BELAJAR BERBUAT BAIK UNTUK BUMI, YUK..

Ceritanya semenjak pandemi ini, saya ngerasa punya begitu banyak waktu luang, walaupun ya tetep masih suka buang-buang waktu buat ngelakuin hal-hal yang sebetulnya nggak amat perlu. Saya lupa berawal darimana, hingga akhirnya saya seneng banget follow follow IG yang berkaitan dengan zerowaste, daur ulang, hidup minimalis, hidup berkesadaran dan hal sejenisnya ya..

Nah, akhirnya malah nemu satu aplikasi yang bisa untuk menyalurkan barang-barang atau sampah-sampah plastik rumah tangga yang biasanya main buang gitu aja, namanya Octopus, misalnya: botol air mineral, botol kopi literan maupun yang satuan, sampah plastik HDPE (kemasan sabun, lotion, detergen, dan lain sebagainya ya), dan sekarang bahkan nerima juga botol kaca lho. Mungkin sebetulnya banyak ya aplikasi sejenis ini, cuma kebetulan aja yang saya pakai sekarang aplikasi ini dulu.



Sebetulnya yang membuat saya tertarik awalnya saat aplikasi ini ada campaign bisa menerima sampah pampers bekas, tentu saja dengan ketentuan harap dibersihkan jika ada kotorannya, sayangnya minggu ini pas saya cek opsinya sudah nggak ada.. entah kurang peminat atau bagaimana ya. Walaupun saya sendiri masih ogah-ogahan sih buat milah bekas pampers anak kicik hehe kebayang aja sih baunya kalau ditumpuk dulu, jadi yaudah ya yang bagian itu skip dulu. Harapannya sih teteh ghya sama dyani bisa lulus toilet training secepatnya aamiin.

Menurut saya sih kerennya lagi di aplikasinya sendiri udah diklasifikasikan per jenis botolnya dalam berbagai ukuran mulai kecil, sedang dan besar diantaranya PET Bening, PET Biru muda, PET warna campur kecil, PET warna campur sedang. Lalu untuk botol kaca juga dia menerima seperti botol saus, sirup, kecap kaca, botol minuman kaca atau botol obat. Ada juga gelas plastik gitu dalam berbagai ukuran juga. Nah kalau untuk Plastik HDPE ini kaya botol bekas shampo, sabun, body lotion dan masih banyak lagi jenis lainnya yang bisa juga ditukarkan di aplikasi ini. 

Untuk sistemnya sendiri, tiap jenis botol dengan macam-macam ukuran ini nanti bisa ditukar dengan semacam 'point' yang diaplikasi disebutnya DTBM. Point terbesar sendiri didapat misalnya dengan menukarkan satu botol plastik PET Bening Besar ukuran 1 L - 1,5 L kita bisa mendapatkan +15 DTBM. Selanjutnya dengan menukarkan botol-botol ini nanti jika dikumpulkan kita bisa tukar dengan berbagai penawaran yang tersedia di aplikasi loh. Berhubung point saya masih jauh sekali angkanya jadi memang belum coba tukar apa-apa, atau lebih tepatnya belum bisa tukar apa-apa hehehe.

Hmm kalau lihat di menunya sih bisa ditukar dengan Tote Bag Aqua dengan nilai point sebanyak 10K atau T-Shirt Aqua 50K point. Bisa juga nih ditukar sama Pulsa & Paket Data dan Token Listrik!


Nah untuk cara mulainya sendiri sih gampang banget, pertama tentunya harus download dulu aplikasinya ya bund.. lalu stepnya gini nih :

  1.  Masuk ke aplikasi octopus
  2. Di menu Pick and Pack klik 'Panggil Pelestari'
  3. Lalu inputkan jumlah barang yang akan ditukarkan sesuai jenis klasifikasinya ya..
  4. Setelah selesai input, lalu klik confirm -> (Oya, minimal 10 item ya)
  5. Jangan lupa di setting lokasi pick up dengan benar ya, supaya memudahkan nanti pelestarinya untuk pick up
  6. Klik Panggil Pelestari
  7. Tadaaaa.. tinggal tunggu pelestarinya dateng deh.
Untuk prosesnya sendiri setelah step-step diatas nanti aplikasinya semacam mencari pelestari terdekat dengan lokasi kita untuk pick up gitu. Dan biasanya sih udah confirmed kurang dari 24 jam kok. Kita juga bisa chat dengan pelestarinya jika sudah dapat, kalau kalau mau ada janjian waktu pick up atau hal lainnya. 

Saya sendiri baru dua kali nih proses pick up di Octopus, dan yang kedua dapet Badge 20 Pieces Per Order. Walaupun setiap pick up pasti saya nggak dirumah karena hari kerja. Nggak tau kenapa ya, tapi ya happy aja rasanya. Mungkin kalau di nominalkan sih nggak seberapa ya, tapi senengnya tuh beda aja, kayak yak gitu lah pokoknya haha apasih. 

Seneng sih belajar hal yang baru.. sekarang juga lagi belajar buat pakai segala sesuatu sampai habis bis bis... Jangan selalu numpuk barang yang sebetulnya nggak penting dan masih ada karena itu juga salah satu yang bikin boncos pengeluaran ternyata. Pelan pelan yuk bun, sayangi bumi, sayangi diri sendiri juga 💚