11 Oktober 2019

Ternyata Ini Loh Jenis-jenis Sistem Informasi Yang Banyak Digunakan Di Perusahaan!


Sistem informasi merupakan sebuah sistem yang dibangun guna meneruskan sistem tertentu, sehingga data yang ada lebih terkoordinir. Pada perkuliahan jurusan Sistem Informasi kamu tentu telah mempelajari berbagai jenis sistem informasi, yang biasanya terdiri dari spesifikasi serta fungsi tertentu yang ada dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Setidaknya ada 7 jenis sistem informasi yang banyak digunakan dalam sebuah perusahaan, diantaranya:

Sistem Informasi Manajemen
Bagi yang kuliah Sistem Informasi tentu sudah tidak asing dengan jenis sistem informasi satu ini, sesuai dengan namanya sistem yang satu ini merupakan salah satu pengimplementasian dari sistem informasi yang digunakan pada sasaran kalangan manajerial.

Kalangan manajerial yang dimaksud adalah individu yang memiliki posisi tinggi dalam sebuah organisasi atau perusahaan, untuk lingkup pekerjaan nya sendiri memiliki tugas untuk melakukan manajemen pada sebuah divisi dalam organisasi/perusahaan.


Sumber gambar: pixabay
Sistem Informasi Eksekutif
Jenis sistem informasi satu ini merupakan sistem informasi yang dikembangkan serta diimplementasikan, guna memberikan kemudahan dalam hal arus informasi sebuah perusahaan/organisasi untuk level eksekutif. kalangan eksekutif yang dimaksud ialah memiliki hak penuh atas organisasi maupun perusahaan (pemegang tunggal perusahaan atau pemegang saham), CEO atau pimpinan tertinggi, dewan komisaris perusahaan, direktur utama (perusahaan atau kantor cabang), dewan direksi, serta elemen eksekutif lainnya yang memiliki kewenangan khusus terhadap perusahaan tersebut.

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
Sistem informasi SDM berhubungan dengan bagian personalia dari sebuah perusahaan. Sistem yang satu ini memiliki banyak sekali data serta informasi, di antaranya data diri dari karyawan yang dimiliki oleh perusahaan, jabatan serta masa kerja karyawan, serta total gaji pokok tunjangan bonus dan informasi keuangan lainnya yang terkait yang dimiliki oleh karyawan.

Bagi yang mengikuti kuliah kelas karyawan untuk prodi satu ini, tentu tahu jika sistem informasi SDM memiliki banyak manfaat seperti membantu dalam melakukan analisis terkait gaji pokok karyawan, sebagai sumber informasi terkait kinerja karyawan, membantu dalam menganalisis (bonus, gaji, serta pemutasian hingga kenaikan jabatan karyawan), sebagai tempat update data seluruh karyawan, dan sebagai acuan data dalam melakukan proses rekrutmen karyawan.

Sistem Informasi Akuntansi
Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu implementasi dari sistem informasi manajemen, berhubungan dengan kegiatan akuntansi serta perhitungan dari sebuah perusahaan. Akuntansi sendiri merupakan proses yang dilakukan guna melihat kondisi kesehatan keuangan serta finansial, selain itu akuntansi juga merupakan jalan untuk melihat bagaimana sebuah sistem keuangan dalam sebuah perusahaan berjalan.

Dengan adanya sistem informasi akuntansi yang benar, akuntan akan sangat membantu dalam melakukan berbagai hal seperti proses audit, menampilkan data pembelanjaan pembelian serta segala bentuk keuangan perusahaan, mempercepat proses perhitungan, menentukan laba dan rugi, pekerjaan informasi penting terkait dana, merapikan catatan, membantu mempercepat proses pengambilan keputusan, serta menyediakan proses transaksi keuangan serta ketenagaan akuntansi rutin untuk sebuah perusahaan.

Sistem Informasi Keuangan
Mahasiswa jurusan Sistem Informasi pasti sangat familiar dengan sistem informasi ini. Sistem informasi keuangan merupakan bagian dari implementasi sebuah sistem informasi, isinya segala macam data transaksi keuangan sebuah perusahaan. Biasanya sistem ini dapat diintegrasikan dengan sistem informasi akuntansi.

Sistem informasi keuangan biasanya merupakan implementasi dari sistem informasi yang berada di bawah naungan manajemen, namun kadang sistem ini bisa juga merupakan sistem yang berdiri sendiri.

Sistem Informasi Manufaktur
Jenis sistem informasi ini wajib ada terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur serta produksi (terutama produksi barang). Kebanyakan jenis sistem informasi ini digunakan dan diimplementasikan pada bagian produksi sebuah perusahaan, tentunya perusahaan tersebut bergerak dalam bidang produksi. Sistem informasi manufaktur dapat diintegrasikan dengan sistem informasi keuangan serta sistem informasi sumber daya manusia. Pasalnya dalam pengimplementasiannya, sistem ini sangat penting untuk SDM serta keuangan sebuah perusahaan.

Tentunya sistem informasi manufaktur memiliki banyak fungsi, bagi yang kuliah kelas karyawan di prodi Sistem Informasi sudah tidak asing lagi dengan berbagai fungsi yang diberikan. Salah satu manfaat dari sistem ini adalah sebagai pencatat total produksi yang dihasilkan, mencatat barang barang produksi yang tidak lolos dari QC, mencatat produk yang berhasil diekspor, dll.

Sistem Informasi Pemasaran
Anak jurusan komputer tentu sangat mengenal sistem informasi satu ini. Sistem informasi pemasaran merupakan salah satu sistem informasi yang sangat penting untuk sebuah perusahaan, terutama untuk bagian pemasaran. sistem ini akan membantu dalam hal pencatatan serta sebagai sumber informasi penting terkait penjualan yang telah dilakukan oleh perusahaan.

Mahasiswa jurusan Sistem Informasi tentu tahu jika dalam perusahaan, biasanya dari keseluruhan jenis sistem informasi tersebut dapat diintegrasikan satu sama lain menjadi sebuah sistem informasi yang utuh yakni sistem informasi perusahaan. Dalam sistem informasi yang satu ini, setiap alur informasi yang ada akan saling terhubung satu dengan lainnya sehingga setiap user memiliki wewenang untuk mempelajari serta melihat informasi yang telah tersimpan dalam database ataupun basis data perusahaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...