22 Agustus 2014

Pura Bali? Bukan ini di Bangka!


Saat memasang foto pura ini di social media banyak teman yang bertanya kenapa saya tiba-tiba berada di Bali? Eits, jangan salah, saya sedang berada di Pulau Bangka loh.

Bulan Februari lalu, Yayasan Bakti Kerti Hindu Dharma meresmikan Pura Jagad Nata Surya Kencana yang berlokasi di kawasan Tanjung Bunga, Kelurahan Temberan Pangkalpinang. Pura ini merupakan satu-satunya tempat ibadah umat Hindu yang dibangun di kota Pangkalpinang.

Seperti yang diketahui bahwa memang Kepulauan Bangka Belitung ini terkenal akan keanekaragaman masyarakatnya dalam memeluk agama yang diyakini. Nah, walaupun Pura ini dibangun untuk tempat ibadah umat Hindu, tetapi tetap dibuka untuk umum jika ingin berkunjung. Tentu, dengan mematuhi batasan tertentu yang telah ditetapkan.






Untuk dapat masuk kita diminta sumbangan sukarela tanpa patokan harga dan diberi selendang untuk memasuki Pura. Oya, ada beberapa peraturan untuk dapat masuk kemari. Pengunjung diharapkan datang dengan niat dan hati yang bersih serta tidak sedang datang bulan bagi perempuan. Satu lagi, selama didalam Pura pengunjung dilarang untuk melepas selendang.



Oya, di Pura ini juga terdapat seorang penjaga yang merupakan orang Bali asli. Bapak ini sangat ramah sekali kepada pengunjung, bahkan saat kami meminta tolong untuk memfoto bapak tersebut dengan bersemangat membantu kami. Di Bangka ini memang saya rasa toleransi antar umat beragamanya sangat tinggi, sungguh indah rasanya.

Jadi, jika sedang berkunjung ke Bangka, kalian bisa mampir ke Pura Jagad Nata Surya ini  sssstttt pasti orang-orang mengira kamu sedang berada di Bali.


Pangkalpinang, masih dalam euforia karnaval 17 agustusan..

6 komentar:

  1. karena pura identik dengan Bali, ya. JAdi, banyak yang langsung menyangka itu di Bali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun, emang bangunannya persis kayak Pura di Bali :D

      Hapus
  2. Kalau mau ke situ, harus berjaga2 dengan bulan, ya. :D
    Kamu udah ke pulau Kepayang belum, Gis?
    Katanya cantik juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, belum ke Belitong aku, baru keliling seputaran Bangka aja nih.
      Tapi segera meluncur kesana :D

      Hapus


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...