28 Oktober 2012

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Para Pemuda!

"Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia."
28 Oktober 1928

84 tahun silam, tepatnya 28 Oktober 1928 ikrar ini disuarakan oleh kelompok pemuda-pemuda dari berbagai daerah di Tanah Air kita, Indonesia. Saat itu, mereka berkumpul untuk satu tekad bersama, untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dikenal sebagai Sumpah Pemuda!

Dan tepat di hari ini, hari setelah 84 tahun yang lalu ikrar itu beramai-ramai digema-kan, hari ini peringatan itu diperingati kembali oleh seluruh rakyat Indonesia. Salah satu tujuan utama dari adanya sebuah acara peringatan adalah untuk mengingat kembali rentetan kejadian dalam sejarah agar tidak tergerus jaman dan terpatri dalam ingatan setiap generasi bangsa. Bukan begitu?! 

Sejarah, bukan salah satu pelajaran yang terlalu saya sukai saat duduk di bangku sekolah dasar. Seingat saya, dulu, tidak pernah saya mendapat nilai ujian lebih dari 70 untuk mata pelajaran yang satu ini. Ah, sungguh daya ingat saya untuk mengingat tanggal sangat buruk. Sedangkan dalam hidup, beberapa sejarah itu saya beri nama masa lalu, yang terkadang harus dicabut sampai akarnya agar tidak meninggalkan jejak untuk masa depan. Ha! 

Menurut saya, Sumpah Pemuda bukan semata berbicara mengenai cinta Tanah Air, bukan semata sebagai suatu peringatan dan pelengkap pengetahuan, tapi esensi dari ikrar Sumpah Pemuda yang identik dengan semangat persatuan inilah yang harus terus dilestarikan secara nyata dan berkelanjutan. 

84 tahun yang lalu, Sumpah Pemuda dicetuskan karena adanya sebuah mimpi akan negara yang merdeka dan berdaulat, Sumpah Pemuda merupakan salah satu bentuk gambaran ikrar para pemuda dalam menjunjung persatuan untuk Kemerdekaan Indonesia. Sedangkan saat ini, ikrar Sumpah Pemuda harus terus digemakan oleh para pemuda untuk terus mempertahankan sikap cinta Tanah Air, namun dengan medan perang dan cara yang berbeda. Mereka, para pemuda, dipercaya merupakan generasi penerus yang akan menentukan masa depan bangsa. Semoga semangat Sumpah Pemuda dapat menginspirasi para pemuda untuk memiliki suaatu tekad dan keinginan untuk berbuat hal yang lebih bermakna, tidak untuk dirinya sendiri tapi untuk masa depan bangsa. Maka dari itu, ayo terus maju para pemuda-pemudi Indonesia!



Selamat Hari Sumpah Pemuda, Pemuda-Pemudi Indonesia! \o/


Salam,
Anggi Agistia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...