BELAJAR

Akhirnya baru menyadari bahwa sepertinya saya memang harus mulai menulis lagi, mungkin nggak akan lagi sama seperti dulu, tapi setidaknya dengan menulis bisa mengungkapkan pikiran ataupun perasaan yang sedang dirasakan saat ini.

Menjadi orang tua itu proses pembelajaran yang sungguh amat panjang ternyata, belajarnya seumur hidup, tanggungjawabnya bahkan bisa dibawa sampai kita nggak ada lagi di dunia ini. Berat ya, ternyata.

Menjadi orang tua itu sungguh nggak mudah, terlebih jika dipercayakan Allah anak dengan berkebutuhan khusus. Menjadi orangtua yang terus belajar dan berproses dalam mendampingi tumbuh kembangnya, belajar sabar ketika menghadapi anak yang sedang belajar untuk sabar, belajar untuk mengelola emosi ketika menghadapi anak yang sedang belajar mengelola emosinya, belajar untuk tenang sehingga anak pun bisa lebih tenang. Sulit? Iyaa..

Mendidik dan membesarkan anak jadi kewajiban saya karena sudah melahirkan dia. Anak saya tidak punya utang apa-apa pada saya, malah sebaliknya saya yang berhutang besar kalau nggak bisa membesarkan sebaik-baiknya. Kalau menurut saya jadi orang tua itu gampang gampang susah.. there's no such a perfect mother we all learn, meraba-raba sampai bisa dan terbiasa.

Menjadi orang tua itu membuat saya sadar bahwa ada mimpi yang kelak masih bisa dikejar. Ada mimpi yang harus ditunda. Ada mimpi yang harus ikhlas untuk direlakan karena ada hal lain yang lebih jadi prioritas. Iya manusia bisa berencana, hanya semua kembali lagi kepadaNya. Dan saat ada hal-hal yang terjadi diluar rencana, berarti sudah takdirnya mimpi itu untuk diperbaharui atau mungkin dibangun kembali. Mungkin saja, mungkin, bisa jadi lika liku yang terjadi pada perjalanan ini berujung pada terwujudnya mimpi kita dulu tapi dalam versi yang berbeda. Bisa jadi.

Semoga kedepannya bisa lebih sadar dan bertanggungjawab dalam melangkah, tanpa banyak terbebani oleh standar hidup orang lain yang mungkin terlihat lebih mudah dan menyenangkan.

Cerita hidup setiap orang belum tentu bisa sama, atau mungkin tidak akan pernah bisa sama jalannya. Apapun peran yang dipercayakan oleh Allah kepada setiap kita, semoga kita diberi sadar dan sabar dalam menjalaninya.

Semoga diberikan jalan keluar terbaik atas apa-apa yang dirasa sulit untuk dihadapi.

Semoga dikuatkan,

...dan bisa saling menguatkan.

Bismillah.