ORANG BIJAK, PASTI BAYAR PAJAK!

source : web pajakku.com


Siapa disini yang kadang masih bingung jika diajak diskusi soal Pajak? Saya! Hiii.

Kalau mau throwback kadang suka ngerasa nyesel juga sih dulu nggak pernah serius dengerin dosen saat mata kuliah Perpajakan. Nah, sekarang baru terasa deh di tempat kerja pun sempat pegang urusan pembayaran yang berkaitan langsung dengan Pajak. Its oke, kita mulai dari dasar aja yak. 

Apasih pajak itu?

Pajak adalah kontribusi wajib dari rakyat kepada negara, baik sebagai orang pribadi atau badan usaha yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat (dari web Pajak). Nah, pembayaran pajak itu sendiri merupakan perwujudan kewajiban dan peran serta wajib pajak untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Ternyata pajak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan bernegara, khususnya di dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai semua pengeluaran termasuk pengeluaran pembangunan.

Seperti halnya keuangan dalam rumah tangga atau keluarga nih, ternyata perekonomian negara juga pada dasarnya mengenal sumber-sumber penerimaan dan pos-pos pengeluaran. Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang menyumbang sekitar 70% dari seluruh penerimaan negara. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara akan sulit untuk dilaksanakan loh.

Dan penggunaan pajak mulai dari belanja pegawai sampai dengan pembiayaan berbagai proyek pembangunan. Pembangunan sarana umum, seperti: jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit/puskesmas, dan kantor polisi dibiayai dari pajak. Pembangunan infrastruktur, biaya pendidikan, biaya kesehatan, subsidi bahan bakar minyak (BBM), gaji pegawai negeri, dan pembangunan fasilitas publik semua dibiayai dari pajak. Semakin banyak pajak yang dipungut, maka semakin banyak fasilitas dan infrastruktur yang dapat dibangun oleh Pemerintah tentunya.

Karena itu, pajak merupakan ujung tombak pembangunan sebuah negara. Sehingga sudah sepantasnya kita sebagai warga negara yang baik untuk taat membayar pajak. Dan saat ini, seiring berkembangnya jaman dan teknologi informasi, Pemerintah Indonesia sudah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayar pajak atau melakukan pelaporan pajak.

Setelah memahami Informasi Pajak, jangan lupa untuk selalu melakukan pembayaran pajak tepat waktu, ya! 

Komentar