16 Juli 2017

BELANJA ONLINE AMAN, INI TIPSNYA!

pic source
Siapa sih yang berani mengaku tidak suka berbelanja? Atau lebih spesifiknya, wanita mana yang bisa lantang berani bilang tidak suka belanja? 😆 Saya tidak! Sebagai wanita, bicara soal berbelanja pasti mata saya langsung berbinar saat diajak melakukan aktivitas yang satu itu, apalagi kalau ada iming-iming gratis. Haha!

Lagi, bicara soal berbelanja online saat ini merupakan aktivitas yang banyak digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan, entah itu pria maupun wanita, entah itu anak muda hingga orang tua. Alasan utamanya tentu saja karena kemudahan dari sistem belanja online yang bisa dilakukan dimana saja; di rumah, di sekolah, di kampus, dan tempat lainnya lewat gadget yang dimilikinya. 

Ibarat sederhananya gini, kamu yang misalnya saat ini berdomisili di Aceh, Ujung Barat Indonesia, bisa saja memesan oleh-oleh khas Papua, yang notabene berlokasi di Ujung Timur Indonesia hanya dengan satu klik saja 😁 

Tanpa dibatasi jarak dan waktu, saat ini berbelanja online menjadi tren tersendiri dalam era jual beli. Tidak lagi perlu pergi dari satu toko ke toko yang lain, atau mengantri panjang untuk membeli barang yang diinginkan. Kini masyarakat bisa untuk memesan berbagai barang lewat online dan kemudian hanya tinggal duduk manis dirumah sambil menunggu barang itu datang melalui kurir pengirim paket. Simple, kan?


Tidak hanya bisa memesan busana terbaru, saat ini ada berbagai aplikasi yang menawarkan barang-barang pre-loved atau biasa disebut dengan barang bekas, berbagai aksesoris, sepatu, alat make up, alat masak, dan berbagai barang lainnya dengan cara belanja online. Selain barang, tiket pesawat, memesan kamar hotel, dan berbagai voucher juga bisa dilakukan dengan cara online. 

About shopping, all you can do is only sit and wait.


.....and taraaa!


Sebegitu mudahnya transaksi dilakukan saat ini tentu masih dirasa awam bagi sebagian masyarakat yang khawatir bahayanya belanja online, terlebih maraknya laporan kriminal penipuan berkedok jualan online. Saya ingat beberapa waktu lalu, salah seorang teman juga pernah mengalami musibah tertipu untuk melakukan pembelian sebuah kamera digital. Karena memang kurang teliti, teman saya ini melakukan transaksi tanpa memperhatikan bibit-bobot online shop yang dituju tersebut. Alih-alih mendapatkan barang yang diinginkan, akhirnya ia harus mengelus dada karena uang yang sudah dikirimkan raib begitu saja. Hmm.

Namun bagi sebagian masyarakat lain yang terbiasa untuk belanja online tentu saja tidak mengkhawatirkan lagi mengenai banyak stigma negatif mengenai belanja online yang dirasa kurang aman. Hal tersebut karena mereka sudah mengetahui trik dan tips untuk dapat belanja online yang aman dan nyaman, sehingga akan mendapatkan barang sesuai yang didambakannya. 

Beberapa tips untuk dapat belanja busana misalnya bisa untuk memperhatikan tips ini agar nantinya kamu mendapatkan busana yang tidak menipu dan kecewa dengan hasilnya ketika sudah sampai di tangan. 
  • Memilih toko yang aman
Untuk cara pertama ketika akan memesan baju adalah dengan membelinya di toko yang terpercaya. Hal tersebut bisa dilihat dari toko tersebut tidak merupakan sebuah blog tetapi toko resmi yang mempunyai domain sendiri. Kemudian juga pertimbangkan barang yang dijualnya dan pilihlah toko resmi yang ditunjuk atau yang khusus menjual dari brand tertentu bagi kamu yang akan membeli baju dengan merek yang terkenal terutama yang mahal.
  • Perhatikan review toko tersebut
Dan cara belanja yang aman untuk busana tersebut adalah dengan memperhatikan review yang ada. Lihatlah review dari barang yang akan kamu beli, bagi kamu yang mempunyai pengalaman buruk membeli barang yang berbeda dengan gambar yang dipajang dan ketika barang yang datang tentunya pasti akan lebih memperhatikan ketika akan membeli barang terutama untuk baju tersebut. Review dari pelanggan bisa menjadi salah satu tolak ukur untuk menilai barang yang akan dibeli apakah mempunyai review yang bagus atau buruk dari pelanggan.
  • Memilih toko langganan
Dan untuk tips untuk membeli busana terbaru dengan aman apabila menggunakan sistem online adalah dengan membeli dari toko langganan. Apabila memilih toko langganan yang telah diketahui gambar dan barang yang diterima sama dan tidak mengecewakan maka akan lebih baik untuk memilih toko yang kamu sudah mengetahui track record barangnya. Sehingga tidak menimbulkan kekecewaan ketika sangat terpesona dengan gambar online tetapi ternyata barang yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Oya, ada satu lagi. Saat ini juga tersedia situs-situs juga yang bisa mengecek rekening tujuan yang hendak kita transfer untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya; penipuan. Intinya sih sebelum kita akhirnya memutuskan untuk berbelanja secara online, kita harus benar-benar teliti agar terhindar dari tindak penipuan orang-orang yang kurang bertanggung jawab.


So, lets be a smart buyer, yuk! 😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...