1 Juli 2014

Kejutan Setelah Perjuangan Panjang

Kisah suka duka selama OJT ada begitu banyaaaaaaaaak rasanya, walaupun saya rasa tetap lebih banyak suka daripada duka selama tinggal di Prabumulih. Mulai dari awal OJT yang diberi Manager super duper baik, difasilitasi rumah dinas dan mobil dinas, lingkungan yang luar biasa juga baiknya, hingga pindahnya Manager diganti yang baru, pindah ke sebuah ruko milik salah satu pegawai, sampai aneka satu dua urusan personal yang beberapa kali bikin jengkel hahaha. Tapi selebihnya sih tetap bersyukur. 

Selepas Evaluasi Progress Project pertama pertengahan Mei, kami ditugaskan untuk membuat semacam telaah staf dan 'suatu hal' untuk dimasukkan dalam Science & Technology Olympiad yang memang rutin dilakukan diakhir program. Dari awal mulai pembagian kelompok sampai penentuan tema yang bikin galau segalau galaunya sampai H-10.. akhirnya kami membagi jadi dua tim dengan dua tema berbeda.

Yah, setidaknya banyak pelajaran yang diambil dari masa-masa itu, bagaimana seharusnya bertindak, belajar bagaimana menahan ego dan emosi sesaat, belajar untuk mau mendengarkan pendapat orang lain, dan yang terpenting bagaimana belajar mendahulukan kepentingan kelompok diatas kepentingan pribadi. Tentu, disatukan dengan 12 isi kepala dan sifat yang berbeda bukan soal mudah, kan?

and here we goooo....


Sejak ikut organisasi dari jaman SMA hingga training-training pekerjaan sebelumnya, saya selalu diajari untuk tidak mengatakan 'saya' atau 'aku' untuk hal-hal dalam urusan tim, yang ada hanya 'kami' atau 'kita'. Karena ketika kita mengatakan 'saya' atau 'aku' menggambarkan seolah-olah hanya kamu yang mengerti, hanya kamu yang bekerja dan seolah yang lain tidak tahu apa-apa. Katanya sih demikian.. 

Karena dalam sebuah tim tidak boleh ada seorang 'SuperMan', yang ada hanya SuperTeam!




Laporan ini dibuat seadanya, karena memang pengerjaannya berbarengan dengan laporan akhir utama Project kami di unit OJT tersebut. Entah kenapa, dari awal memang sudah tidak bersemangat tentang laporan ini karena ini memang bukan tugas inti utama kami tapi tetap dikerjakan dengan semaksimal mungkin.

Penat, jenuh, malas, jengkel semua sempat campur aduk terjadi saat pembuatan laporan. Cuma inget satu hal sih kuncinya, 'Yang penting lulus titik!' Bukan soal jadi juara, bukan soal hadiah yang nanti akan didapatkan. Bukan. Hanya satu hal yang membuat kami semua semangat mengerjakan semua di detik-detik akhir. Hingga hari yang ditunggu-tunggu itupun datang..


Detik-detik sebelum eksekusi Tim STO Niaga 5
Presentasi itu dinilai oleh dua orang, satu orang dari Pusat dan satu orang dari Wilayah. Selesai? Alhamdulillah. Lancar? Yang ada kami dicecar habis-habisan! hahaha. Tapi kembali ke point awal lagi, yang penting semua ini terlewati, semua ini tamat, selesaaaaaaaaaaai..

Keesokan harinya acara mulai tidak karuan, teman-teman berhamburan entah kemana menunggu giliran untuk presentasi didepan penguji atas hasil inovasi yang mereka rancang sebaik-baiknya. Dan kami sendiri speechless karena yang lain benar-benar all out, sedangkan kami kemarin hanya membuat sebuah metodologi yang itupun alakadarnya. Tapi semua bukan soal itu, bukan soal ingin jadi juara bla bla bla. Bukan.

Sebelum pulang 4 kelompok dari 4 bidang berbeda dipanggil, Tim Transmisi, Tim Pembangkit, Tim Distribusi dan kami, Tim Niaga. Shock, takut dan hal sejenisnya membuat kami sempat terdiam, katanya kami disuruh membuat ulang makalah dan presentasi kemarin. Jleb! Setelah dikumpulkan, akhirnya terdengar ucapan selamat karena kami menjadi yang terbaik diantara hasil-hasil yang terbaik teman-teman lain. 


Alhamdulillah, tim kami menjadi Juara 1 dalam bidang Niaga Science & Technology Olympiad. Alhamdulillah. Kami yakin bukan isi atau output dari apa yang kami hasilkan, bukan, tapi dari maksud dan usaha kami berupaya agar hal tersebut dapat diaplikasikan dan bermanfaat bagi orang sekitar terutama unit pada saat itu.



Terima kasih untuk Tim PSk
Terutama Tim Niaga 5, A Erik & Asti atas kerjasamanya!
Wohoooo~



Palembang, 27 Juni 2014
Detik-detik pengumuman penempatan..

2 komentar:


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...