Nostalgia Permainan Anak Tahun 90an!

Hari ini tiba-tiba saya dapet sebuah broadcast dari teman lama, teman semasa jaman SMP, jaman waktu masih culun-culunnya hihi. Jadi broadcast ini ceritanya soal apa-apa aja yang sempat menjadi trend dikalangan anak yang lahir sekitaran tahun 1980-1990an gitu deh. Lucu juga sih memang kalau diingat. Dan kalau mau dipikir lebih jauh, jamannya dulu saya kecil itu model-model mainan atau hiburannya jauuuuuuuuuuuuh banget sama anak jaman sekarang ini. Duh.

Saat membaca isi broadcast tersebut saya senyam-senyum sendiri membayangkan masa kecil saya. Tapi sayangnya seiring majunya jaman disertai teknologi, perlahan tapi pasti permainan-permainan itu hilang ditelan waktu..

Saya masih ingat dulu ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, saya rajin ke toko kaset untuk membeli album para penyanyi cilik.. Sherina Munaf yang terkenal dengan lagu 'Dia Pikir' featuring Derby Romero di Petualangan Sherina, Joshua yang terkenal dengan lagu 'Diobok-obok', Chikita Meidy, Maisy dan masih banyak lagi.. Coba bandingkan sama lagu anak-anak jaman sekarang. Bahkan yang saya lihat penyanyi anak-anak pun bergenre cinta-cintaan. Alamakkkkk..

Terus dulu itu pas SMP banyak banget kejadian temen-temen bawa komik Doraemon, Dragon Ball, Kungfu Boy atau Conan ke kelas lalu disita guru. Nggak tau deh anak jaman sekarang masih kayak begini apa nggak.. Yang lebih lucu, dulu jamannya anak laki rebutan main dingdong, atau mungkin yang punya uang dibeliin nintendo, sega atau gameboy buat main game Mario Bross sama Sonic. Oya, ada juga nih depan sekolah abang-abang yang nyewain gameboy gitu 500 rupiah entah per setengah jam apa per berapa menit, saya sendiri lupa.

Dulu Tamagochi satu-satunya permainan canggih yang saya punya. Didalam tamagochi kita bisa memelihara hewan secara virtual. Ah, saat itu berasa paling canggih deh.. Perawatannya juga nggak kalah sama hewan asli, tiap hari kita harus mandiin, ngasih makan, belajar, ngajak main, olahraga, tidur dan bahkan 'pup' virtual.. Oya, bawa ke dokter juga kalau sakit dan bahkan bisa sampe meninggal. hihihi lucu banget lah kalau diinget-inget.


Oya, ada juga permainan monopoli dan ular tangga. Aduh kayaknya udah lama banget saya nggak main mainan semacam ini. Kangen rasanya. Maklum, masa kanak-kanak saya tumbuh kembang dengan mainan-mainan semacam ini, hihi. Betapa waktu main monopoli dengan dramatisnya kadang jadi berasa kaya beneran kalau ada lawan yang tiba-tiba harus berhenti di Negara yang sudah kita beli. Udah gitu setiap ada kesempatan bangun rumah terus-terusan bahkan sampai hotel segala supaya makin mahal harganya.. Belum lagi kalau tiba-tiba kita jatuh miskin kehabisan uang atau harus masuk penjara yang ekspresi depresinya berlebihan, hoalaaaah masa kecilkuuuu.. Nah, main kwartet juga nggak kalah seru, kalau kalah mukanya dicoret pakai bedak. Waaaaa~


Lagi nih, jaman dulu ponsel atau handphone masih jadi barang langka karena harganya yang terbilang cukup tinggi, apalagi untuk dipakai anak-anak. Lain halnya sekarang ini, anak SD kelas satu udah megang gadget super canggih ..liat anak SD main Ipad, pake BlackBerry keluaran paling terbaru atau boyong-boyong PSP bukan lagi hal langka. Saya ingat jaman dulu, waktu pager, telpon koin dan wartel, atau yang lebih canggih sedikit ya telpon kartu masih berjaya.. Setiap kali ingin menelpon harus ke wartel atau kalau mau telpon kecengan jailin gitu cari telpon koin pinggir jalan terus kalo udah diangkat telponnya langsung tutup. Halah nggi kelakuan.




Masih inget permainan congklak, galah jidar, engkle atau bola bekel? Buat anak laki yang paling sering dimainkan paling adu kelereng, terus kumpulin tazos dari chiki gitu ya.. Aduh itu mainan paling mengasyikan sepanjang masa buat saya karena setiap main pasti menang.


Hmm.. sebetulnya masih banyak mainan tradisional yang biasa saya mainkan. Apa masih anak-anak jaman sekarang main mainan ini? Atau malah permainan ini udah ada versi digitalnya? Anak-anak zaman sekarang sepertinya nggak mengalami masa menyenangkan itu ya? Sepertinya mereka lebih asyik dengan mainan seperti play station, atau bahkan sekarang nintendo wii. Memang canggih sih, tapi kok sepertinya sepi ya? Terlalu sepi ah untuk masa anak-anak. Hehehe.



  
Wah, nggak ada habisnya ini nostalgia jaman anak-anak rasanya..

Oh! saya ingat dulu lagi booming sepatu sekolah yang bagian bawah belakangnya ada lampu nyala kedap-kedip, kalau nggak pake rasanya jadi anak paling buruk rupa deh. Hih ampun. Terus terus beli jam G-Shock yang lampunya bisa hidup gambar lumba-lumba dan ada suaranya. Yang nggak kalah kontroversial itu waktu booming pulpen yang wangi kalau dipake, konon pulpen ini ada kandungan narkobanya, haduuuuh.




Sekarang ini, seiring berkembangnya jaman, anak-anak sudah jauh dari permainan-permainan tradisional dan malah lebih akrab dengan permainan yang berbau teknologi tinggi. Yap! Gadget disertai koneksi internet sudah jadi konsumsi bagi sebagian besar anak jaman sekarang terutama di kota-kota besar.

Bagi saya, internet bagaikan pedang bermata dua, di satu sisi tidak bisa dipungkiri banyak informasi positif yang bisa diambil.. tapi juga di sisi lain banyak konten negatif yang tidak layak dikonsumsi terutama oleh anak-anak di bawah umur. Untuk itu penting sekali bagi para orang tua untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak dalam menggunakan internet (parental control).


Selanjutnya, semoga di hari mendatang permainan-permainan ini tetap masih bisa dinikmati oleh seluruh anak indonesia.. dan jangan sampai hanya jadi sebuah kenangan nostalgia bagi anak-anak 90an hihi.


Salam anak 90an!
agistianggi