Langsung ke konten utama

MAGELANG; DARI BOROBUDUR SAMPAI KETEP PASS

Magelang merupakan nama sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke sini, akan mampir terlebih dahulu ke Yogyakarta, karena memang jaraknya tidak jauh atau memang hanya bisa ditempuh melalui kota ini via transportasi udara. Seingat saya, dulu, terakhir kali mengunjungi Magelang di tahun 2013 bersama beberapa orang teman kantor dengan ditemani seorang 'guide' lokal yang merupakan sahabat komunitas salah seorang teman saya.

Dan bagi kamu yang menyempatkan untuk berkunjung ke Magelang, ada beberapa tempat yang sangat dan harus kamu kunjungi. Kalau kamu mau menginap di sini, tersedia juga banyak hotel tempat kamu menginap selama berwisata di sini, seperti terlihat di link ini.

1. BANGUNAN BERSEJARAH CANDI BOROBUDUR
Candi ini merupakan candi yang sangat terkenal. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang, relief pada dinding candi ini sangat banyak mencapai 2.672 buah relief. Candi Borobudur juga merupakan candi dengan jumlah relief terbanyak di dunia. Konon, candi ini merupakan candi termegah di Asia tenggara yang mulai di bangun pada tahun 1824 M.



Candi Borobudur (dok. pribadi)
Kalau kamu ingin datang kesini tapi tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa mencari trasnportasi umum dan juga murah. Misalnya jika pergi dari Bandara Adisucipto, kita bisa meneruskan perjalan dengan naik Bus Damri atau Trans Jogja ke Terminal Jombor Sleman DI Yogyakarta. Tarifnya sangat murah hanya Rp. 3.000 saja. Setelah dari terminal Jombor kamu bisa naik bus dengan jurusan Jombor- Borobudur dengan warna- warna yang mencolok. Untuk tarif Jombor- Borobudur akan dikenakan biaya Rp. 10.000 untuk turis lokal dan Rp. 20.000 untuk turis mancanegara. Tapi, jika kamu pergi dari Stasiun kereta Api Lempuyang atau Stasiun Tugu, kamu bisa naik bis Borobudur dari terminal Giwangan. 

Lalu, jika kamu kesini kegiatan apa saja sih yang bisa di lakukan?

Disini, kamu bisa mempelajari seni sastra dan budaya, bisa juga mengamati panel relief yang ada di dinding candi. Nah, jika kamu tertarik ingin membaca secara berurutan kisah candi ini, kamu harus mengililingi candi searah dengan jarum jam. Di mulai dari pintu sebelah timur pada tingkat paling bawah lalu berjalan memutar sampai kembali ke pintu awal lalu naik tangga menuju tingkatan berikutnya. Kamu, bisa melakukan ini terus menerus sampai dengan tingkatan paling atas.

Kamu juga bisa melakukan hunting foto, karena banyak sekali objek yang menarik yang ada di tempat wisata ini. Disini juga kamu akan menemukan sunset dan sunrise yang sangat cantik, jadi kamu bisa datang pada momen tertentu jika ingin mengabadikannya. 

Waktu buka candi Borobudur adalah setiap hari dari mulai pukul 06.00- 17.00, lalu untuk harga tiket masuknya untuk dewasa WNI akan dikenakan biaya 30.000 dan untuk WNA 15 USD. Sedangkan untuk anak- anak WNI 12.500 dan untuk WNA 8 USD.


2. KETEP PASS
Wisata lain yang bisa dikunjungi adalah wisata alam yang ada di Desa Ketep, Kabupaten Magelang. Disini kamu bisa melihat panorama alam yang sangat mempesona. Jika kamu datang pada malam hari, and dapat melihat lava Gunung Merapi yang meluncur. Disini juga terdapat museum Vulkanologi yang bisa kamu kunjungi, ada juga teropong gardu pandang serta pelataran arga. Dan biasanya yang paling banyak di minati adalah Pelataran Arga. 


Ketep Pass (Sumber Gambar)
Jika kamu menemukan Ketep Teater disini kamu akan disajikan dengan kisah-kisah yang menceritakan fenomena Gunung Merapi yang sangatlah dhasyat. Untuk biaya masuk ke Ketep Theater kamu akan di kenakan tarif Rp. 5.000,- 

Untuk harga tiket masuk ke sini sangat terjangkau hanya Rp. 3000,- per orang di tambah biaya parkir jika memang kamu membawa kendaraan. Disini kamu akan disuguhi pesona alam yang sangat menakjubkan rimbunnya pepohonan yang hijau berjajar dari berbagai sisi. Untuk menuju ke sini ada 3 rute yang disarankan. Apabila melewati Yogyaarta bisa menuju ke Muntilan, Magelang sampai Gulon, lalu belok kanan dilanjutkan Ngadipuro dan melewati senowo dan sawangan dan sampailah Ketep. Waktu yang di lalui sekitar 1- 2 jam.

