Langsung ke konten utama

[DIY] RESEP BOLU 'GOODLUCK' KUKUS RASA MOCCA!

Selingan aah~ sedang mencari ide untuk beberapa bahan tulisan, minggu lalu saya saking mentoknya jadi bingung mau ngapain. Sudah gulang-guling di kasur, bosan, nonton TV, bosan, lihat sosmed, bosan, nelpon orangtua dan adik sejam, terus balik lagi ke laptop, mentok, lanjut nyiram-nyiram bunga depan kosan, kelar, tiduran diruang tengah lagi, dengerin musik, buka sosmed lagi, gitu aja terus sampai ladang gandum dihujani meteor coklat dan jadilah koko krunch :( Akhirnya saat buka kulkas baru kepikiran bikin kue saat lihat masih ada sisa tepung terigu dan aneka bahan kue lainnya. 

Berhubung belum sanggup beli oven apalagi microwave haha jadi cari alternatif hemat ala ala sempat beli kukusan beberapa minggu lalu dan belum sempat dipakai. Pokoknya punya oven harus jadi resolusi tahun 2016! Kemarin sih sempat cari-cari oven di MatahariMall.com udah ngincer satu oven yang harganya cukup terjangkau, semoga kesampaian :D Jadi sebelumnya sempat bikin bolu kukus ala ala tapi gagal dan bantet walaupun rasanya masih layak untuk dimakan. 


Oya, selain belum punya oven saya juga belum punya mixer haha emang nggak modal banget yak. Adapun blender buat masak tapi masa iya bikin kue pake blender, akhirnya berbesar hati dulu beli kocokan manual karena lagi lagi lihat harga mixer yang cukup mahal. Ya kali temen-temen, mbak-mbak, atau bunda-bunda sekalian punya usaha cicilan tanpa bunga boleh lah japri #ehgimana. Pokoknya ritual saya sebelum melakukan sesuatu ada tiga: 1). Menguatkan tekad, 2). Setel lagu dari laptop, 3). Jauhkan bantal dan Instagram. Done!

Sayangnya saat cari kertas untuk bolu kukus dibeberapa toko kue, nggak ada ukuran yang kecil jadilah ukuran besar dipaksa-paksa jadi kecil. Ya gapapa namanya juga belajar. Berbekal menu resep dari cookpad taraaaa dimulailah pembuatan Bolu 'Goodluck' Kukus rasa Mocca hari itu. Kenapa Goodluck? Soalnya ini perdana saya bikin sendiri. Yeiy.


Barangkali ada temen-temen senasib sepenanggungan, sesama anak rantau ataupun cuma iseng kayak saya coba-coba sambil belajar nih ada resep bikin bolu kukus tanpa harus ada mixer :D
  • 200 gr Tepung Terigu
  • 100 gr Gula Pasir
  • 2 butir Telur Ayam
  • 1 sdt Vanili
  • 1 sdt Baking Powder
  • 1/2 sdt soda kue / bisa diganti Sprite
  • 100 ml Minyak Sayur
  • 20 gr Susu Bubuk
  • Essence Rasa Mocca secukupnya



Porsi : untuk 8 kue



Cara membuat :

  1. Pertama masukkan telur dulu ke dalam mangkok yang ukurannya agak besar lalu kocok sampai mengembang,
  2. Masukkan gula pasir, kocok sampai dengan tercampur dan tidak terlalu kasar,
  3. Campur semua bahan kue lainnya ke dalam adonan,
  4. Setelah dirasa 'lentur' adonannya barulah masukkan tepung terigu dan aduk perlahan, terakhir campur sprite secukupnya,
  5. Bagi 2 adonan, kemudian beri pasta mocca di salah satu adonan, yang lainnya biarkan putih saja,
  6. Siapkan cetakan dan taruh kertas cupcake bolu kukusnya. Oya sebelumnya siapkan dulu kukusan, pada tutupnya diberi lap supaya uapnya nggak netes kena kue saat dikukus.
  7. Isi setengah adonan putih pada cetakan lalu tambahkan sedikit adonan coklat, atau sebaliknya sesuai selera aja.
  8. Kukus selama kurang lebih 10-15 menit.



......dan TARAAAAAAA~ BOLU KUKUSNYA JADIIIIII!!! Hahaha, saya excited sendiri saat tahu bolu kukusnya berhasil mengembang dan nggak bantet. *terharu*


Nggak ada mixer, nggak ada soda kue, dengan bahan sarana dan prasara yang seadanya akhirnya jadi juga. Walaupun penampilannya nggak secantik yang diharapkan, ya gitu emang... kadang yang diharapkan nggak sesuai dengan kenyataan #ehgimana *kemudian curhat* *kemudian baper* hahaha sudah sudah mari pulang dulu~ Lain waktu kita coba yang lebih menantang, blackforest atau cheesse cake, maybe?! Ciao!


