11 Mei 2016

MAGELANG; DARI BOROBUDUR SAMPAI KETEP PASS

Magelang merupakan nama sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke sini, akan mampir terlebih dahulu ke Yogyakarta, karena memang jaraknya tidak jauh atau memang hanya bisa ditempuh melalui kota ini via transportasi udara. Seingat saya, dulu, terakhir kali mengunjungi Magelang di tahun 2013 bersama beberapa orang teman kantor dengan ditemani seorang 'guide' lokal yang merupakan sahabat komunitas salah seorang teman saya.

Dan bagi kamu yang menyempatkan untuk berkunjung ke Magelang, ada beberapa tempat yang sangat dan harus kamu kunjungi. Kalau kamu mau menginap di sini, tersedia juga banyak hotel tempat kamu menginap selama berwisata di sini, seperti terlihat di link ini.

1. BANGUNAN BERSEJARAH CANDI BOROBUDUR
Candi ini merupakan candi yang sangat terkenal. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang, relief pada dinding candi ini sangat banyak mencapai 2.672 buah relief. Candi Borobudur juga merupakan candi dengan jumlah relief terbanyak di dunia. Konon, candi ini merupakan candi termegah di Asia tenggara yang mulai di bangun pada tahun 1824 M.



Candi Borobudur (dok. pribadi)
Kalau kamu ingin datang kesini tapi tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa mencari trasnportasi umum dan juga murah. Misalnya jika pergi dari Bandara Adisucipto, kita bisa meneruskan perjalan dengan naik Bus Damri atau Trans Jogja ke Terminal Jombor Sleman DI Yogyakarta. Tarifnya sangat murah hanya Rp. 3.000 saja. Setelah dari terminal Jombor kamu bisa naik bus dengan jurusan Jombor- Borobudur dengan warna- warna yang mencolok. Untuk tarif Jombor- Borobudur akan dikenakan biaya Rp. 10.000 untuk turis lokal dan Rp. 20.000 untuk turis mancanegara. Tapi, jika kamu pergi dari Stasiun kereta Api Lempuyang atau Stasiun Tugu, kamu bisa naik bis Borobudur dari terminal Giwangan. 

Lalu, jika kamu kesini kegiatan apa saja sih yang bisa di lakukan?

Disini, kamu bisa mempelajari seni sastra dan budaya, bisa juga mengamati panel relief yang ada di dinding candi. Nah, jika kamu tertarik ingin membaca secara berurutan kisah candi ini, kamu harus mengililingi candi searah dengan jarum jam. Di mulai dari pintu sebelah timur pada tingkat paling bawah lalu berjalan memutar sampai kembali ke pintu awal lalu naik tangga menuju tingkatan berikutnya. Kamu, bisa melakukan ini terus menerus sampai dengan tingkatan paling atas.

Kamu juga bisa melakukan hunting foto, karena banyak sekali objek yang menarik yang ada di tempat wisata ini. Disini juga kamu akan menemukan sunset dan sunrise yang sangat cantik, jadi kamu bisa datang pada momen tertentu jika ingin mengabadikannya. 

Waktu buka candi Borobudur adalah setiap hari dari mulai pukul 06.00- 17.00, lalu untuk harga tiket masuknya untuk dewasa WNI akan dikenakan biaya 30.000 dan untuk WNA 15 USD. Sedangkan untuk anak- anak WNI 12.500 dan untuk WNA 8 USD.


2. KETEP PASS
Wisata lain yang bisa dikunjungi adalah wisata alam yang ada di Desa Ketep, Kabupaten Magelang. Disini kamu bisa melihat panorama alam yang sangat mempesona. Jika kamu datang pada malam hari, and dapat melihat lava Gunung Merapi yang meluncur. Disini juga terdapat museum Vulkanologi yang bisa kamu kunjungi, ada juga teropong gardu pandang serta pelataran arga. Dan biasanya yang paling banyak di minati adalah Pelataran Arga. 


Ketep Pass (Sumber Gambar)
Jika kamu menemukan Ketep Teater disini kamu akan disajikan dengan kisah-kisah yang menceritakan fenomena Gunung Merapi yang sangatlah dhasyat. Untuk biaya masuk ke Ketep Theater kamu akan di kenakan tarif Rp. 5.000,- 

Untuk harga tiket masuk ke sini sangat terjangkau hanya Rp. 3000,- per orang di tambah biaya parkir jika memang kamu membawa kendaraan. Disini kamu akan disuguhi pesona alam yang sangat menakjubkan rimbunnya pepohonan yang hijau berjajar dari berbagai sisi. Untuk menuju ke sini ada 3 rute yang disarankan. Apabila melewati Yogyaarta bisa menuju ke Muntilan, Magelang sampai Gulon, lalu belok kanan dilanjutkan Ngadipuro dan melewati senowo dan sawangan dan sampailah Ketep. Waktu yang di lalui sekitar 1- 2 jam.

Jalur lainnya adalah Menuju ke Mungkid mengambil belok kanan ke Pagersari- Gondowangi dan Ketep perjalan akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Jika kamu dari semarang kamu tinggal menuju kota salatiga dari salatiga ke Ketep Pass bisa di tempuh dengan waktu tempuh 1, 5 jam. 

Jika kamu mau, kamu bisa meneruskan perjalanan ke Air Terjun Kedung Kayang. Jaraknya tidak jauh dari Ketep pass, Air terjun ini adalah objek wisata alam yang terletak diantara Gunung Merapi dan Merbabu. Tingginya bisa mencapai 40 meter, air disini sangatlah sejuk. Untuk masuk kesini kamu tinggal menyiapkan uang Rp. 3.000 saja. 

Air terjun ini terletak di Alur sungai Pabelan yang berasal dari 2 gunung yaitu merbabu dan merapi dengan ketibggian 39 meter, dan posisi kemiringan tebingnnya sekitar 80 derajat dan berapa pada ketinggian 950 dari permukaan laut. Di belakang air terjun ini ada Goa dengan lebar 2 meter dan tinggi 2, 5 meter dan panjang yang todak terbatas. Kamu juga bisa berkunjung ke Goa tersebut dengan ditemani guide yang berasal dari masyarakat sekitar.

Jadi, yakin mau melewatkan Magelang saat berkunjung ke Yogyakarta? :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...