepatu bekas. Dan itupun belum sepenuhnya rapih, lagian peniti untuk nempel brosnya baru ada 2 biji. Tapi gapapa, mari berkreasiiiiiiii (!) \o/


Alat dan Bahan : 
  1. Lem tembak 
  2. Tali Sepatu
  3. Benang dan Jarum Jahit
  4. Gunting 
  5. Peniti bros 
  6. Lem serbaguna 
  7. Manik-manik/ kancing atau sejenisnya (hanya pelengkap) 


Pertama...
Benda pertama yang saya buat itu bros bunga. Nggak susah sih, jadi ceritanya si tali sepatu itu digulung-gulung sampai menyerupai bentuk bunga. Nah, sambil digulung, antara satu bagian sama bagian lainnya dijahit supaya nggak lepas.


Step 1

Step 2

Setelah merasa gulungan tali yang mau dibuat bros ini cukup, terus saya memotong tali dan menjahit sisanya ke bagian bawah supaya nggak keliatan. Nah, dari sini barulah ditempel ke peniti bros pake lem lilin tadi.
(Hampir) Selesai

Lalu hasilnyaaaa...

Bros Bunga

Ini sebetulnya belum bener-bener finishing, karena saya rencananya nanti mau pasang hiasan dan aksesoris lainnya biar lebih bikin bunganya ini lebih cantik. Tapi berhubung disini rasa-rasanya amat sulit cari bahan buat bikin kerajinan sejenis ini, jadi paling nanti setelah saya di Bandung baru deh cari-cari bahannya. 


Kedua..
Saya potong tali sepatunya kurang lebih sekitar 10 cm-an, lalu saya jahit diujung-ujungnya dengan jarak 1 cm dari ujung satu ke ujung lainnya. Ini supaya nanti saat tali ditarik itu lebih mudah.

Step 1

Step 2; Tali siap di gulung 

Nah, setelah selesai jahit tadi, tali sepatunya saya gulung sehingga jadi semacam ada kerutan-kerutan berbentuk bunga, hehe bunga lagi bunga lagiiiiii..

Step 3; Kerutan Tali

Abis itu, baru deh bikin satu lagi kerutan dengan panjang tali yang lebih panjang dari tali sebelumnya..

Step 4

Ready to fit up!

Yayyyyy! Ready.

Second Brooch! Yayyy!



Dan terakhir...
Hmm.. dan yang ketiga juga saya bikin bentuk bunga lagi, krikrik! Haha! Yasudahlah tak apa, mungkin memang sekarang ini saya lagi ngidam dikasih bunga gitu ..bunga bank. #okeskip #laincerita

Yang ketiga ini ceritanya sih buat ngabisin tali aja, berhubung sisanya juga nggak terlalu banyak jadi saya pikir dibentuk seperti ini pasti cukup. Jadi, saya potong tali berukuran kurang lebih 2 cm, terus setiap ujungnya dijahit jelujur gitu aja biar gampang.

Step 1; Separated

Nah, abis itu tiap bagian dari potongan-potongan tali digabung, tentunya dengan cara dijahit juga...

Step 2; Mix!

Step 3; All in One


And, Done! Yayyy!

Baru segitu sih yang saya buat, lumayan lah bisa dipake buat sendiri. Lain kali saya mau buat yang lebih kreatif aah, dengan catatan nggak ada dateline tulisan dan rasa malas, haha! Dasar.





Oya, beberapa minggu lalu juga saya buat tas, bukan tas biasa, tas ini saya buat dari bekas rok saya yang sudah nggak terpakai. Lumayan, buat dipake main. Tapi karena nggak ada niat untuk share, saat itu sama sekali saya nggak buat dokumentasi pas bikin.

Walaupun masih pake jahitan tangan dan belum sepenuhnya rapi, tapi lumayan kuat kok bisa dipake main asal jangan bawa barang yang berat-berat aja di dalem tasnya, hihi.



xxo,
agistianggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...