Kantor. 18.04. Meja Pojok. Menjelang weekend! 
Yeeaaaaaay!


Komentar

  1. Ahh...enak banget kayaknya. Pengen nyicipin kue bolunya. :D

    BalasHapus
  2. Wis banyak juga ya bahan bahannya, gak papa deh langsung caw ke pasar.

    BalasHapus
  3. mbak anggi boleh nyicip dikit gak, hehe. liatnya aja jadi kepengen. makasi mbak ntar coba deh kami buat

    BalasHapus
  4. mocanya yang jadi paporit, jika kemudian di padupadankandengan bolu kukus pasti lebih makjleb dong ah

    BalasHapus
  5. Kalo bolu gini, aku kurang suka
    Mau nya resol atau martabak telor aja dech #laluDikeplak

    BalasHapus
  6. kayaknya enak tuh mba, jadi kangen masakan rumah nih :)

    BalasHapus

Poskan Komentar


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Pos populer dari blog ini

Berendam Semalaman di Gracia Spa Resort Lembang

Bukan dalam rangka liburan, hanya sekedar main mendadak, sabtu kemarin saya dan teman-teman akhirnya memutuskan untuk pergi ke tempat pemandian air panas atau sejenisnya. Selain setelah udah lama nggak kumpul-kumpul, juga ingin refreshing menghilangkan penat rasanya. Jadi berawal dari pesan singkat pagi itu, saya sih mengusulkan hanya sekedar makan-makan, atau beli bahan-bahan dapur untuk seperti biasa saya masak dirumah wishu, atau membeli aneka makanan dan kemudian mengobrol sepanjang malam dirumahnya. Tapi salah satu teman justru malah mengajak pergi ke pemandian air panas setelah sorenya ia tiba di Bandung.

Dari rumah saya tidak terburu-buru, sengaja tidak datang on-time, sengaja pergi justru setengah jam setelah waktu kami janjian di rumah Rhais. Kenapa? Karena pasti tetap saya yang datang pertama, baiklah, dan feeling saya benar. Setelah maghrib masih belum kumpul juga, baru saya, Wishnu dan tentunya Rhais yang punya rumah.

Ba'da Isya barulah bermunculan, duh memang kebiasa…

[DIY] Membuat Gelang dari Pita

Dalam rangka ngga-ada-kerjaan-entah-harus-ngapain, jadilah saya iseng-iseng membuat aksesoris dari bahan yang sudah ada. Memang bukan kali pertama sih buat gelang dari bahan pita, tapi ini jahitnya pake benang kain bukan senar jadi agak kurang gimanaaa gitu, terus masih agak mencong-mencong. Haha tapi yasudahlah..
Iseng-iseng ini juga soalnya saya punya segulungan pita yang gak pernah dipakai, nah daripada dia bengong aja nganggur gitu mending saya pakai. Biar deh gelangnya gak bagus-bagus amat apalagi keren, yang penting buatan sendiri. Yeiyyy!
Bahan yang diperlukan untuk buat gelang ini hanya pita, jarum, benang (atau kalau ada senar supaya lebih kuat), manik mutiara, gunting dan lem tembak.

LANGKAH 1: Siapkan alat-alat. Siapkan jarum, benang dan pita. Sebaiknya ukuran ujung jarum disesuaikan dengan ukuran pita yang hendak digunakan, supaya gak susah saat menjahitnya.

Jalan-Jajan ke Jatim Park; Kota Wisata Batu, Malang!

Hari Sabtu kemarin saya berkesempatan berkunjung ke kota Malang, Jawa Timur dalam rangka suatu urusan tulis-menulis (uhuk!). Ya, suatu pengalaman pertama yang cukup mendebarkan dan menegangkan buat saya sebenarnya. Karena kesempatan mungkin tidak akan pernah datang dua kali. Bahasa kerennya sih, because second chances are rare, so waste your first chance wisely. Cieeeee..
Ya, awalnya sih sempat ragu dan berencana membatalkan kunjungan ke Malang karena satu dan lain hal yang nggak bisa ditinggalkan, urusan keluarga dan kantor. But, i just want to wasted my first chance wisely and here I go...
Pagi itu saya berangkat menggunakan pesawat AirAsia yang dijadwalkan terbang pukul 08.15 dari Kota Bandung. Setelah berperang dengan kemacetan pagi hari itu, pukul 07.30 saya tiba di bandara dan langsung check-in serta membayar airport tax lain sebagainya. Tapi ternyata sampai waktunya gate close dan terbang masih belum ada tanda-tanda akan keberangkatan.. delay. Sampai akhirnya pukul 08.45 kami …