Jalur lainnya adalah Menuju ke Mungkid mengambil belok kanan ke Pagersari- Gondowangi dan Ketep perjalan akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Jika kamu dari semarang kamu tinggal menuju kota salatiga dari salatiga ke Ketep Pass bisa di tempuh dengan waktu tempuh 1, 5 jam. 

Jika kamu mau, kamu bisa meneruskan perjalanan ke Air Terjun Kedung Kayang. Jaraknya tidak jauh dari Ketep pass, Air terjun ini adalah objek wisata alam yang terletak diantara Gunung Merapi dan Merbabu. Tingginya bisa mencapai 40 meter, air disini sangatlah sejuk. Untuk masuk kesini kamu tinggal menyiapkan uang Rp. 3.000 saja. 

Air terjun ini terletak di Alur sungai Pabelan yang berasal dari 2 gunung yaitu merbabu dan merapi dengan ketibggian 39 meter, dan posisi kemiringan tebingnnya sekitar 80 derajat dan berapa pada ketinggian 950 dari permukaan laut. Di belakang air terjun ini ada Goa dengan lebar 2 meter dan tinggi 2, 5 meter dan panjang yang todak terbatas. Kamu juga bisa berkunjung ke Goa tersebut dengan ditemani guide yang berasal dari masyarakat sekitar.

Jadi, yakin mau melewatkan Magelang saat berkunjung ke Yogyakarta? :)



Komentar

Pos populer dari blog ini

Berendam Semalaman di Gracia Spa Resort Lembang

Bukan dalam rangka liburan, hanya sekedar main mendadak, sabtu kemarin saya dan teman-teman akhirnya memutuskan untuk pergi ke tempat pemandian air panas atau sejenisnya. Selain setelah udah lama nggak kumpul-kumpul, juga ingin refreshing menghilangkan penat rasanya. Jadi berawal dari pesan singkat pagi itu, saya sih mengusulkan hanya sekedar makan-makan, atau beli bahan-bahan dapur untuk seperti biasa saya masak dirumah wishu, atau membeli aneka makanan dan kemudian mengobrol sepanjang malam dirumahnya. Tapi salah satu teman justru malah mengajak pergi ke pemandian air panas setelah sorenya ia tiba di Bandung.

Dari rumah saya tidak terburu-buru, sengaja tidak datang on-time, sengaja pergi justru setengah jam setelah waktu kami janjian di rumah Rhais. Kenapa? Karena pasti tetap saya yang datang pertama, baiklah, dan feeling saya benar. Setelah maghrib masih belum kumpul juga, baru saya, Wishnu dan tentunya Rhais yang punya rumah.

Ba'da Isya barulah bermunculan, duh memang kebiasa…

[DIY] Membuat Gelang dari Pita

Dalam rangka ngga-ada-kerjaan-entah-harus-ngapain, jadilah saya iseng-iseng membuat aksesoris dari bahan yang sudah ada. Memang bukan kali pertama sih buat gelang dari bahan pita, tapi ini jahitnya pake benang kain bukan senar jadi agak kurang gimanaaa gitu, terus masih agak mencong-mencong. Haha tapi yasudahlah..
Iseng-iseng ini juga soalnya saya punya segulungan pita yang gak pernah dipakai, nah daripada dia bengong aja nganggur gitu mending saya pakai. Biar deh gelangnya gak bagus-bagus amat apalagi keren, yang penting buatan sendiri. Yeiyyy!
Bahan yang diperlukan untuk buat gelang ini hanya pita, jarum, benang (atau kalau ada senar supaya lebih kuat), manik mutiara, gunting dan lem tembak.

LANGKAH 1: Siapkan alat-alat. Siapkan jarum, benang dan pita. Sebaiknya ukuran ujung jarum disesuaikan dengan ukuran pita yang hendak digunakan, supaya gak susah saat menjahitnya.

Jalan-Jajan ke Jatim Park; Kota Wisata Batu, Malang!

Hari Sabtu kemarin saya berkesempatan berkunjung ke kota Malang, Jawa Timur dalam rangka suatu urusan tulis-menulis (uhuk!). Ya, suatu pengalaman pertama yang cukup mendebarkan dan menegangkan buat saya sebenarnya. Karena kesempatan mungkin tidak akan pernah datang dua kali. Bahasa kerennya sih, because second chances are rare, so waste your first chance wisely. Cieeeee..
Ya, awalnya sih sempat ragu dan berencana membatalkan kunjungan ke Malang karena satu dan lain hal yang nggak bisa ditinggalkan, urusan keluarga dan kantor. But, i just want to wasted my first chance wisely and here I go...
Pagi itu saya berangkat menggunakan pesawat AirAsia yang dijadwalkan terbang pukul 08.15 dari Kota Bandung. Setelah berperang dengan kemacetan pagi hari itu, pukul 07.30 saya tiba di bandara dan langsung check-in serta membayar airport tax lain sebagainya. Tapi ternyata sampai waktunya gate close dan terbang masih belum ada tanda-tanda akan keberangkatan.. delay. Sampai akhirnya pukul 08.45 kami …