14 Juni 2017

PERSIAPAN LIBURAN KE EROPA, READY?

source : popsugar.com
Jika diberi kesempatan untuk bisa berlibur dan mengunjungi salah satu benua terindah di dunia ini, saya pasti akan memilih Eropa sebagai destinasi liburan tersebut. Kenapa? Ya siapa atuh yang nggak ingin liburan ke Eropa, apalagi kalo gratis, hahaha nggak apa-apa mimpi dulu aja kan gak bayar. 

Saya ingat pernah menuliskan mimpi seorang teman saya dari SMA untuk bisa kuliah di Belanda, mimpi yang lama untuk bisa mewujud jadi nyata, tapi tidak pernah dia kubur dari dia kuliah dengan jurusan yang jauh berbeda dari mimpinya hingga bekerja. Ketika pun afirmasinya perlahan jadi nyata saat dia akhirnya dapat panggilan dapat short course walaupun hanya 3 bulan di Belanda, The Power of Affirmation-nya keren, selain doa kuat-kuat, ikthiarnya juga harus kenceng katanya...

Sebagai orang yang bercita-cita luhur dapat berkeliling dunia, saya tau liburan ke Eropa memang tidak murah dan tidak mudah, namun bukan berarti kita nggak mungkin bisa pergi ke sana, kan? Nah, sekarang dengan berbekal tiket murah dari Garuda dan pengurusan Visa Schegen, kita sudah bisa pergi kesana dengan mempertimbangkan beberapa tips berikut:

1. Lakukan riset yang benar dan pasti
pic source
Nah, hal pertama yang harus dipersiapkan selain membeli tiket pesawat, memesan penginapan, mempersiapkan paspor dan visa, hal esesial lain adalah mencari tahu info selengkap-lengkapnya tentang lokasi yang akan kita dikunjungi saat berlibur ke Eropa sana. Selain membaca buku dari "Lonely Planet Europe on a Shoestring", kita juga bisa membaca dari website-website terpercaya, bergabung dengan komunitas traveller, atapun bergabung di milis terkait. Saya pribadi lebih suka baca pengalaman blogger-blogger di blog-nya jika ingin mencari referesi sih, lebih mengalir semacam air aja gitu. 

Selanjutnya kita cari tahu juga perihal penginapan yang murah beserta akomodasinya, tentu saja hal ini harus didukung dengan rencana perjalanan yang jelas, karena hal ini harus dilampirkan juga saat kita akan membuat Visa Chegen loh. Kalo bicara soal tiket pesawat, kamu sekarang bisa sedikit bernafas lega karena Traveloka selalu siap sedia membantu kita, salah satunya untuk memesan tiket pesawat Garuda. Maskapai Garuda dari Indonesia dan kebanggaan Nusantara ini sudah sangat terpecaya dan pastinya kalau kamu beruntung Traveloka juga menyediakan tiket Garuda yang sedang promo loh.


2. Dari hasil riset tersebut, tentukan waktu yang tepat.
pic source

Juni sampai dengan Agustus merupakan waktu peak season di Eropa, sudah jadi rahasia umum kalo di saat-saat ini akan sangat mahal karena disana saat musim panas banyak wisatawan lokal yang sedang berlibur. Waktu-waktu mendekati natal dan juga tahun baru juga termasuk demikian. Konon saat berlibur di waktu tersebut, banyak toko yang tutup karena rata-rata orang Eropa tidak segan untuk menutup tokonya demi dapat menikmati quality time bersama keluarga. 


3. Berburu tiket pesawat yang murah dan penginapan.
Cerita dari beberapa teman yang sering traveling ke luar negeri justru mereka biasanya mencari tiket dari setahun sebelumnya untuk mendapat promo tiket pesawat. Yang penting dapat tiket dulu, urusan cuti dan lain sebagainya bisa diurus nanti saat menjelang bulan keberangkatan, katanya. Biasanya urusan tiket ini juga yang cukup menyita banyak dana memang. Beberapa maskapai penerbangan memang biasanya selalu gencar-gencaran melakukan promo untuk penerbangan di tahun depan. Saya termasuk orang yang gagal berangkan ke 2 negara di Asia saat membeli tiket promo semacam ini haha. 
pic source
Seperti disinggung di poin pertama, Garuda Indonesia sebagai maskapai tertua di negara ini, sering menyediakan tiket murah ke Eropa loh. Tentunya kelas ekonomi dari garuda sendiri telah diakui oleh Skytrax sebagai kelas ekonomi terbaik, jika kamu sudah sering menggunakan maskapai ini, kamu bisa memanfaatkan poin terbang untuk mendapat harga yang lebih murah. 

Soal penginapan, kamu bisa memilih hostel atau bergabung dengan situs couchsurfing untuk mendapatkan penginapan gratis. Bahkan jika beruntung, saya pernah baca cerita beberapa teman blogger yang menetap dirumah warga lokal selama berlibur disana. Wah, beruntungnya. Saya kira hal ini hanya ada di film-film hollywood aja, dimana ada keluarga yang mau menampung orang yang belum mereka kenal dirumahnya untuk menetap. Tapi kalau bicara soal uang sewa dan lain sebagainya saya pun belum baca lebih jauh sih.


4. Pilih jajanan kaki lima daripada makan di restoran
pic source
Yang nggak kalah penting adalah soal makanan! Eropa juga terkenal memiliki harga yang tinggi untuk restorannya, oya disini kita juga katanya harus memberikan tip dan service charge. Jadi jangan malu untuk mencoba jajanan di pinggir jalan, karena selain porsinya pun cukup besar dan pasti mengenyangkan perut, tapi harus dipastikan dulu makanan tersebut halal ya terutama buat kamu yang muslim.

Saya ingat tweet teman saya saat di Belanda, dia bilang yang dia rindukan dari Indonesia; kangen nasi goreng, kangen nasi padang sama Indom*ie, hahaha. Nah, jika memang takut kurang cocok dengan makanan disana, kamu juga bisa bawa saos sambal botolan, abon, dan makanan yang tahan lama dengan porsi secukupnya ya.

Memilih hostel yang menyediakan sarapan juga bisa menekan budget makan. Jika, hostel tersebut memperbolehkan kita menggunakan dapurnya, mengapa tak memasak saja, dan membeli bahan makanan di supermarket. Lebih hemat, bukan? *anaknya hemat atau pelit*


5. Usia ternyata berpengaruh loh, dengan liburan murah di Eropa!
Ada satu hal yang menarik di Eropa, ternyata usia itu berpengaruh dengan murahnya perjalanan di Eropa. Jika kamu berusia kurang dari 25 tahun, kamu bisa mendapat diskon 35% untuk Eurail Pass. Jika kamu memiliki kartu pelajar, kartu tersebut bisa digunakan dan mendapat diskon sampai 50% di museum dan objek wisata lainnya. Sayangnya tak semua kartu pelajar ya, maka dari sekarang buatlah kartu ISIC (International Student Identity Card).

pic source

Selamat berlibur di Eropa, dan segera cari tiket Garuda di Traveloka sekarang juga agar harga tiket semakin murah untuk rencana liburan kamu selanjutnya! Ciao! 

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...