Perjuangan dalam Perjalanan untuk Pulang...



......Perjalanan akan membuatmu mengerti apa arti kata rumah dan pulang.


***

Lagu yang tersalur melalui earphone mengalun pelan dari list musik handphone saya, begitu mengena dengan suasana selama menemani perjalanan saya dari Jakarta menuju Surabaya.

Pemandangan indah melalui kaca jendela yang terlihat menjadi suatu kenikmatan tersendiri bagi setiap mata yang melewatinya. Pematang sawah yang terhampar hijau berpadu dengan langit biru menghasilkan nuansa yang begitu syahdunya. Sesekali waktu terbangun dan mendapati deburan ombak di lautan saat melewati jalur pantai utara. Lain waktu tersadar bahwa kereta sedang berada diatas rel yang dibawahnya merupakan sungai yang deras arusnya.

Ini perjalanan saya...

***

Saya termasuk orang yang senang berjalan, bagi saya berjalan layaknya memberikan suatu ketenangan juga kesenangan. Setiap orang pasti punya alasan untuk memulai sebuah perjalanan, mengunjungi suatu tempat, berpindah dari suatu keadaan ke suatu keadaan lainnya, atau definisi lain yang mungkin banyak macamnya. Saya tidak tahu apa alasan kebanyakan orang berjalan, tapi orang bijak bilang sebuah perjalanan akan mengajarkan pelakunya tentang makna yang sesungguhnya dari ‘rumah’ dan ‘pulang’. 

Perjalanan perdana saya lakukan beberapa tahun lalu untuk belajar di Ibu Kota dan sekaligus juga bekerja di salah satu kota Kawasan Industri Baja. Menumpuknya tugas kuliah disertai padatnya pekerjaan juga ternyata bukan hal yang gampang untuk dilaksanakan. Pengalaman pertama berpindah ke kota orang, jauh dari kenyamanan, jauh dari rasa aman, tanpa ada sanak saudara bahkan seorang kenalan disana awalnya sangat berat terasa. Tapi perlahan waktu mengajarkan segalanya. Menjadikan setiap waktu yang berlalu dan kejadian sebagai pengalaman. Sebagai pelajaran.

Perjalanan bukan hanya soal travelling, berlibur atau berjalan-jalan semata. Perjalanan bagi saya mempunyai banyak makna, terlebih tentang kehidupan dan segala ornamen didalamnya. Perjalanan perdana ini seolah jadi pintu awal dari begitu banyak hal yang terjadi dalam beberapa tahun belakangan. Hobi travelling, mengunjungi satu demi satu kota ..mulai sebagian besar Pulau Jawa dari Barat, Tengah sampai Timurnya, menelisik keindahan Banten hingga ujungnya, Pulau Madura lewat Suramadu-nya, menyeberangi lautan untuk sampai di tanah Sumatera dan beberapa kota lainnya. Menjelajahi setiap inchi sudutnya, menikmati panorama alam budayanya, mencicipi makanan khasnya, mengamati keramahan penduduk didalamnya.. dan segala aneka macam pelajaran dan kesenangan yang hanya bisa kamu dapatkan dengan melakukan perjalanan. Setiap kota masing-masing memiliki ciri khasnya, memiliki makna tersendiri bagi setiap pengunjungnya.

Bulan kedua di tahun 2014 ini sudah terlewati lebih dari setengahya. Kalau menengok lagi ‘catatan perjalanan’ sebelumnya, banyak hal luar biasa yang sudah terlewati ternyata. Masa-masa tinggal dan berpindah dari satu kota ke kota lain rasanya ada asin ada manis dan pahit juga. Dan sekarang pun demikian, masih menunggu akan ditempatkan di kota mana kemudian berkenaan dengan pekerjaan. Lagi lagi harus melakukan perjalanan. Entah di sudut kota mana di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan mungkin Irian Jaya, syukur-syukur dapat di Pulau Jawa.. Entahlah.

Saya percaya bahwa Tuhan telah menakdirkan setiap orang untuk sebuah perjalanan. Perjalanan hidupnya masing-masing. Jika diibaratkan perjalanan itu seperti layaknya garis-garis tangan kita yang seperti peta, kita hanya perlu mengikutinya. Bagi sebagian orang sebuah perjalanan terkadang amat terjal dan berliku. Bagi sebagian lainnya perjalanan terkadang begitu amat terasa membosankan, sedang sisanya merasa itu merupakan hal yang harus dinikmati karena menyenangkan.

dan perihal..

pulang.

Sebuah kata yang mungkin tidak akan lama lagi menjadi keinginan. Sebuah kata yang selama ini terkatup rapat dalam dada. Belum ada rasa 'terlalu' untuk ingin segera pulang saat ini, tapi pada dasarnya setiap orang butuh pulang. Setiap orang butuh kembali ke sebuah tempat dimana ia ‘berasal’.

Mau bagaimana pun, rumah adalah tempat terbaik untuk pulang. Rumah menjadi sesuatu hal yang banyak orang dambakan. Rindu pulang karena rindu percakapan sederhana dengan orang-orang didalamnya. Dan bagi saya, rumah adalah tempat berdiskusi yang menyenangkan. Tapi terkadang kita harus pergi menjauh meninggalkan orang tersayang untuk tau apa arti sesungguhnya dari rumah dan pulang. Bagi saya, rumah terbaik adalah tempat yang bisa membuat kita merasa nyaman dan aman. Sebuah tempat dimana segala hal terasa selalu dirindukan.

Pulang, bukan berarti akhir. Ia adalah semacam labuhan. Dimana disana ada rindu panjang yang selama ini tertahan. Kamu ingin pulang untuk melepaskan segala rasa yang selama ini kamu tahan. Atau mungkin terkadang kamu ingin pulang, karena kamu terlanjur letih berjalan sendirian.

Ketika menuliskan ini ada sebuah pertanyaan besar di dalam hati bahwa, kapankah waktu yang tepat untuk pulang? 

Nanti..

Saat kedua orang tua sudah bangga bahwa gadis kecilnya kini sudah menjelma menjadi wanita dewasa yang bertanggung jawab untuk membuat dirinya berguna.

Nanti..

Ketika saya sudah jadi 'siapa-siapa'.. 

Nanti..

Ketika sudah mejadi 'apa-apa'..

Nanti..

Ketika jalan yang benar menuntun saya menuju hal-hal yang besar.

Ketika perjalanan panjang penuh rintangan ini sudah bisa saya taklukan.

Nanti..

Belum sekarang...


Karena perjuangan sesungguhnya baru dimulai!





...and light will guide you home.



***

Tulisan ini diikutsertakan dalam #NubieTraveller Monthly Blog Competition bertema “Pulang” dari TravellersID