18 Desember 2012

Icip-icip Soto Lamongan Cak Har di Surabaya!

Namanya sih Soto Lamongan tapi adanya di Kota Surabaya. Nahlohhhh. Kuliner Indonesia memang nggak ada habisnya menawarkan berbagai keunikan rasa dan varian dari berbagai penjuru daerah dari Sabang sampai dengan Merauke. Mulai dari rasa, tampilan dan bahkan nama, banyak aneka jenis kuliner Indonesia yang menggunakan nama daerah sebagai suatu simbolisasi atau bahkan pencitraan makanan khas daerah tersebut. Ikan Bakar Cianjur, Pempek Palembang, Cotto Makassar, Ayam Bakar Wong Solo dan lain sebagainya yang membawa embel-embel nama daerahnya. 

Soto Lamongan Cak Har Surabaya
Jadi seringkali saya mendengar tentang enaknya kuliner soto yang satu ini dari opang. Nah, kali ini berhubung berkesempatan untuk berkunjung ke Surabaya, saya diajak untuk mencicipi Soto Lamongan yang terkenal di Surabaya ini..

Tempatnya sendiri saya nggak begitu hapal dijalan apa, tapi yang pasti saat baru tiba di Surabaya dan kemudian pergi menuju daerah keputih, saya melewati suatu Rumah Makan yang cukup besar bertuliskan Soto Lamongan Cak Har. Ternyata rumah makan yang saya lewati itu adalah cabangnya. Dan siang hari itu pun yang terlihat adalah jumlah pembelinya yang ramai.

Malam itu para pegawai nampaknya sudah mulai berbenah lokasi jualan untuk tutup, maklum kami datang kemari sekitar pukul 10 malam, lebih malahan. Akhirnya kami memesan seporsi Soto Lamongan dengan es teh manis. Sekitar 5 menit kemudian soto sudah siap dihidangkan di atas meja. Nah, selain soto sebagai menu utama yang dipilih, kita juga bisa menambah 'hal lain' loh untuk dinikmati bersama si soto ini, ada balungan, ceker, jeroan dan entah apa lagi. Sayangnya saat saya kemari, semua itu habis tak bersisa, jadilah hanya menikmati sotonya disini.

Lain dari soto-soto pada umumnya, duh, soto satu ini disajikan dengan ditabur koya. Tau Koya kan? Bukan game online yang gemar dimainkan anak lelaki ituuu, oke nggi itu toya. Krik. Jadi yang membuat si Soto Lamongan ini mempunyai ciri khas adalah sajian koya-nya ini. Koya sendiri katanya sih ada yang terbuat dari kerupuk udang yang dihancurkan, tapi ada juga yang membuatnya dari ebi (udang) dicampur dengan aneka bumbu.

Soto Lamongan ini menurut saya, yang notabene berlidah Sunda, sangat enak deh. Range 5 of 5. Kekentalan kuah dan rasa gurih sotonya bener-bener serasa nendang di mulut *ceileh bahasanya*. Pantes terkenal banget dan laris manis, wong rasanya enak luar biasa. Ya, seperti yang udah kita tau kan, salah satu indikator yang menentukan suatu jenis kuliner itu enak atau tidak, salah satunya adalah banyak pembeli yang datang dan rasa enaknya yang beredar dari mulut ke mulut. :-D

Soto Lamongan Cak Har

Nah, kalau untuk minuman bisa milih berbagai jenis minuman sesuai selera. Mulai dari minuman botolan, es jeruk dan bahkan minuman palin konvensional, es teh manis hangat. Ha! Saya sendiri direkomendasikan untuk mencoba es teh manisnya dan bener ternyata enak. Berhubung saya nggak suka teh b*t*l dari jaman SD, terkecuali dalam keadaan kepepet, buat saya rasa es teh manisnya ini pas.. nggak terlalu manis dan nggak terlalu pahit. pas pokonya pas!




Tertarik untuk mencoba? :-D



Salam Pecinta Kuliner, Salam JalanJajan!
agistianggi

4 komentar:


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...