YUK, KENALI JENIS BAHAN BAKAR KENDARAAN!

Di akhir selasa lalu, saat hari terakhir masuk kantor sebelum libur Idul Fitri 1442 H, saya sempat heran sepanjang jalan dari kantor menuju rumah kok jalanan sepi nggak kayak hari-hari sebelumnya. Hmm, biasanya macet padat merayap sekali.

Saking randomnya kalau lagi macet kadang kepikiran juga sih alangkah banyaknya ragam jenis kendaraan bermotor di Indonesia yang turut memperkaya nuansa jalan raya, hehe! Mulai dari sepeda motor sampai aneka jenis mobil,  dengan keanekaragaman merk, motif hingga warna, diluar spesifikasi mesin dalam kendaraan itu sendiri tentunya.

Ilustrasi pengisian bahan bakar (thoughtco.com)

Oya, saya baru ingat juga beberapa waktu lalu salah satu Merk Mobil ikut membuat semacam Open Table dan menyediakan test drive di area halaman kantor untuk jenis mobil listrik! Berhubung memang dihalaman kantor tersedia SPKLU atau kepanjangannya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. Keren sih. Terus menghayal tahun kapan ya saya bisa punya juga, hihi.

Balik lagi nih, disitu juga baru kepikiran sih bahwa setiap kendaraan sebetulnya membutuhkan ‘treatment’ yang berbeda, mulai dari perawatannya hingga jenis bahan bakar yang dikonsumsi setiap harinya.

Sebagai salah satu netizen yang Budiman, saya juga termasuk salah seorang yang selalu bilang ‘mau isi bensin’ setiap kali mau isi bahan bakar kendaraan. Ternyata padahal pemilik kendaraan itu harus tahu loh jenis mesin yang digunakan kendaraanya apakah menggunakan mesin diesel atau mesin bensin. Saking penasarannya yang say abaca di web Pertamina sendiri sudah membagi BBM yang diproduksi ke dalam dua jenis loh, yaitu gasoline untuk kendaraan bensin (Pertamax Series) dan gasoil untuk mesin diesel (Dex Series).

Dexlite adalah salah satu varian bahan bakar diesel untuk mobil-mobil low SUV dan mobil niaga dengan teknologi commonrail. Pertamina menghadirkan Dexlite sebagai bahan bakar diesel berkualitas namun tetap terjangkau sebagai komitmen untuk melayani kebutuhan bahan bakar masyakarat.

Saking penasarannya scroll lah saya jenis kendaraan bermesin diesel itu contohnya apa aja sih memangnya. Nah dilansir dari beberapa sumber inilah beberapa contoh kendaraan mesin diesel di Indonesia yang bisa menggunakan BBM Dexlite: Chevrolet Captiva, Chevrolet Colorado, Hyundai H-1 CRDI, Isuzu D-Max, Isuzu Elf, Kia Pregio, Kia Carnival, Mitsubishi Triton, Nissan Frontier, Peugeot XUD9, Renault Duster, Tata Aria, Toyota Fortuner non VNT, Toyota Innova Diesel, Toyota Hiace Pick-Up/Double Cabin, Toyota Hiace Commuter, dan lain sebagainya. Banyak ya ternyata..

Katanya penggunaan BBM jenis Dex Series atau Dexlite ini mampu menghasilkan performa yang lebih optimal untuk kendaraan mesin diesel yaitu lebih bertenaga serta ramah lingkungan.

Hmmm, jadi tau deh ilmu baru tentang per-bahan bakaran kendaraan ini. Nah, jadi sebagai pengguna kita memang harus dapat memilih bahan bakar yang tidak hanya sesuai dengan jensi kendaraan, tetapi juga telah memenuhi strandar lingkungan ya.

Selipan doanya, mudah-mudahan tahun depan bisa ganti mobil! Aamiin, dulu ah. Hi!




Komentar