Museum Keraton Yogyakarta Memang Istimewa


Saat libur Natal dan Tahun Baru, Yogyakarta bisa jadi destinasi seru. Kalau mau pengalaman berbeda selain belanja dan makan di Yogya, yuk coba datang ke Museum Keraton Yogyakarta.

Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Keraton Yogyakarta, merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Mampirlah ke Museum Keraton Yogyakarta yang terletak di dalam area Keraton Yogyakarta.


Lukisan ini terdapat di salah satu gedung dalam kawasan Kraton Yogyakarta. Ketika berkunjung kemari Kraton sedang sepi pengunjung, lantas saya berjalan-jalan sendirian menyusuri satu per satu gedung. Namun tiba-tiba seorang abdi dalem menghampiri saya. Awalnya dia berbicara dalam bahasa Jawa yang pakem, setelah menjelaskan bahwa saya dari Sunda ia pun berusaha berbicara dalam bahasa Indonesia.

Sang abdi dalem menjelaskan bahwa tidak banyak orang tahu lokasi ini, kalaupun melihat tidak semuanya tertarik untuk berjalan kemari apalagi sampai masuk ke dalam. Konon beliau bilang hanya orang-orang terpilih yang diperkenankan masuk oleh 'yang punya tempat'.



Galeri foto disalah satu gedung kraton ini memajang gambar wajah-wajah para Raja dan Ratu dari sejak jaman dahulu kala. Dari awal pintu masuk sebetulnya saya sudah merasa sedikit ketakutan berhubung berkeliling sendirian, berpisah dengan teman lainnya, jadilah saya kemari hanya sekedar masuk sebentar, melihat sekilas dan langsung pergi lagi ke tempat-tempat lainnya di Keraton.


Untuk masuk ke dalam keraton, setiap orang dikenakan biaya tiket masuk seharga 5 ribu rupiah saja. Eits, tapi jika kita ingin berfoto-foto dalam kawasan kita juga diwajibkan membayar seribu rupiah sebagai perijinannya. Sungguh wisata budaya yang murah dan menambah wawasan.


Alat-alat musik yang kerap digunakan saat diadakannya berbagai acara kraton, seperti perayaan hari besar, hari keagamaan, perhelatan besar atau pernikahan keluarga kerajaan.

Barang-barang antik milik keraton yang dipajang di museum. Barang-barang yang ada disini sangat unik dan bahkan ada yang berusia lebih dari 100 tahun loh.




Patung dua orang abdi dalem sebelum memasuki kawasan Kraton Yogyakarta.


Tulisan lainnya bisa dibaca di detikTravel [http://travel.detik.com/agistianggi]




Kota Hujan, menjelang tengah malam..