15 September 2017

YUK, INTIP SECUIL KEINDAHAN DI UJUNG TIMUR PULAU JAWA!

Source: balurannationalpark.web.id
Daerah-daerah paling timur di pulau Jawa seperti Banyuwangi dan Situbondo bukan hanya terkenal sebagai kawasan transit untuk orang-orang yang mau pergi kepulau Bali saja. Daerah yang dijuluki ‘The Sunrise of Java’ ini juga memang layak jadi salah satu destinasi wisata favorit. Di ujung timur pulau Jawa ini, terdapat berbagai tempat wisata menarik yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata terbaik yang ada di Indonesia. Dengan berkunjung ke daerah ini, dijamin kalau momen liburanmu akan menjadi sangat berkesan.

Nah, ada beberapa lokasi wisata yang wajib dikunjungi yang ada di ujung timur pulau Jawa ini loh..

● Taman Nasional Baluran
Kalau kamu pernah menonton film drama komedi berjudul ‘The God Must Be Crazy, film yang disutradarai oleh Jamie Uys di era 80an ini menceritakan tentang kehidupan seseorang yang berasal dari suatu suku di Afrika. Dalam film tersebut, penonton selalu disuguhkan dengan pemandangan savana Afrika, lengkap dengan aneka hewan liarnya yang eksotis.

Rupanya, kita nggak perlu pergi jauh-jauh ke Afrika loh untuk bisa menikmati pemandangan Afrika yang tersaji dalam film tersebut. Soalnya, di Jawa Timur terdapat sebuah kawasan yang sama eksotisnya dengan Afrika, yaitu Taman Nasional Baluran di Situbondo. 

Sejauh mata memandang, kamu akan melihat padang savana yang luas. Di padang rumput ini, kamu juga dapat bertemu dengan aneka satwa liar yang sedang mencari makan. Inilah alasan kenapa taman nasional ini sering disebut sebagai ‘Afrika van Java’. Apalagi kalau kamu berkunjung ketaman Nasional Baluran di musim kemarau, kamu akan menemukan pemandangan eksotis yang benar-benar mirip di Afrika. Soalnya, rumput-rumput yang ada di sana akan mulai berwarna kecoklatan saat musim kemarau tiba. Satwa-satwa liar pun akan pergi kepadang savana untuk mencari minum karena ketersediaan air di dalam hutan mulai berkurang. 

Tak hanya itu saja, di Taman nasional ini juga dapat melihat gunung Baluran yang menjulang tinggi. Ada juga pantai Bama yang keindahannya mampu bersaing dengan pantai menarik lainnya yang ada di pulau Jawa. Sebagai bonus, kamu juga dapat melihat pemandangan matahari terbit yang sangat indah kalau kamu berkunjung saat fajar.

● Gunung Ijen
Gunungsetinggi 2.440 meter di atas permukaan laut (Mdpl) yang terletak di Banyuwangi ini punya pemandangan yang sangat langka di malam hari, yaitu fenomena blue fire. Menurut referensi yang beredar, fenomena api biru ini hanya ada dua di dunia. Kehadiran api biru yang muncul di kawah gunung Ijen ini tentu akan membuat pemandangan di malam hari yang gelap menjadi lebih berwarna. Apalagi kalau kamu berkunjungkesinisaatlangitsedangcerah, pemandangan pun akan semakin indah dengan adanya gemerlap bintang di langit.

source
Uniknya, api biru yang keluar dari kawah Ijen ini bukanlah api dalam arti sesungguhnya seperti api yang terdapat dalam iklan kompor gas. Melainkan sebuah reaksi kimia akibat bertemunya gas belerang yang keluar dari dalam tanah dengan oksigen di permukaan.

Untuk melihat pemandangan indah yang langka di kawah gunung Ijen ini, tentu kamu harus mendaki selama beberapa jam saat dini hari terlebih dahulu. Namun tenang saja, gunung Ijen memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu sulit dan cenderung ramah untuk wisatawan non-pendaki. Selain itu tinggi gunung ini pun relatif rendah.

● Pantai Plekung
Di pantai yang sering disebut dengan pantai G-Land (bentuknya melengkung seperti huruf G) ini adalah tempat terbaik untuk berselancar atau minimal untuk melihat para surfer kece beraksi. Soalnya, pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo ini merupakan salah satu spot surfing terbaik di dunia. Jadi sudah pasti, para peselancar hebat dari berbagai negara bisa kamu temukan di sini. Bahkan pantai G-Land juga sering dijadikan venue untuk ajang selancar internasional.

source
Ombak yang menerjang pantai Plekung memang sangat besar dan cocok untuk olah raga selancar. Tinggi ombak disini bisa mencapai 8 meter dengan panjang sekitar 2 km. Namun tidak semua ombak yang ada di pantai Plekung ini tingginya mencapai 8 meter, ada juga spot lain untuk peselancar pemula yang tingginya hanya sekitar 3-4 meter. Pemandangan yang tersaji di pantai ini pun sangat indah dan tenang karena tidak terlalu banyak pengunjung yang datang kesini, kecuali saat ada event selancar skala regional, nasional, atau internasional.

Menariknya, ketiga tempat menarik di Jawa Timur tadi hanyalah sebagian kecil dari banyaknya tempat wisata menawan yang ada di ujung timur pulau Jawa. Jadi, Kunjungi situs reservasi.com untuk mendapatkan ticket pesawat murah ke Jawa Timur dari sekarang. Lalu jangan lupa, Pesan hotel online sejak jauh hari agar kamu bisa mendapat kamar hotel pilihan dengan penawaran harga terbaik.



Happy holiday, ciao!
xx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...